TEMA
1
PERISTIWA
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Karakter Yang diintegrasikan
|
1.
|
Melakukan
perhitungan bilangan bulat dalam pemecahan masalah sampai 800
|
3.1
Menulis lambang bilangan secara bersusun
|
Teliti
|
3.2 Melakukan
penjumlahan 3 angka dengan 3 angka
|
Rasa
ingin tahu
|
||
3.3 Melakukan
pengurangan dengan
3 angka dengan 3 angka
|
Pantang
menyerah
|
||
3.4 Mengerjakan
perkalian dengan
Hasil sampai 90
|
Tekun
|
||
3.5
Mengerjakan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
|
Kerja
keras
|
Indikator
:
1. Membilang
secara urut
2. Menulis
lambang bilangan
3. Menjumlah
bilangan tiga angka dengan tiga angka tanpa teknik menyimpan
4. Menjumlah
bilangan tiga angka dengan tiga angka dengan teknik satu kali menyimpan
5. Menjumlah
bilangan tiga angka dengan tiga angka dengan teknik dua kali menyimpan
6. Mengurangkan
bilangan tiga angka dengan tiga angka tanpa teknik meminjam
7. Mengurangkan
bilanagan tiga angka dengan tiga angka dengan satu kali teknik meminjam
8. Mengurangkan
bilangan tiga angka dengan tiga angka dengan dua kaliteknik meminjam
9. Melakukan
perkalian bilangan dua angka dengan bilangan satu angka
10. Menyelesaikan
soal- soal cerita
|
A.
Bilangan
Bulat 601 sampai 800
1.1
Menulis
lambang bilangan
Contoh Enam ratus dua puluh lima = 625
|
Soal 1
1.
Enam ratus satu =
2.
Enam ratus dua =
3.
Enan ratus tiga =
4.
Enam ratus empat =
5.
Enam ratus lima =
6.
Enam ratus enam =
7.
Enam ratus tujuh =
8.
Enam ratus delapan =
9.
Enam ratus Sembilan =
10.
Enam ratus Sepuluh =
Soal 2
1. Enam
ratus sebelas =
2. Enam
ratus dua belas =
3. Enam
ratus tiga bela =
4. Enam
ratus empat belas =
5. Enam
ratus lima belas =
6. Enam
ratus enam belas =
7. Enam
ratus tujuh belas =
8. Enam
ratus delapan belas =
9. Enam
ratus sembilan belas =
10.
Enam ratus dua puluh =
Soal 3
1.
Enam ratus dua puluh satu =
2.
Enam ratus dua puluh dua =
3.
Enam ratus dua puluh tiga =
4.
Enam ratus dua puluh empat =
5.
Enam ratus dua puluh lima =
6.
Enam ratus dua puluh enam =
7.
Enam ratus dua puluh tujuh =
8.
Enam ratus dua puluh delapan =
9.
Enam ratus dua puluh Sembilan =
10.
Enam ratus tiga puluh =
Soal 4
1.
Enam ratus tiga puluh satu =
2.
Enam ratus tiga puluh dua =
3.
Enam ratus tiga puluh tiga =
4.
Enam ratus tiga puluh empat =
5.
Enam ratus tiga puluh lima =
6.
Enam ratus tiga puluh enam =
7.
Enam ratus tiga puluh tujuh =
8.
Enam
ratus tiga puluh delapan =
9.
Enam ratus tiga puluh Sembilan =
10.
Enam ratus empat puluh =
Soal 5
1.
Enam ratus empat puluh satu =
2.
Enam ratus empat puluh dua =
3.
Enam ratus empat puluh tiga =
4.
Enam ratus empat puluh empat =
5.
Enam ratus empat puluh lima =
6.
Enam ratus empat puluh enam =
7.
Enam ratus empat puluh tujuh =
8.
Enam ratus empat puluh delapan =
9.
Enam ratus empat puluh Sembilan =
10.
Enam ratus lima puluh =
Soal
6
1. Enam
ratus lima puluh satu =
2. Enam
ratus lima puluh dua =
3. Enam
ratus lima puluh tiga =
4. Enam
ratus lima puluh empat =
5. Enam
ratus lima puluh lima =
6. Enam
ratus lima puluh enam =
7. Enam
ratus lima puluh tujuh =
8. Enam
ratus lima puluh delapan =
9. Enam
ratus lima puluh Sembilan =
10.
Enam ratus enam puluh =
Soal 7
1.
Enam ratus enam puluh satu =
2.
Enam ratus enam puluh dua =
3.
Enam ratus enam puluh tiga =
4.
Enam ratus enam puluh empat =
5.
Enam ratus enam puluh lima =
6.
Enam ratus enam puluh enam =
7.
Enam ratus enam puluh tujuh =
8.
Enam ratus enam puluh delapan =
9.
Enam
ratus enam puluh Sembilan =
10.
Enam ratus tujuh puluh =
Soal
8
1.
Enam ratus tujuh puluh =
2.
Enam ratus tujuh puluh satu =
3.
Enam ratus tujuh puluh dua =
4.
Enam ratus tujuh puluh tiga =
5.
Enam ratus tujuh puluh empat =
6.
Enam ratus tujuh puluh lima =
7.
