TEMA
1
PERISTIWA
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Karakter Yang diintegrasikan
|
1.
|
Melakukan
perhitungan bilangan bulat dalam pemecahan masalah sampai 600
|
1.1 Membaca bilangan bulat
|
Teliti
Tekun
|
1.2
Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan
|
Rasa
ingin tahu
Kerja
keras
|
||
1.3
Melakukan penjumlahan 3 angka dengan 3
angka menggunakan tehnik menyimpan 2 kali
|
Pantang
menyerah
|
Indikator
:
1. Membaca
bilangan bulat
2. Menulis
lambang bilangan
3. Menulis
nama bilangan
4. Mengenal
nilai tempat ratusan, puluhan, satuan.
5. Melakukan
penjumlahan 3 angka dengan3 angka dengan tehnik menyimpan dua kali
|
Bilangan
Bulat 100 sampai 600
1.1
Bilangan
dan Lambangnya
Mengenal
Bilangan 101 – 600
1.1.1
Membaca
Bilangan Bulat
Contoh
:
101 dibaca “ seratus satu”
125 dibaca “ seratus dua puluh lima”
373 dibaca “ tiga ratus tujuh puluh tiga”
|
Soal
I
1. Bacalah
setiap lambang bilangan berikut !
a. dari
kiri ke kanan
b. dari
atas ke bawah
c. dari
kanan ke kiri
d. dari
bawah ke atas
101
|
102
|
103
|
104
|
105
|
106
|
107
|
108
|
109
|
110
|
111
|
112
|
113
|
114
|
115
|
116
|
117
|
118
|
119
|
120
|
121
|
122
|
123
|
124
|
125
|
126
|
127
|
128
|
129
|
130
|
131
|
132
|
133
|
134
|
135
|
136
|
137
|
138
|
139
|
140
|
141
|
142
|
143
|
144
|
145
|
146
|
147
|
148
|
149
|
150
|
151
|
152
|
153
|
154
|
155
|
156
|
157
|
158
|
159
|
160
|
161
|
162
|
163
|
164
|
165
|
166
|
167
|
168
|
169
|
170
|
171
|
172
|
173
|
174
|
175
|
176
|
177
|
178
|
179
|
180
|
181
|
182
|
183
|
184
|
185
|
186
|
187
|
188
|
189
|
190
|
191
|
192
|
193
|
194
|
195
|
196
|
197
|
198
|
199
|
200
|
2. Sebutkanlah
bilangan mulai dari :
a.
101 sampai dengan
110
b.
111 sampai dengan
120
c.
121 sampai dengan
130
d.
131 sampai dengan
140
e. 141 sampai
150
|
f.
151 sampai dengan
160
g.
161 sampai dengan
170
h.
171 sampai
dengan 180
i.
181 sampai dengan
190
j.
191 sampai dengan
200
|
Soal II
1. Sebutkanlah
bilangan mulai dari :
a. 201
sampai dengan 210
b. 211
sampai dengan 220
c. 221
sampai dengan 230
d. 231
sampai dengan 240
e. 241
sampai 250
|
f. 251
sampai dengan 260
g. 261
sampai dengan 270
h. 271
sampai dengan 280
i. 280
sampai dengan 290
j. 291
sampai dengan 300
|
2.
Bacalah setiap bilangan berikut ini !
a. dari
kiri ke kanan
b. dari
atas ke bawah
c. dari
kanan ke kiri
d. dari
bawah ke atas
201
|
202
|
203
|
204
|
205
|
206
|
207
|
208
|
209
|
210
|
211
|
212
|
213
|
214
|
215
|
216
|
217
|
218
|
219
|
220
|
221
|
222
|
223
|
224
|
225
|
226
|
227
|
228
|
229
|
230
|
231
|
232
|
233
|
234
|
235
|
236
|
237
|
238
|
239
|
240
|
241
|
242
|
243
|
244
|
245
|
246
|
247
|
248
|
249
|
250
|
251
|
152
|
253
|
254
|
255
|
256
|
257
|
258
|
259
|
260
|
261
|
262
|
263
|
264
|
265
|
266
|
267
|
268
|
269
|
270
|
271
|
272
|
273
|
274
|
275
|
276
|
277
|
278
|
279
|
280
|
281
|
282
|
283
|
284
|
285
|
286
|
287
|
288
|
289
|
290
|
291
|
292
|
293
|
294
|
295
|
296
|
297
|
298
|
299
|
300
|
Soal
III
1. Sebutkan
bilangan berikut :
a. 301
sampai dengan 310
b. 311
sampai dengan 320
c. 321
sampai dengan 330
d. 331
sampai dengan 340
e. 341
sampai dengan 350
|
f. 351
sampai dengan 360
g. 361sampai
dengan 370
h. 371sampai
dengan 380
i. 381
sampai dengan 390
j. 391
sampai dengan 400
|
2. Bacalah
setiap bilangan berikut
a. dari
kiri ke kanan
b. dari
atas ke bawah
c. dari
kanan ke kiri
d. dari
bawah ke atas
301
|
302
|
303
|
304
|
305
|
306
|
307
|
308
|
309
|
310
|
311
|
312
|
313
|
314
|
315
|
316
|
317
|
318
|
319
|
320
|
321
|
322
|
323
|
325
|
325
|
326
|
327
|
328
|
329
|
330
|
331
|
332
|
333
|
334
|
335
|
336
|
337
|
338
|
339
|
340
|
341
|
342
|
343
|
344
|
345
|
346
|
347
|
348
|
349
|
350
|
351
|
352
|
353
|
354
|
355
|
356
|
357
|
358
|
359
|
360
|
361
|
362
|
363
|
364
|
365
|
366
|
367
|
368
|
369
|
370
|
371
|
372
|
373
|
374
|
375
|
376
|
377
|
378
|
379
|
380
|
381
|
382
|
383
|
384
|
385
|
386
|
387
|
388
|
389
|
390
|
391
|
392
|
393
|
394
|
395
|
396
|
397
|
398
|
399
|
400
|
3. Lengkapilah
tabel dibawah ini
301
|
302
|
304
|
306
|
307
|
308
|
309
|
310
|
||
312
|
315
|
316
|
319
|
||||||
321
|
323
|
325
|
325
|
326
|
327
|
328
|
330
|
||
331
|
332
|
334
|
337
|
339
|
340
|
||||
343
|
345
|
346
|
348
|
||||||
352
|
353
|
354
|
357
|
359
|
|||||
361
|
362
|
365
|
366
|
368
|
370
|
||||
373
|
374
|
375
|
376
|
377
|
379
|
380
|
|||
381
|
382
|
384
|
388
|
||||||
393
|
395
|
396
|
397
|
398
|
399
|
400
|
Soal
IV
1. Sebutkan
bilangan berikut :
a.
401 sampai
dengan
410
b.
411 sampai
dengan
420
c.
421 sampai
dengan
430
d.
431 sampai
dengan
440
e. 441 sampai
dengan
450
|
f.
451 sampai
dengan
460
g.
461 sampai
dengan
470
h.
471 sampai
dengan
480
i.
481 sampai
dengan
490
j.
491 sampai
dengan
500
|
2. Bacalah
setiap bilangan berikut :
a.
dari kiri ke kanan
b. dari
atas ke bawah
c. dari
kanan ke kiri
d. dari
bawah ke atas
401
|
402
|
403
|
404
|
405
|
406
|
407
|
408
|
409
|
410
|
411
|
412
|
413
|
414
|
415
|
416
|
417
|
418
|
419
|
420
|
421
|
422
|
423
|
425
|
425
|
426
|
427
|
428
|
429
|
430
|
431
|
432
|
433
|
434
|
435
|
436
|
437
|
438
|
439
|
440
|
441
|
442
|
443
|
444
|
445
|
446
|
447
|
448
|
449
|
450
|
451
|
452
|
453
|
454
|
455
|
456
|
457
|
458
|
459
|
460
|
461
|
462
|
463
|
464
|
465
|
466
|
467
|
468
|
469
|
470
|
471
|
472
|
473
|
474
|
475
|
476
|
477
|
478
|
479
|
480
|
481
|
482
|
483
|
484
|
485
|
486
|
487
|
488
|
489
|
490
|
491
|
492
|
493
|
494
|
495
|
496
|
497
|
498
|
499
|
500
|
3. Salinlah
bilangan berikut
a.
401 sampai
dengan
410
b.
411 sampai
dengan
420
c.
421 sampai
dengan
430
d.
431 sampai
dengan
440
e. 441 sampai
dengan
450
|
f.
451 sampai
dengan
460
g.
461 sampai
dengan
470
h.
471 sampai
dengan
480
i.
481 sampai
dengan
490
j.
491 sampai
dengan
500
|
Soal
V
1. Sebutkan
bilangan berikut :
a.
501 sampai dengan 510
b.
511 sampai dengan 520
c.
521 sampai dengan 530
d.
531 sampai dengan 540
e.
541 sampai dengan 550
|
f.
551 sampai dengan 560
g.
561sampai dengan 570
h.
571sampai dengan 580
i.
581 sampai dengan 590
j.