Enam ratus tujuh puluh enam =
8.
Enam ratus tujuh puluh delapan =
9.
Enam ratus tujuh puluh Sembilan =
10. Enam
ratus delapan puluh =
Soal
9
1.
Enam ratus delapan puluh satu =
2.
Enam ratus delapan puluh dua =
3.
Enam ratus delapan puluh tiga =
4.
Enam ratus delapan puluh empat =
5.
Enam ratus delapan puluh lima =
6.
Enam ratus delapan puluh enam =
7.
Enam ratus delapan puluh tujuh =
8.
Enam ratus delapan puluh delapan =
9.
Enam ratus delapan puluh sembilan =
10. Enam
ratus tujuh puluh =
Soal
10
1.
Enam ratus tujuh puluh satu =
2.
Enam ratus tujuh puluh dua =
3.
Enam ratus tujuh puluh tiga =
4.
Enam ratus tujuh puluh empat =
5.
Enam ratus tujuh puluh lima =
6.
Enam rarus tujuh puluh enam =
7.
Enam ratus delapan puluh tujuh =
8.
Enam ratus delapan puluh delapan =
9.
Enam ratus delapan puluh Sembilan =
10. Enam
ratus Sembilan puluh =
Soal
11
1. Enam
ratus sembilan puluh satu =
2. Enam
ratus sembilan puluh dua =
3. Enam
ratus sembilan puluh tiga =
4. Enam
ratus sembilan puluh empat =
5. Enam
ratus sembilan puluh lima =
6. Enam
ratus sembilan puluh enam =
7. Enam
ratus sembilan puluh tujuh =
8. Enam
ratus sembilan puluh delapan =
9. Enam
ratus sembilan puluh sembilan =
10.
Tujuh ratus =
1.2
Membaca Lambag Bilangan
Contoh = 794
Dibaca = Tujuh ratus sembilan puluh empat
|
Soal
1
1. 701
=
2. 702
=
3. 703
=
4. 704
=
5. 705
=
|
6. 706
=
7. 707
=
8. 708
=
9. 709
=
10.
710 =
|
Soal 2
1. 711
=
2. 712
=
3. 713
=
4. 714
=
5. 715
=
|
6. 716
=
7. 717
=
8. 718
=
9. 709
=
10.
720 =
|
Soal
3
1.
721 =
2.
722 =
3.
723 =
4.
724 =
5.
725 =
|
6.
726 =
7.
727 =
8.
728 =
9.
729 =
10. 730
=
|
Soal 4
1.
731 =
2.
732 =
3.
733 =
4.
734 =
5.
735 =
|
6.
736 =
7.
737 =
8.
738 =
9.
739 =
10. 740
=
|
Soal 5
1.
741 =
2.
742 =
3.
743 =
4.
744 =
5.
745 =
|
6.
746 =
7.
747 =
8.
748 =
9.
749 =
10. 750
=
|
Soal
6
1.
751 =
2.
752 =
3.
753 =
4.
754 =
5.
755 =
|
6.
756 =
7.
757 =
8.
758 =
9.
759 =
10. 760
=
|
Soal 7
1.
761 =
2.
762 =
3.
763 =
4.
764 =
5.
765 =
|
6.
766 =
7.
767 =
8.
768 =
9.
769 =
10. 770
=
|
Soal 8
1.
771 =
2.
772 =
3.
773 =
4.
774 =
5.
775 =
|
6.
776 =
7.
777 =
8.
778 =
9.
779 =
10. 780
=
|
Soal 9
1.
781 =
2.
782 =
3.
783 =
4.
784 =
5.
785 =
|
6.
786 =
7.
787 =
8.
788 =
9.
789 =
10. 790
=
|
Soal
10
1.
791 =
2.
792 =
3.
793 =
4.
794 =
5.
795 =
|
6.
796 =
7.
797 =
8.
798 =
9.
799 =
10. 800
=
|
B.
Menjumlahkan
Bilangan
2.1 Dua Bilangan Tiga Angka Tanpa Teknik
Menyimpan
Cara biasa :
Contoh
532 + 243 = 775
Jumlahkan satuan 2 + 3 = 5
Jumlahkan puluhan 3 + 4 = 7
Jumlahkan ratusan 5 +
2 = 7
|
Soal
1
Jumlahkanlah!
1. 423
+ 234 =
2. 514
+ 263 =
3. 433+
324 =
4. 606+
133 =
5. 534+
264 =
|
6. 342
+ 335 =
7. 639
+ 240 =
8. 324+ 434 =
9. 764
+ 135 =
10.
572 + 226 =
|
Soal
2
Jumlahkanlah!
1. 724
+ 132 =
2. 543
+ 237 =
3. 563
+ 224 =
4. 434
+ 232 =
5. 563
+ 236 =
|
6. 424
+ 363 =
7. 593
+ 204 =
8. 624
+ 136 =
9. 448
+ 322 =
10.
621 + 173 =
|
2.2
Cara Bersusun
Contoh
: 461 Langkah- langkahnya
323 + Satuan 1 + 3 = 4
784 Puluhan 6 + 2 = 8
Ratusan 4 + 3
= 7
|
Soal
1
1. 4
3 2 2. 4 7 5 3. 3 5 4
3 4
3
+ 2
2 4 + 3 4 3+
4. 6 2 5 5. 5 2 6 6. 3 4 2
2
4 3 + 2
4 1 + 3 4 5
+
7. 5 2 4 8. 4 3 4 9. 5 3 4
2 1 5 + 3 6 4 + 2 3
2 +
10. 3 2 4
2 4
2 +
Soal 2
1. 4 2 4 2. 3 2 5 3. 6 2 4
3 2 1
+ 4 4 4
+ 1 5 5
+
4 5 3 4 5. 4 5 4 6. 6 3 9
2 4 3 + 3 2 3 + 2 5 0 +
7 4 7 4
8. 3 7 8 9. 5 4 7
2
2 5 + 4 2 1 + 2 3 2 +
10 3 4 5
2 5 3 +
2.3
Dua Bilangan Tiga Angka Dengan Teknik Satu Kali Menyimpan
Cara
Biasa
Contoh :
328 + 459 = 787
Langkah-langkahnya
Satuan 8 + 9 = 17 Tulis angka 7 simpan satu
puluhan
Puluhan 2 + 5 =
7 + 1 = 8
Ratusan 3 + 4 =
7
Hasil = 787
|
Soal
1
1. 347
+ 328 =
2. 526
+ 447 =
3. 628
+ 255 =
4. 439
+ 254 =
5. 443
+ 338 =
|
6. 674
+ 127 =
7. 199
+ 408 =
8. 174
+ 527 =
9. 263
+ 429 =
10.
726 + 168 =
|
Soal
2
1. 627
+ 164 =
2. 634
+ 227 =
3. 325
+ 337 =
4. 457
+ 327 =
5. 638
+ 134 =
|
6. 524
+ 248 =
7. 634
+ 167 =
8. 532
+ 249 =
9. 672
+ 119 =
10.
624 + 168 =
|
Cara
Bersusun
Contoh
:
4
2 8
2 3 4 +
6 6 2
Langkah-langkhnya
Satuan 8
+ 4 = 12 tulis angka 2
dibawah angka 4
Simpan 1 puluhan diatas angka 2
Puluhan 1 + 2 + 3 = 6
Ratusan 4 + 2
= 6
Hasil 662
|
Soal 1
1. 3
2 6 2. 6 2
4 3. 4 3 6
3 4 7 + 1 6 8 + 2 3 7 +
4. 6 3 4 5. 5 2 6 6. 6 2 3
2
3 7 + 2
4 7 + 1 3 8 +
7. 6 4 2 8. 3 6
7 9. 6 3 7
1
3 9 + 3
2 4 + 1 2
6 +
10. 2 8 8
6 2
7 +
Soal
2
1. 6
2 4 2. 6 4 5 3. 6 4 2
1 6 8 + 2 2 9 + 1 3 9 +
4. 5 4 5 5. 5 3 7 6. 4 7 6
2
3 7 + 2 4 8
+ 2 1 9
+
7. 3 4 7 8. 4 3 8 9.
6 7 8
4
2 8 + 3 4 6 + 1
1 5 +
10. 6 2 4
1 5
7 +
2 . 4 Dua Bilangan Tiga Angka
Dengan Teknik Dua Kali Menyimpan
Cara Biasa
Contoh :
48
6 + 3 3 5 = 8 2 1
Langkah-
Langkahnya
Satuan 6 + 5 = 11 tulis 1 simpan 1 puluhan
Puluhan 8 + 3 = 11 tambah 1 = 12
Tulis 2 simpan 1
ratusan
Ratusan 4 + 3 = 7 tambah 1 = 8
Hasil
= 8 2 1
|
Soal
1
1.
3 2 8 + 4 8 7 = 6. 4 2 4 + 3 9 8 =
2.
4 3 8 + 4 8 6 = 7. 5 3 7 + 2 8 4 =
3.
3 6 8 + 2 7 6 = 8. 6 3 8 + 1 8 9 =
4.
3 7 5 + 4 6 6 = 9. 5 5 8 + 2 6 7 =
5.
4 4 6 + 3 8 7 = 10. 6 8 7 + 1 9 8=
Soal
2
1. 4
5 8 + 1 6 7 = 6. 7 7 8 + 1 8 7 =
2. 5
3 9 + 2 8 9 = 7. 6 2 9 + 1 8 4 =
3. 6
6 8 + 1 7 9 = 8. 4 3 9 + 2 6 4 =
4. 4
7 8 + 3 6 6 = 9. 5 4 7 + 2 8 4 =
5. 4
9 8 + 3 4 6 = 10. 6 3 4 + 2 8 9 =
Cara Bersusun
Contoh
: 4 8 5
3 7 6+
8 6 1
Langkah – Langkahnya
Satuan 5 + 6 = 11 Tulis 1 Satuan dibawah angka 6
simpan
1 ditempat puluhan di aras angka 8
Puluhan 1 + 8 + 7 = 16 Tulis 6 puluhan di bawah angka 7
Simpan 1 ditempat ratusan diatas angka
4
Ratusan = 1 + 4 + 3
Hasil = 8 6 1
|
Soal
1
1. 6
7 8 2. 3 7 6 3. 4 7 7
1 5 6
+ 2 9 6 + 2 8 9+
4. 5 7 4 5. 6 4 7 6. 6 3 7
2 5 8 + 2 7 5 + 1 7 8 +
7. 5 4 7 8. 4 3 4 9. 4 9 7
2
8 9 + 3
9 5 + 4 6
5 +
10. 6 4 7
1 8
5 +
Soal
2
1. 5
2 3 2. 4
9 4 3. 6 4 7
2 8 9
+ 3
7 8 + 1
8 5+
4 5 3 6 5. 5 6 8 6. 6 5 3
2
9 5 +
2 7 4 +
1 8 9 +
7 5 9 8 8. 6 7 5 9. 5 4 8
2
4 5 +
1 7 6 + 2 9 5 +
10 6 5 9
1
6 4 +
C.