591 sampai dengan 600
|
2. Bacalah
setiap bilangan berikut :
a. dari
kiri ke kanan
b. dari
atas ke bawah
c. dari
kanan ke kiri
d. dari
bawah ke atas
501
|
502
|
503
|
504
|
505
|
506
|
507
|
508
|
509
|
510
|
511
|
512
|
513
|
514
|
515
|
516
|
517
|
518
|
519
|
520
|
521
|
522
|
523
|
525
|
525
|
526
|
527
|
528
|
529
|
530
|
531
|
532
|
533
|
534
|
535
|
536
|
537
|
538
|
539
|
540
|
541
|
542
|
543
|
544
|
545
|
546
|
547
|
548
|
549
|
550
|
551
|
552
|
553
|
554
|
555
|
556
|
557
|
558
|
559
|
560
|
561
|
562
|
563
|
564
|
565
|
566
|
567
|
568
|
569
|
570
|
571
|
572
|
573
|
574
|
575
|
576
|
577
|
578
|
579
|
580
|
581
|
582
|
583
|
584
|
585
|
586
|
587
|
588
|
589
|
590
|
591
|
592
|
593
|
594
|
595
|
596
|
597
|
598
|
599
|
600
|
3. Salinlah
bilangan berikut :
a. 501
sampai dengan 510
b. 511
sampai dengan 520
c. 521
sampai dengan 530
d. 531
sampai dengan 540
e. 541
sampai dengan 550
|
f. 551
sampai dengan 560
g. 561sampai
dengan 570
h. 571sampai
dengan 580
i. 581
sampai dengan 590
j. 591
sampai dengan 600
|
1.1.2
Menulis lambang Bilangan
Contoh
: 100 dan 240
|
Soal
I
Tulislah bilangan-bilangan :
a.
Dari 101 sampai 110
b.
Dari 211 sampai 220
c.
Dari 241 sampai 250
d.
Dari 321sampai 330
e.
Dari 331 sampai 340
|
f.
Dari 261 sampai 270
g.
Dari 281 sampai 290
h.
Dari 121 sampai 130
i.
Dari 371 sampai 380
j.
Dari 401 sampai 410
|
Soal
II
Tulislah bilangan-bilangan :
a.
Dari 421 sampai 430
b.
Dari 351 sampai 360
c. Dari 271 sampai 280
d.
Dari 381 sampai 390
e.
Dari 361 sampai 370
|
f.
Dari 501 sampai 510
g.
Dari 521 sampai 530
h.
Dari 451 sampai 460
i.
Dari 471 sampai 480
j.
Dari 581 sampai 590
|
1.1.3
Menulis Nama Bilangan
Contoh
: 381 nama bilangannya “ tiga ratus satu”
284 nama bilangannya “ dua
ratus delapan empat”
|
Soal
I
Tulislah nama bilangan !
a.
287
b.
453
c.
387
d.
321
e.
586
|
f.
342
g.
457
h.
547
i.
536
j.
224
|
Soal
b
Tulislah
nama bilangan !
a.
467
b.
543
c.
265
d.
579
e.
539
|
f.
344
g.
567
h.
453
i.
298
j.
452
|
Soal III
Tulislah
bilangan-bilangan yang namanya dibawah ini !
1. Empat
ratus dua
2. Tiga
ratus lima
3. Lima
ratus tujuh
4. Lima
ratus Sembilan puluh enam
5. Tiga
ratus dua puluh
6. Seratus
enam puluh tujuh
7. Tiga
ratus tujuh puluh dua
8. Empat
ratus delapan puluh Sembilan
9. Dua
ratus delapan puluh Satu
10. Empat
ratus satu
Soal
IV
Tulislah bilangan-bilangan yang namanya dibawah ini
:
1. Seratus
lima puluh delapan
2. Dua
ratus lima puluh enam
3. Tiga
ratus tujuh puluh enam
4. Lima
ratus dua puluh empat
5. Empat
ratus delapan sembilan
6. Lima
ratus tujuh puluh
7. Empat
ratus delapan puluh satu
8. Tiga
ratus sembilan puluh sembilan
9. Empat
ratus tiga puluh dua
10.
Tiga ratus sembilan puluh sembilan.
1.2
Nilai
Tempat
Mengenal
Nilai Tempat : Ratusan, Puluhan, Satuan
Contoh:
325 satuan jadi bilangan 325
puluhan satuan 5 nilainya 5
ratusan puluhan 2 nilainya 20
ratusan 3 nilainya 300
|
Soal
I
Kerjakanlah
!
1. Bilangan
234
satuannya…..,
nilainya …….
puluhannya…..,
nilainya……
ratusannya…..,
nilainya…….
2. Bilangan
467
satuannya…..,
nilainya …….
puluhannya…..,
nilainya……
ratusannya…..,
nilainya…….
3. Bilangan
334
satuannya…..,
nilainya …….
puluhannya…..,
nilainya……
ratusannya…..,
nilainya…….
4. Bilangan
396
satuannya…..,
nilainya …….
puluhannya…..,
nilainya……
ratusannya…..,
nilainya…….
5. Bilangan
450
satuannya…..,
nilainya …….
puluhannya…..,
nilainya……
ratusannya…..,
nilainya…
6. Bilangan275
satuannya…..,
nilainya …….
puluhannya…..,
nilainya……
ratusannya…..,
nilainya…….
7. Bilangan
439
satuannya…..,
nilainya …….
puluhannya…..,
nilainya……
ratusannya…..,
nilainya…….
8. Bilangan
124
satuannya…..,
nilainya …….
puluhannya…..,
nilainya……
ratusannya…..,
nilainya…….
9. Bilangan
324
satuannya…..,
nilainya …….
puluhannya…..,
nilainya……
ratusannya…..,
nilainya…….
10. Bilangan
565
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…
Soal
II
Isilah…!
No
|
Ratusan
|
Puluhan
|
Satuan
|
Bilangan
|
1.
|
3
|
8
|
6
|
386
|
2.
|
4
|
5
|
3
|
……
|
3.
|
…….
|
……
|
…..
|
554
|
4.
|
…….
|
……
|
…..
|
498
|
5.
|
2
|
7
|
5
|
……
|
6.
|
1
|
8
|
4
|
…..
|
7.
|
…..
|
…….
|
……
|
453
|
8.
|
…..
|
…….
|
…….
|
564
|
9.
|
5
|
4
|
4
|
…..
|
10.
|
4
|
9
|
0
|
…..
|
Soal
III
Isilah…!
No
|
Ratusan
|
Puluhan
|
Satuan
|
Bilangan
|
1.
|
5
|
8
|
7
|
587
|
2.
|
3
|
4
|
3
|
……
|
3.
|
…….
|
……
|
…..
|
409
|
4.
|
…….
|
……
|
…..
|
329
|
5.
|
3
|
2
|
9
|
……
|
6.
|
5
|
3
|
2
|
…..
|
7.
|
…..
|
…….
|
……
|
534
|
8.
|
…..
|
…….
|
…….
|
490
|
9.
|
3
|
1
|
9
|
…..
|
10.
|
3
|
8
|
3
|
…..
|
1.3
Menjumlahkan
dengan Dua kali Teknik Menyimpan
1.3.1
Dua Bilangan Tiga Angka
Contoh
257 + 268 = 525
257 satuan : 7 + 8 = 5
simpan 1 puluhan
268
+ puluhan : 1 (simpanan) + 5 + 6 = 2
525 simpan 1
ratusan
ratusan :
1(simpanan) + 2 + 2 = 5
Hasil :
525
|
Soal
I
Jumlahkanlah!
1. 347
+ 264 = 347 324 369
264 + 297 + 243 +
2. 324
+ 297 =
3. 369
+ 243 =
4. 246
+ 174 = 246 379
174 + 153+
5. 379
+ 153 =
Soal
II
Jumlahkanlah!
1. 166
+ 357 = 166 239 321
357 + 278 + 186 +
2. 239
+ 278 =
3. 321
+ 186 =
4. 253
+ 269 = 253 178
269 + 367+
5. 178
+ 367 =
Soal
III
Jumlahkanlah!
1. 396
+ 124 = 396 243 368
124 +
269+ 176+
2. 243
+ 269 =
3. 368
+ 176 =
4. 298
+ 274 = 298 374
274
+ 246+
5. 374
+ 246 =
Soal
IV
Jumlahkanlah!
1. 178
+ 296 = 178 267 394
296+ 279+ 187+
2. 394
+ 187 =
3. 385
+ 234 = 385 298
234 + 124+
4. 298 + 124 =
TEMA
2
TRANSPORTASI
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Karakter Yang diintegrasikan
|
1.
|
Melakukan
perhitungan bilangan bulat dalam pemecahan masalah sampai 600
|
1-4
Melakukan pengurangan 3 angka dengan 3 angka 2 kali meminjam
|
Teliti
Tekun
|
1.5
mengalikan bilangan sampai 9 dengan hasil 90
|
Rasa
ingin tahu
Kerja
keras
|
||
1.6
Menyelesaikan masalah perhitungan sampai 200
|
Pantang
menyerah
|
Indikator
:
1. Mengurangkan
dua bilangan tiga angka dengan dua
kali teknik meminjam.