Pengurangan
3.1
Pengurangan bilangan tiga angka dengan teknik satu kali meminjam
Cara biasa
Contoh:
7 6 4 - 3
5 2 = 4 1 2
Langkah – langkahnya
Satuan 4 – 2 = 2
Puluhan 6 – 5 = 1
Ratusan 7 – 3 = 4
Hasil = 4 1 2
|
Soal
1
1. 5
4 2 - 2 3 1 = 6. 6 5
9 - 3 2 6 =
2. 7
4 9 - 5 2 5 = 7. 8 9 4 - 4 5 2 =
3. 9
7 4 - 3 6 2 = 8. 7 5 9 -
5 2 4 =
4. 8
9 5 - 3 5 2 = 9. 8 9 4 -
3 5 2 =
5. 9
4 9 - 7 2 5 = 10. 8 9 5 - 3 5 3 =
Soal
2
1.
7 3 4 - 5 2 2 = 6. 6 4
5 - 2 2 3 =
2.
6 6 5 -
4 3 3 = 7.
7 3 2 - 4 2 3 =
3.
7 9 4 -
4 7 2 = 8. 4 9 4 - 2 5 2 =
4.
6 9 4 -
5 7 2 =
9. 7 4 7 - 4 3 2 =
5. 7
5 6 - 4 3 3 = 10. 7 5 4 - 5 3 2 =
Cara bersusun
Contoh:
6 9 6
3 2 4-
3 7 2
Langkah-langkahnya
Satuan 6 – 4 = 2
Puluhan 9 _ 2 = 7
Ratuasan 6 _
3 = 3
|
Soal
1
1. 7
4 6 2. 7 9
8 3. 6 3 7
5 3 2 - 3 5 4 - 4 2 5 -
4 6 4 7 5. 7 3 6 6. 4 2 6
2
2 5 - 5 2 4 - 2 1 3-
7 6 2 4 8. 5 4 4 9. 7 5 9
3
1 3 - 1
3 1 - 4 2
1-
10 7 6 2
5
1 0 -
Soal
2
1. 6
3 7 2. 5
4 1 3. 7 5 9
4 2 1 - 2 3 0 - 2 6 2 -
4. 6 2 5 5. 6 7 5 6. 7 9 8
1
1 4 -
2 2 1 -
3 5 4 -
7. 7 3 7 8. 5 3 4 9. 6 3 5
2
1 5-
2 1 4 - 2 2 2 -
10. 5 4 2
3 1 2 -
3.2
Pengurangan bilangan tiga angka dengan
tanpa teknik dua kali meminjam
Cara Biasa
Contoh
:
7 3 5 - 4 7 8 = 6 5 7
Langkah – langkahnya
Satuan 5 – 8 tidak bisa pinjam 1 puluhan
menjadi 15 – 8 = 7
Puluhan 3 dipinjam 1 = 2. 2 – 7 tidak bisa pinjam
1 ratusan
Menjadi 12 – 7 = 5
|
Soal
1
1. 6
3 4 - 5 7 6 =
2. 7
4 2 - 6 9 4 =
3. 7
3 1 - 5 8 7 =
4. 6
2 4 - 4 8 7 =
5. 6
1 3 - 5 4 6 =
|
6. 7
3 4 - 5 8 6 =
7. 6
4 3 - 4 7 6 =
8. 5
3 4 - 2 6 8 =
9. 6
7 9 - 4 8 9 =
10.
6
1 1 - 5 7 6 =
|
Soal
2
1. 7
4 6 - 5 7 8 =
2. 7
3 4 - 6 6 7 =
3. 6
8 1 - 4 9 7 =
4. 6
5 2 - 3 9 8 =
5. 7
8 1 - 4 9 7 =
|
6. 6
2 3 - 5 9 6 =
7. 6
1 4 - 5 7 7 =
8. 5
2 1 - 4 9 4 =
9. 6
7 1 - 4 9 6 =
10.
6 2 1 – 4 7 8 =
|
Cara Bersusun
Contoh
:
6
4 5 Langkah-langkahnya
4 7 8 - Satuan = 5 – 8 tidak bisa
pinjam 1 puluhan
1
6 7 Menjadi 15 – 8 = 7
Puluhan = 4 dipinjam 1
sisa 3 – 7 tidak bisa
Pinjam
1 ratusan menjadi
1
3 - 7
= 6
Ratusan = 6 dipinjam 1
sisa 5 – 4 = 1
Hasil = 1 6 7
|
Soal
1
1.