2. Melakukan
perkalian sebagai penjumlahan berulang.
3. Menjelaskan
sifat pertukaran pada perkalian.
4. Mengerjakan
perkalian dengan bilanagan nol dan mengenal sifatnya.
5. Menggunakan
Tabel Perkalian sampai dengan 90.
6. Menyelesaikan
soal Cerita.
|
1. Mengurangkan
dua bilangan tiga angka dengan dua kali
teknik meminjam
Contoh :
325
– 249 = 76
325 Satuan
: 5
- 9 =
6 pinjam 1 puluhan
249 – Puluhan : 2
- 1
(dipinjam ) – 4 = 7
76 pinjam 1 ratusan
Ratusan : 3 –
1 ( dipinjam) -2 = 0
Hasil
: 76
600
– 324 = 27
600 Satuan :
0 – 4 = 6
pinjam 1 puluhan
324- Puluhan :
0 - 1 ( dipinjam ) – 2 = 7
276
pinjam 1 ratusan
Ratusan :
6-1 (dipinjam ) – 3 = 2
Hasil : 276
|
Soal I
Kerjakanlah
!
1.
532
- 254 = 532 416 600
254 - 138
- 268 –
2.
416 – 138 =
3.
600 – 268 = 594 380
375 - 294 -
4.
594 – 375 =
5.
380 – 294 =
Soal
II
Kerjakanlah !
1.
518 -375 = 518 385 472
375 - 297-
285-
2.
385 – 297 =
3.
472 – 285 = 362 543
285-
376 -
4. 362
– 275 =
5. 543
– 376 =
Soal
III.
Kerjakanlah !
a.
374 – 287 =
b.
451 – 277 =
c.
362 – 289 =
d.
600 – 378 =
e.
574 – 396 =
|
f.
568 - 299 =
g.
423 - 265 =
h.
345 - 276 =
i.
426 - 378 =
j.
532 - 498 =
|
Soal IV.
Kerjakanlah !
a.
433 - 496 =
b.
323 – 278 =
c.
542 – 497 =
d.
560 – 482 =
e.
472 – 379 =
|
f.
353 – 289 =
g.
465 – 398 =
h.
434 - 387 =
i.
541 - 397 =
j.
432 – 377 =
|
2. Perkalian
( Hasil sampai dengan 90 )
2.1
Perkalian
sebagai Penjumlahan Berulang
Contoh : 3 x 6 = 6 + 6 + 6
= 18
|
Soal I.
Selesaikanlah
seperti contoh diatas !
a.
1 x 4 =
b.
2 x 2 =
c.
3 x 5 =
d.
5 x 6 =
e.
6 x 3 =
|
f.
6 x 4 =
g.
5 x 2 =
h.
4 x 3 =
i.
7 x 4 =
j.
8 x 5 =
|
Soal II.
Selesaikanlah
seperti contoh diatas !
a.
8 x 6 =
b.
4 x 4 =
c.
6 x 7 =
d.
7 x 2 =
e.
7 x 6 =
|
f.
6 x 6 =
g.
4 x 2 =
h.
3 x 8 =
i.
2 x 9 =
j.
4 x 9 =
|
2.2
Sifat
Pertukaran pada Perkalian
Contoh: 6 x 7 = 42
7
x 6 = 42
Jadi 6 x 7 = 7 x 6 = 42
|
Soal III.
Selesaikanlah….!
a.
4 x 5 = …. x …. =
b.
7 x 3 = …. x …. =
c.
4 x 2 = …..x …. =
d.
7 x 5 = ….. x …. =
e.
4 x 6 = ….. x …. =
|
f.
6 x 8 = 8 x 6 =
g.
5 x 7 = 7 x 5 =
h.
6 x 3 = 3 x 6 =
i.
4 x 5 = 5 x 4 =
j.
7 x 4 = 4 x 7 =
|
2.3
Sifat
perkalian dengan Bilangan 1
Contoh
: 1 x 5 = 5
5 x 1 = 1 x 1 x 1 x 1 x1
= 5
Jadi,
1 x 5 = 5 x 1 = 5
Setiap
bilangan jika dikalikan dengan 1 hasilnya tetap
|
Soal IV.
Congaklah
bergantian dengan temanmu !
a.
3 x 1 = …
b.
2 x 1 = …
c.
9 x 1 = …
d.
6 x 1 = …
e.
7 x 1 = …
|
f.
1
x 1 =
g.
5
x 1 =
h.
10 x 1 =
i.
4
x 1 =
j.