7
2 1 2. 6 3 6 3. 7 6 2
5 9 7 - 3 5 8 - 4 7 5 -
4. 6 8 2 5. 7 4 5 6. 6 7 5
4 9 7 -
3 7 9 - 4 8 9 -
7. 6 5 4 8. 7 3 4 9. 5 5 2
5 8 7 -
2 7 8 - 3 7 4 -
10. 7 9 4
5 9 6 -
Soal 2
1.
7
3 2 2. 6 4
7 3. 5 2 4
4
9 6
- 2 8 8
- 3 4
5 -
4. 6 1 2 5. 7 3 2 6. 7 4 2
3 9 4 - 2 5 4
- 2
9 4 -
7. 6 6 4 8. 7 7 6 9. 7 5 3
2 8 5 - 2 8 9 - 5 7 5 -
10 4 1 0
3 5 8 -
D.
Perkalian
Perkalian bilangan dua angka dengan satu angka
Contoh
;
2 1 x 3 = Langkah-langkahnya
2 1
Satuan 1 x
3 = 3
3 x Puluhan 20 x 3 = 60 +
3 Jumlah 63
6
0 +
6
3 Hasil = 6
3
|
Soal
1
1. 25 x 2
= 6. 17 x 3 =
2. 15 x 3
=
7. 25 x 3 =
3. 42 x 2
=
8. 43 x 2 =
4. 45 x 2
=
9. 27 x 3 =
5. 30 x 3
= 10.12 x 4 =
Soal
2
1.
17 x 5 = 6. 18
x 3 =
2.
45 x 1 = 7. 20
x 3 =
3.
32 x 2 = 8. 18
x 3 =
4.
36 x 2 = 9. 78 x 1 =
5.
28 x 3 = 10. 63 x
1 =
Soal
3
1.
23 x 3 = 6. 22 x 3
=
2.
40 x 2 = 7. 19 x 4
=
3.
50 x 1 = 8. 18 x 3 =
4.
24 x 3 = 9. 17 x 4
=
5.
22 x 4 = 10. 20 x 4
=
E.
Menyelesaikan soal - soal cerita
Soal
1
1. Fani
mempunyai 425 buah jepit rambut mama membelikan 75 buah jepit rambut lagi.
Berapa jepit rambut Fani sekarang ?
2. Ayam
Indra bertelur 334 butir ayam Edo bertelur 297 butir. Berapa banyak telur yam
mereka ?
3. Dirumah
Habib ada 423 buah piring, mama Habib
membeli 24 buah piring berapa banyak piring di rumah Habib ?
4. Mama
Gideon mau arisan mama membuat 340 buah donat. Kakak membeli 120 buah donat di
pasar . berapa banyak donat di rumah Gideon?
5. Ayah
mau membuat dapur. Ayah sudah membeli 323 buah bata. Lalu ibu memesan 214 buah
bata. Berapa jumlah bata yang tersedia?
Soal 2
1. Ibu
kantin membuat bakwan 432 buah. Lalu
datang orang menitip 125 buah. Berapa bakwan yang harus dijualkan ?
2. Telur
bebek Rian sudah terkumpul sebanyak 475 buah. Pagi tadi bertelur 124 buah.
Berapa telur yang ada ?
3. Penjual
cendol mendapat pesanan 347 gelas cendol, hari kedua dapat pesanan 156 gelas
lagi. Berapa gelas cendol yang harus disiapkan ?
4. Lebaran
ibu membuat kue nastar 426 buah, besoknya kakak membuat nastar 197 buah lagi.
Berapa jumlah nastar yang dipersiapkan untuk lebaran ?
5. Kakak memelihara
376 ekor jangkrik. Setelah berapa lama jangkrik beranak 236 ekor.
Sekarang berapa jumlah jangkrik kakak semua.
Soal 3
1. Di
SLB Wacana asih jumlah murid semua 579 orang. Siswa Tunagrahita 325 berapa
jumlah siswa Tunarungu ?
2. SLB
Wacana Asih mendapat bantuan buku sebanyak 589 buah, dipinjamkan kepada siswa sebanyak 263 buah berapa jumlah
buku yang tinggal diperpustakaan ?
3. Di
kolam pak Edi diperkirakan bibit ikan lele 780 ekor setelah dipanen tinggal 621 ekor berapa lele yang hilang ?
4. Bebek
Indra 736 ekor yang sudah bertelur 524 ekor, berapa yang belum bertelur ?
5. Jumlah
telur ayam yang dierami semuanya 639 butir, menets 524 butir. Berapa butir
telur yang tidak menetas ?
Soal
4
1.
Di keranjang berisi 597 buah jeruk
diambil Hafis 252 buah . berapa jeruk yang tinggal di keranjang ?
2.
Kakak
membuat 527 mangkok Nutri Jell. Di bawa Fani 252 buah keekolah, berapa nutria jell yang
tinggal ?
3.
Indra membeli kue sebanyak 637 bungkus
lalu dibagikan Indra sebanyak 425 bungkus kepada temannya, berapa bungkus kue
Indra yang tinggal ?
4.