8
x 1=
|
2.4
Mengalikan
dengan Bilanagan Nol dan Mengenal sifatnya
Contoh
: 7 x 0 = 0 + 0 + 0
= 0
4 x 3 = 4 +
4 + 4 = 12
1 x 8
= 8
0 x
4 = 0
Tampak
bahwa 0 x 4 = 0, dan 4 x 0 =0
Perkalian
dengan bilangan nol, hasilnya nol
|
Soal V.
Congaklah
begantian dengan temanmu !
a.
0 x 0 =…
b.
0 x 9 =…
c.
0 x 2 =…
d.
0 x 5 = …
e.
0 x 4 = …
|
f.
0 x 6 = …
g.
0 x 10 = …
h.
0 x 3 = …
i.
0 x 8 = …
j.
0 x 9 = ....
|
Soal VI.
Kerjakanlah!
a.
1 x 0 =
b.
2 x 0 =
c.
3 x 0 =
d.
4 x 0 =
e.
5 x 0 =
|
f.
6 x 0 =
g.
7 x 0 =
h.
8 x 0 =
i.
9 x 0 =
j.
10 x 0 =
|
2.5
Menggunakan
Tabel Perkalian sampai dengan 90
Perhatikanlah tabel
perkalian berikut ini , kemudian teruskan mengisinya.
x
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
1
|
1
|
2
|
5
|
7
|
9
|
|||||
2
|
4
|
8
|
12
|
16
|
20
|
|||||
3
|
3
|
9
|
15
|
21
|
27
|
|||||
4
|
8
|
20
|
28
|
|||||||
5
|
15
|
30
|
40
|
|||||||
6
|
12
|
24
|
42
|
54
|
||||||
7
|
7
|
21
|
42
|
70
|
||||||
8
|
16
|
40
|
64
|
|||||||
9
|
9
|
27
|
54
|
72
|
90
|
2.6
Menyelesaikan
soal Cerita
Contoh
:
Di
toko ada 17 karung tepung di gudang
ada 49 karung tepung lagi, berapa tepung seluruhnya?
Jawab 1 7 Jadi jumlah tepung
seluruhnya = 66
4 9 +
6
6
|
Soal VII.
Kerjakanlah !
1. Bapak
Buyung mempunyai bebek sebanyak 89 ekor. Bapak Suli juga mempunyai 78 ekor
bebek. Berapa ekor jumlah bebek mereka berdua ?
2. Di
SLB wacana Asih ada 25 buah kursi yang terdapat diluar kelas. Habib
mengeluarkan 38 buah kursi lagi. Berapa banyak kursi diluar kelas.
3. Pohon
rambutan etek Nurma sedang berbuah. Buah rambutannya 75 karung. Rambutan
dikebun mak Sani juga berbuah banyaknya 98 karung. Mereka sepakat rambutannya mau dijual ke
pasar Berapa karung rambutan yang akan dijual?
4. Sekolah
membeli 49 kodi buku tulis. Besoknya
dibeli 149 kodi lagi. Berapa kodi
buku tulis yang tersedia di sekolah itu?
5. Ibu
membuat kue kembang goyang sebanyak 150 buah, kakak membeli lagi 50 butir.
Berapa banyak kue kembang goyang yamg tersedia untuk lebaran?
6. Manik
– manik Fani 125 butir, dibelikan lagi oleh mama sebanyak 36 butir lagi. Berapa banyak manik - manik Fani?
7. Dikolam
ada 83 ekor Nila . Bapak memasukan 120 ekor ikan lagi, berapak banyak ikan di
dalam kolam sekarang?
8. Di
dalam lemari ada 78 helai kain batik. Ibu memasukan kain batik yang sudah
dilipat kedalam lemari itu sebanyak 120 berapa banyak kain batik didalam lemari
sekarang?
9. Indra
memelihara 60 ekor ayam . dibelikan lagi oleh ayah 98 ekor lagi berapa ekor
ayam Indra sekarang?
10.
Bebek Habib bertelur 128 ekor lalu
besoknya bertelur lagi 38 ekor. Berapa bebek Habib yang bertelur?
Contoh”
Sebuah
diturunkan truk membawa 143 buah kelapa. Disuatu tempat 79 buah. Berapa
kelapa yang tinggal diatas truk?
Jawab:
145
– 79 = 66 jadi kelapa yang tinggal sebanyak 66 buah
|
Soal VIII
1. Penonton
sepak bola disuatu stadion sebanyak 187 orang ditengah pertandingan pulang 68
orang, berapa orang penonton yang tinggal?
2. Di
gedung bioskop sudah diatur 148 kursi. Karena rusak dikeluarkan 69 kursi.