Fani mendapat uang dari papa Rp 550’- di
belikan fani kue seharga Rp 500,- berapa sisa uang Fani ?
5.
Gideon mempunyai kelereng sebanyak 725
butir . Gideon kalah sehingga kelerengnya tersisa sebanyak 125 butir. Berapa
jumlah kelereng Gideon yang habis ?
TEMA
2
TRANSPORTASI
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Karakter Yang diintegrasikan
|
4
5
|
Menggunakan
pecahan
dalam
pemecahan masalah
Mengenal
bangun datar
|
4.1
Menunjukan pecahan benda sampai per delapan
|
Teliti
Tekun
|
4.2
menyederhanakan gambar pecahan sampai per delapan
|
Rasa
ingin tahu
|
||
5.1
Mengelompokan bangun datar sederhana persegi, persegi panjang, segitiga dan
lingkaran
|
Pantang
menyerah
|
||
5.2
menggambar bangun datar sederhana
|
Kerja
keras
|
Indikator
:
1. Menunjukan
pecahan benda sampai perdelapan
2. Menyederhanakan
pecahan sampai perdelapan
3. Menyederhanakan
gambar pecahan sampai perdelapan
4. Menentukan
sifat bangun datar sederhana
5. Menyebutkan
nama bangun datar
6. Menggambar
bangun datar sederhana
|
4.Menggunakan
Pecahan Dalam Pemecahan Masalah
4.1
Menunjukan pecahan benda sampai perdelapan
a.
pengertian pecahan
Menyatakan
beberapa bagian dari keseluruhan ke bentuk pecahan
Menyajikan
nilai pecahan melalui gambar
|
Ibu Fia mempunyai
sebuah jambu biji, Fani dan Habib mau semangka itu. Ibu menyuruh Fani memotong
jambu biji itu menjadi dua bagian sama besar
fani mendapat 1/ 2 dan habib mendapat
1 /2
|
Gbr, Fani memotong jambu biji
b.
Perhatikan
gambar berikut !
Seorang ibu membeli kue.
Kue tersebut dibagi kepada keempat orang anaknya,
c.
Perhatikan
gambar dibawah ini amati bagian yang diarsir serta nilai pecahannya
1 / 2
1/ 3
1/ 4
1/5
1/6
1/ 7
1/8
Dari gambar diatas dapat dipahami
bahwa pecahan terjadi karena satu benda dibagi beberapa bagian sama besar.
Bagian itu mempunyai nilai pecahan
Jadi dapat dikatakan bahwa pecahan
adalah beberapa bagian dari keseluruhan
|
Soal 1
Tulislah
nilai pecahan untuk gambar yang diarsir
1. 2. 3.
4. 5. 6.
7.
8.
9.
10.
|
Menyederhanakan Pecahan
Contoh
:
3 =
3 : 3 = 1
6 6 : 3 2
Cara
mengerjakannya adalah
Pembilang
dan penyebut dibagi dengan bilangan yang sama yaitu 3
Maka
hsilnya adalah = 1
2
|
Soal 1
Kerjakanlah seperti
contoh untuk menentukan pecahan yang senilai
1.
4 =
8
2.
2 =
6
3.
4 =
8
4. 6
=
8
5. 5
=
7
Soal 2 Soal 3
1.
6 =
1. 4 =
3
8
2.
16
=
2. 6 =
5
3
3.
12
=
3. 16 =
6
4
4.
15 = 4. 15 =
3
5
5.
18
= 5. 25
=
6
5
Menyederhanakan Gambar
pecahan
|
|
|
|
|
Sama dengan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Artinya nilai pecahan 3
= 6 = 3
5 10 5
Menyatakan 3
menjadi 6 adalah menyatakan suatu
pecahan ke
5 10
dalam
pecahan lain yang senilai menggunakan penyebut
yang lebih besar. Sebaliknya menyatakan pecahan 6 menjadi pecahan lain
yang senilai menggunakan penyebut yang lebih kecil. Ini dinamakan menyederhanakan
pecahan. Menyederhanakan pecahan dapat dilakukan dengan membagi pembilang dan penyebut suatu
pecahan dengan bilangan yang sama sampai tidak dapat dibagi lagi.
Contoh
6 : 2
=
3
10
2 5
6 =
= 3
10
5
Pecahan
6 dibagi dengan bilangan 2 sehingga menjadi 3
10 2 5
Pecahan 3 tidak dapat dibagi lagi. Jadi 6 dapat disederhanakan
5
10
Jadi
6 dapat disederhanakan menjadi 3
10 5
Soal 1
Sederhanakan
pecahan berikut dan buatkan gambarnya
1. 4 = 6. 21
=
10 42
2. 5
=
7. 2 =
10 40
3. 2
=
8. 28 =
8 42
4. 4 = 9. 45 =
8 72
5. 6 = 10. 60
=
8
72
Soal
2
1. 5 =
2. 6 = 3. 3 =
10 20 15
6. 4 = 5. 5 = 6. 6 =
16 20
20
7. 3
= 8. 5 9.
6 =
18 20
9
GEOMETRI
1. Menentukan
sifat-sifat bangun datar , segitiga, persegi, persegi panjang dan lingkaran
|
Persegi
Panjang
Sisi
yang berhadapan sama panjang sudutnya,
Sudut-sudutnya
sama besar.