Berapa kursi yang tinggal?
3. Gideon
memelihara 187 ekor kambing kemudian dijual bapak 79 ekor untuk membeli sepeda
dan keperluan lain. Berapa ekor kambing Gideon yang tinggal?
4. Fani
mempunyai pita rambut yang banyaknya 87 buah. Kemudian Fani memberikan 58 pita rambutnya pada Forensia. Berapa pita Fani yang tinggal.
5. Hafis
mempunyai tusuk sate sebanyak 124 buah.
Kepada Edo diberikan sebanyak 87 buah berapa
tusuk sate Edo tinggal?
6. Ibu
kantin menjual nasi goring 142 piring. Jam istirahat dibeli oleh siswa 139
piring. Berapa piring sisanya?
7. Rian
mempunyai 198 ekor sapi . Hari raya kurban dijual bapak sebanyak 73 ekor.
Berapa ekor sapi Rian yang tinggal?
8. Pabrik
kain membuat kain katun 197 bal. Diantarkan ketoko sebanyak 87 bal, berapa bal
kain yang tinggal di pabrik.
9. Pabrik
tahu memproduksi tahu tiap hari sebanyak
187 truk. Suatu hari toko tempat menjual tutup, tahu yang dipasarkan hanya 123
truk . berapa truk tahu yang tidak terjualkan?
10.
Pak tukang membeli semen 109 sak. Di
jalan semen kena hujan ebanyak
57 sak. Berapa sak semen yang tidak kena hujan.
Contoh
:
Indra
mempunyai 38 ekor burung. Kemudian dijual 18 ekor. Satu bulan kemudian
burungnya menetas lagi 59 ekor berapa banyak burung Indra sekarang?
Jawab (38 – 18 ) + 59 =
20 + 59 =
79
|
Soal IX
1. Dikolam
Habib ada 98 ikan. Mama memasukan lagi
89 ikan ke kolam, datang papa diambilnya 67 ekor ikan tersebut. Berapa ikan di
kolam Habib sekarang ?
2. Dikaleng
Rian tersimpan 137 permen. Ibu Ani memasukan lagi 60 permen lalu adik meminta
87 permen. Berapa jumlah permen dikaleng Rian?
3. Digedung
sekolah Fani sudah tersedia 93 buah kursi. Karena rusak dikeluarkan sebanyak 36
buah. Dimasukan lagi yang baru sebanyak 38 buah. Berapa jumlah kursi di sekolah
Fani.
4. Dilapangan
kantor lurah sudah ada 174 orang penonton. Karena cuaca mendung pulang 67
penonton. Namun datang lagi 49 penonton, berapa banyak penonton dila[angan
sekarang?
5. Diperpustakaan
sekolah ada 149 buku cerita dipinjam siswa 87
Buah. Hari ini ibu Nora
membeli lagi 98 buku cerita. Ada berapa buku diperpustakaan sekarang?
6. Digudang
sudah tersimpan 93 buah bola. Disimpan lagi
oleh guru olah raga 94 bola, dipakai anak SMP 63 bola, berapa bola yang tinggal
di gudang?
7. Sebuah
toko membeli 59 buah pensil setelah beberapa hari pensil terjual 36 buah
kemudian toko membeli lagi 120 pensil. Berapa banyak pensil di toko sekarang?
8. Seorang
pengusaha pembibitan mangga membeli 49 bibit mangga Golek dan 76 bibit mangga Mana
mana lagi. Dalam 3 minggu jumlah bibit mangga tersebut telah terjual 57 batang
berapa sisanya?
9. Dalam
suatu lomba balap sepeda diikuti 67 peserta putra dan 97 peserta putri, dari
semua peserta 37 peserta tidak sampai ke garis finis. Berapa banyak peserta
yang sampai kegaris finis?
10.Edo pergi ke Pantai, dipantai Edo
mencari kerang banyak kerang yang terkumpul 176 buah. Gideon mencampurkan
kerang yang dicarinya sebanyak 87 buah. Sampai di padang kerang diberikan pada
Fani sebanyak 86 buah berapa jumlah kerang yang tinggal?
11.Ayam ayah 48 ekor, ayam Habib 63 ekor
ditempatkan dalam satu kandang. Ibu mau arisan dipotongnya ayam tersebut
sebanyak 35 ekor. Berapa ayam yang ada di dalam kandang/
12.Ibu membeli telur 24 buah, kakak membeli
137 butir telur, ternyata telur itu busuk 10 buah. Berapa telur yang bagus
tinggal?