Segitiga
Terdiri
dari tiga sisi.
Besar
semua sudutnya sama.
Segi tiga sama kaki
Kedua sisi kakinya sama panjang
Dua buah sudut yang diapit kaki sama besar
Lingkaran
Mempunyai 1 sisi lengkung
Mempunyai banyak sudut
Persegi
Besar
semua sudutnya sama
|
Soal 1
Perhatikan
gambar-gambar bangun datar di bawah ini
|
aaa
|
1. Bangun
b,f dan g memiliki……… sisi dan …….. titik sudut
2.
|
|
a.
Sebutkan bangun yang merupakan segitiga
b.
Sebutkan bangun yang merupakan segi
empat
c.
Sebutkan bangun yang merupakan persegi
panjang
d.
Sebutkan bangun yang merupakan lingkaran
e.
Sebutkan bangun yang merupakan lingkaran
dan segi lima
Menggambar
bangun Datar
Soal
1
Ciplaklah
gambar berikut pada bukumu!
Soal
2
Gunakan
kertas berpetak
1. Gambarlah
sebuah persegi yang panjang sisinya enam kotak
2. Gambarlah
persegi yang panjang sisinya dua kotak
3. Gambarlah
persegi panjang yng panjang sisinya 2 kotak dan 3 kotak
4. Gambarlah
segitiga dalam tiga bentuk dan ukuran yang berbeda
5. Gambarlah
sebuah segitiga yang salah satu sisinya 5 kotak
6. Gambarlah
persegi panjang dalam tiga bentuk dan ukuran yang berbeda
TEMA 3
BUDI PEKERTI
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Karakter Yang diintegrasikan
|
6.
7.
|
Menggunakan
pengukuran panjang, berat, volume dalam pemecahan masalah
Menggunakan mata uang
Dalam
kehidupan sehari - hari
|
6.1
Menunjukan hubungan
M, dm,cm
|
Pantang
menyerah
Tekun
|
6.2
Menunjukan hubungan kg, ons, gr
|
Rasa
ingin tahu
Kerja
keras
|
||
7.1
Mengenal mata uang sampai pecahan 10.000
|
Teliti
|
Indikator
1. Menjelaskan
satuan ukuran panjang km sampai dengan mm dan hubungannya.
2. Menggunakan ukuran panjang
3.
Memantapkan pemahaman satuan ukuran berat
kg, ons, dengan nilai r melalui
operasi hitung
4.
Memantapkan pengetahuan isi dalam
kehidupan sehari- hari
5.
Menggunakan mata uang dalam
kehidupan dehari-hari
6.
Memecahkan permasalahan belanja
dengan nilai sampai Rp
10.000,-
|
6. GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Menggunakan
pengukuran panjang, berat, volume dalam
pemecahan masalah
A.
Ukuran
Panjang
1.
Mengenalkan
satuan ukuran panjang km sampai dengan mm dan hubungannya.
1 kilometer = 10 hektomwter
1 km = 10 hm
1 hektometer = 10
dekameter
1 hm
= 10 dm
1 dekameter = 10
meter
1 dam = 10 m
1 meter = 10
Desimeter
1 m =
10 dm
1 desimeter = 10
centimeter
1 dm = 10 cm
1 centimeter = 10 milimeter
1 cm = 10 mm
Soal 1
Kerjakanlah
!
1.
2 km = ………………… hm
2. 3
hm = …………………. dam
3. 1 hm =
…………………. m
4. 1
dam = …………………. m
5. 1
m = …………………. dm
6. 2
m = …………………. cm
7. 5
m = …………………. cm
8. 2
cm = …………………. mm
9. 1
dm = …………………. cm
10.
6
m =………………….. cm
Soal 2
1. 3
kg = ……..ons = …… gram
2. 2
kg = ……..ons = …… gram
3. 4
kg = ……. ons = ……. gram
4. 7
kg = ……. ons = ……. gram
5. 6
kg = …….ons = …….. gram
2.
Menggunakan Ukuran Panjang
1. Ukurlah
berapa cm panjang gambar di atas ?
Berapa cm lebarnya ?
2. Ukurlah
berapa cm panjang mejamu dan berapa cm lebarnya?
3. Coba
ukur lebar ikat pinggangmu ? Ukurlah juga berapa cm panjangnya?
4. Ambilah
buku gambarmu lalu ukurlah panjangnya.
5. Hafis
kesekolah jalan kaki . Jarak rumah Hafis dari rumah kesekolah 1 kilo meter
berapa meterkah itu?
B.
Ukuran
Berat
Memantapkan
pemahaman satuan ukuran berat kg. ons dan g r melalui operasi hitung.
Contoh :
1 kg
= 10 ons
3
kg + 4 ons = 34 ons
1 kg + 5
0ns = 25 ons
6 kg +
7 ons = 67 ons
1
ons = 100 gr
2 ons
+ 300gr = 500 gr
5
ons + 5 gr = 505 gr
Di
dalam kantong plastik ada 6 ons gula. Edo membeli lagi 10 ons gula pasir.
Berapa ons gula seluruhnya? Ada berapa kg gula tersebut?
Jawab
:
2 ons
+ 10 ons = 16 ons
16 ns
= 1 kg 6 ons
C.
Memantapkan
pengetahuan isi dalam kehidupan sehari-hari ( 1 liter dan ½ liter)
1. Satu
botol aqua besar isinya 1 liter. Fani membeli sepuluh botol aqua berapa liter
isi aqua tersebut?
2. Satu
jerigen kecil isinya ½ liter. Satu jerigen besar isinya 1 liter. Berapa jerigen
besar jadinya apabila 10 air di jerigen kecil dipindahkan?
3. Bak
mandi isinya 50 liter air. Ani mandi menggunakan setengah bak. Sekarang tinggal
berapa liter air dalam bak mandi tersebut?
4. Ambil
air satu ember lalu pindahkan ke dalam ember lain dengan menggunakan liter.
Berapa liter air yang dipindahkan?
5. Bapak
membeli 10 liter bensin lalu dipindahkan Gideon kedalam botol yang berukuran ½
liter. Berapa botol bnsin yang diperoleh.
7. Mata Uang
a.
Menggunakan
mata uang dalam kehidupan sehari-hari.
Mengenal mata uang sampai 10.000
Alat
pembayaran yang sah di Indonesia adalah uang rupiah. Beberapa mata uang yang
digunakan untuk jual beli adalah:
Uang receh 100 Rupiah
|
Uang receh 200 Rupiah
|
Uang receh 500 Rupiah
|
Uang receh 1000
Rupiah
|
Uang kertas 1000 Rupiah
|
Uang kertas 2000 Rupiah
|
Uang kertas 5000 Rupiah
|
Uang kertas 10000 Rupiah
|
Dapatkah
kamu menyebutkan pecahan mata uang rupiah yang lain?
Contoh
:
Menghitung
jumlah kumpulan uang yang terdiri dari 3 buah pecahan Rp. 1.000, dua buah
pecahan Rp. 500 dan satu lembar uang Rp.
2000.
3 pecahan
Rp. 1000, 2 pecahan Rp. 500 , 1 lembar Rp. 2000.
Jumlahnya =
= ( 3 x 1000) + ( 2 x 500) + ( 1 x 2000)
= 3000 + 1000 + 2000
= 4000 + 2000
= 6000
Soal 1
1.
=
2.
=
3.
=
4.
=
5.
=
Soal
2
Selesaikan soal berikut
Kesetaraan Nilai Mata Uang
Ibu membeli ikan
dipasar. Ternyata tukang ikan tidak mempunyai kembalian. Tukang ikan menukarkan
uang tersebut kepada tukang sayur. Uang tersebut dapat ditukar dengan pecahan –
pecahan uang lain dengan jumlah yang sesuai.
Perhatikan gambar
berikut
Rp. 5.000 Rp. 1000 Rp. 1000
Rp.
1000 Rp. 1000
Rp.
1000
Jadi 1 lembar uang Rp.
5000 nilainya sama dengan 5 lembar uang Rp. 1000
Soal
3
Isilah dengan tepat !
1.
1 lembar uang Rp 10.000
2.
1 lembar uang Rp 5. 000
3.
1 lembar uang Rp 10. 000
4.
1 lembar uang Rp 10.000
5.
1 lembar uang 10. 000
6.
1 lembar Rp 5.000
7.
1 lembar Rp 2.000
8.
1 lembar Rp. 10.000
9.
1 lembar Rp. 5000
10.
1 lembar Rp. 5000
|
=
=
=
=
=
=
=
=
=
=
|
4 ribuan + …Uang 2 ribu
.....ribuan + 4 lima ratus
1 lima ribu + …. Uang seribu
… uang lima ribu
8 uang
seribu + … uang 2 ribu
2 lembar uang 2 ribuan + …lembar
1 lembar uang seribu + … pecahan
lima ratus
2 lembar uang Rp. 2000 + … lembar uang
seribu
1 lembar uang Rp. 2000 + …lembar uang
Rp 1000 + 2 uang receh Rp 500
…. lembar uang Rp 1000
|
Soal
4
1. Habib
menabung uang disekolah tiap hari Rp 1000. Habib sudah menabung selama 5 hari.
Berapa tabungan Habib seluruhnya?
2. Indra
diberi uang oleh bapak Rp 10.000 digunakan Indra untuk ongkos angkot Rp 2000,
untuk membeli buku Rp. 3000. Berapa sisa uang Indra?
3. Fani
mempunyai uang receh Rp 1000 delapan keeping dipergunakan Fani untuk main
dingdong lima keeping. Berapa uang Fani tinggal?
4. Mama
Gideon membeli 10 butir telur. Tiap butir harganya Rp. 1000. Berapa lembar mama harus bayar dengan uang Rp. 1000.
5. Hafis
disuruh membeli bakwan 5 buah oleh mama harga satu bakwan Rp 500 berapa Hafis
harus membawa uang?
6. Mama
memberi Ayu uang jajan Rp 5000 disekolah Ayu membeli donat 2 buah harga donat
satu buah Rp. 1000 berapa uang kembalian yang diterima Ayu?
mohon pencerahan bagi materi smplb dra. Lifya
BalasHapus