13.Penumpang bus Transpor membawa penumpang
79 orang di Indarung naik 15 orang lagi. Sampai di Solok penumpangnya turun 58
orang berapa penumpang yang ada di atas bus?
14. Tukang kayu menjual 94 ikat kayu bakar,
besoknya tukang kayu mencari 65 ikat kayu bakar lagi. Kayu itu dijual sebanyak
50 ikat. Berapa kayu yang belum dijual.
15.Bapak
membeli 300 buah bata , Abang juga telah memesan sebanyak 250 buah tapi baru diantar
kerumah sebanyak 150 buah berapa banyak bata yang ada di rumah?
TEMA
3
BUDI
PEKERTI
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Karakter Yang diintegrasikan
|
1.
|
Menggunakan
pengukuran panjang dan berat dalam
pemecahan masalah
|
2.1
Menunjukan hubungan
m dan cm
|
Teliti
Tekun
|
2.2
Melakukan pengukuran
Berat dengan satuan kg
|
Rasa
ingin tahu
Kerja
keras
|
||
2.3
Melakukan pengukuran
Volume dengan satuan
Ukur tidak baku
|
Pantang
menyerah
|
Indikator
1. Menentukan
Hubungan m dan cm
2. Melakukan pengukuran berat
3.
Melakukan pengukuran volume dengan satuan
ukur tidak baku
|
GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
Menggunakan
pengukuran panjang dan berat dalam pemecahan masalah
|
1. Menentukan
Hubungan m dan cm
Beberapa
satuan ukuran panjang diantaranya adalah meter dan senti meter. Ingatlah
hubungan antara satuan panjang berikut ini:
1
meter = 100 senti meter disingkat
1
m = 100 cm
|
Contoh
3
m = …… cm
Jawab
1
m = 100 cm
3
m = 3 x 100 cm = 300 cm
Jadi
3 meter = 300 cm
|
Soal I.
a.
2 m = …..cm
b.
5 m = …. cm
c.
7 m = …. cm
d.
6 m = …. cm
e.
3 m = …. cm
|
f.
9 m = ….. cm
g.
10m = ….. cm
h.
1
m = ….. cm
i.
4
m = ….. cm
j.
8
m = ….. cm
|
2. Melakukan
Pengukuran Berat Kilo, Ons.
Pelajarilah
hubungan antar satuan berat berikut ini !
1
Kilo = 10 ons disingkat 1 kg = 10 ons
|
Contoh
:
5
kg = …….ons
Jawab :
5 kg = 5 x
100 ons = 500 ons
Jadi 5 kg
= 500 ons
|
Soal II.
a.
4 kg = …..ons
b.
7 kg
= …..ons
c.
10 kg = …. Ons
d.
6 kg = …. ons
e.
9 kg = …. ons
|
f.
1 kg = …..ons
g.
2 kg = ….ons
h.
5 kg = ….. ons
i.
3 kg = ….. ons
j.
8 kg = ….. ons
|
3. Memantapkan pengetahuan isi dalam kehidupan sehari-hari
dalam satuan ukuran tidak baku
Soal III.
1. Ibu
Ani membeli sepuluh botol minyak goreng dipasar Besoknya ibu Ani membeli lagi 7
botol berapa botol minyak yang tersedia.
2. Bak
mandi isinya 150 gayung, Dipakai Edo setengah bak untuk mandi, berapa gayung
air yang tinggal?
3. Bapak
menimba air 10 ember dipakai Roni 3 ember untuk mencuci motor berapa ember air
yang ditimba bapak tinggal?
4. Deon
membeli 3 jerigen minyak goreng, mama juga membeli 6 jerigen berapa jerigen
minyak yang tersedia?
5. Indra
mempunyai air teh19 gelas. Wulan membuat lagi 30 gelas air teh. Berapa gelas
air teh yang tersedia?
6. Fani
memindahkan air dari ember besar ke ember kecil. 1 ember besar isinya 7 ember
kecil, berapa ember kecil air yang tersedia apabila dipindahkan dari 3 ember
besar?
7. Habib
mau membuat es batu. 1 ember akan mendapatkan es batu sebanyak 7 buah. Berapa
buah es batu bisa dibuat Habib apabila air yang tersedia 9 ember?
8. Rian
membuat cendol 29 bungkus ibu membeli lagi 58 bungkus cendol untuk tamu. Berapa bungkus cendol yang sudah
tersedia?
9. Bapak
mempunyai 17 botol oli, kakak memakai oli itu 5 botol berapa botol oli bapak
yang tinggal?
10.
Farfum mama ada 49 botol, farfum kakak
ada 17 botol berapa
banyak farfum mereka bardua?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar