I. Identitas Siswa :
Nama Siswa : Indra
Semester : I
Mata pelajaran : Membaca ( Program Pembelajaran Akademik)
Kelas : D4/ C1
II. Kemampuan Siswa Saat ini
Bereaksi apabila dipanggil namanya |
Menunjukkan benda/gambar yang diminta tester |
Mengikuti perintah-perintah sederhana |
Tertawa atau tersenyum apabila senang/gembira |
Menunjuk benda/mainan yang diinginkannya |
Bahasa ekspresif |
Dapat mengucapkan kata benda/gambar yang diminta |
Dapat mengucapkan “terima kasih” |
Menyebut namanya sendiri |
Menjawab pertanyaan sederhana |
Dapat mengucapkan kata : mama, papa, makan, minum |
Bahasa Sosial |
Belum dapat menyebut nama-nama keluarga terdekat |
Dapat menyebut nama-nama benda yang ada dilingkungan rumah |
Dapat menyebut nama-nama tetangga |
Belum dapat menyebut alamat rumahnya sendiri |
Belum dapat memperkenalkan diri kepada orang lain |
Bahasa Serial |
Dapat menyebut nama-nama hari dalam seminggu |
Dapat mengucapkan bilangan dari 1 s.d 10 |
Dapat menyebut nama-nama anggota badan |
Dapat menyebutkan nama-nama barang yang dipakainya |
Dapat menyanyikan lagu sederhana |
Bahasa Struktura |
Belum dapat mengucapkan satu lambang kata untuk macam-macam makna/arti |
Belum dapat mengucapkan beberapa kata untuk beberapa makna/arti |
Dapat mengucapkan kata-kata lebih dari satu suku kata |
Dapat mengucapkan beberapa konsonan diantara dua buah vokal |
Dapat Mengucapkan beberapa konsonan dengan baik |
Dapat menyusun kata-kata membentuk kalimat |
Belum, dapat bicara dengan susunan kalimat yang baik |
Artikulasi dalam pengucapan cukup baik (dimengerti) |
Suara dalam bicara cukup baik (dimengerti) |
III. Uraian Program
Kebutuhan Belajar Siswa
Dapat mengucapkan satu lambang kata untuk macam-macam makna/arti
IV.Tujuan Pembelajaran Umum
· Siswa mampu membaca kata sederhana yang terdiri dari dua suku kata
V.Tujuan Pembelajaran Khusus
· Siswa dapat menunjukan huruf vocal yang diminta
· Siswa dapat menyebutkan 5 huruf vocal ( a, I, u, e,o )
· Siswa dapat menunjukan 3 huruf konsonan ( b, d, p )
· Siswa dapat membedakan huruf konsonan b,d,p.
· Siswa dapat membaca satu suku kata dari tiga huruf konsonan yang diketahui
· Siswa dapat merangkai suku dua suku kata menjadi kata.
VI. Materi Pembelajaran
· Huruf vokal
· Tiga huruf konsonan
· Suku kata
· Merangkai suku kata menjadi kata
VII. Proses & Kegiatan Pembelajaran
1. Guru memperkenalkan Huruf vocal
2. Siswa melalui bimbingan guru Menyebutkan huruf vocal
3. Guru mengenalkan tiga huruf konsonan
4. Siswa membedakan huruf konsonan
5. Siswa membaca satu suku kata dari tiga huruf konsonan yang diketahui
6. Siswa merangkai suku dua suku kata menjadi kata.
VIII. Langkah-langkah Kegiatan
1. Langkah langkah Guru memperkenalkan Huruf vocal
§ Meragakan lambang huruf vocal a, i, u,e,o
§ Menyebutkan bunyi huruf vocal a,i,u,e,o
§ Menunjukan huruf vocal a,i,,e,ou
§ Mengelompokan huruf vocal a,i,u,e,o
§ Mencari huruf vocal dalam kata
§ Melengkapi huruf vocal dalam satu kalimat
1. Langkah-langkah menyebutkan huruf vocal
§ Mengenalkan bunyi huruf vocal secara urut
§ Mengikuti menyebutkan nama huruf vocal secara urut
§ Menyebutkan bunyi huruf vocal secara acak
§ Membaca huruf vocal secara bergantian
2. Langkah-langkah mengenalkan tiga huruf konsonan
§ Mengenalkan huruf konsonan b,d,p
§ Mengenalkan arah atas bawah , kiri dan kanan
§ Menunjukan arah kaki huruf b,d, p
§ Menjelaskan bunyi huruf konsonan b, d, p
§ Menunjukan huruf konsonan b,d,p
§ Mencari huruf konsonan b,d,p
§ Mengelompokan huruf konsonan b,d,p
3. Langkah-langkah membedakan huruf konsonan
· Mengenalkan arah
· Menjelaskan bentuk huruf konsonan b,d,p
· Menjelaskan ciri huruf konsonan b,d,p
· Menunjukan huruf b,d,p
· Mengelompokan huruf konsonan b,d,p
4. Langkah-langkah membaca satu suku kata dari tiga huruf konsonan yang diketahui
· Meragakan satu huruf konsonan b dengan kartu huruf
· Mengambil satu huruf vocal
· Memasangkan huruf konsonan dengan huruf vocal
· Menukar huruf vocal pertama dengan huruf vocal ke dua begitu seterusnya
· Melafalkan bunyi suku kata yang dirangkai
5. Langkah-langkah merangkai dua suku kata menjadi kata.
· Meragakan gambar
· Membuat tulisan sesuai nama gambar
· Membagi tulisan kata menjadi suku kata
· Mengurai tulisan suku kata menjadi huruf
· Kembali membuat suku kata dari kata yang diuraikan
· Menggabungkan suku kata menjadi kata sesuai dengan gambar
· Membaca suku kata yang dirangkai menjadi kata
VIII. Sumber dan alat pembelajaran
§ Sumber pelajaran :
§ Alat Pelajaran
Kartu huruf
Kartu gambar
§ Saran
§ Analisis lebih dirinci
IX. Evaluasi
Jawablah pertanyaan dibawah ini
1. Sebutkan nama huruf vocal di bawah ini
a | i | u | e | o |
2. Tunjukan huruf vocal a,i,u,e,0
a | i | u | e | o |
3. Tunjukan huruf vocal a
a | i | u | e | o |
4. Sebutkan 5 nama huruf vocal di bawah ini
a | i | u | e | o |
5. Tunjukan huruf konsonan b, d, p
b | d | p |
6. Mana huruf konsonan b
b | d | p |
8. Mana huruf konsonan d
b | d | p |
Bacalah
ba | bi | bu | be | bo |
da | di | du | de | do |
pa | pi | pu | pe | po |
ba-ba | Ba-bi | Ba-bu | Ba-be | ba-bo |
bi-ba | bi-ba | bi-bu | bi-be | bi-bo |
bu-ba | bu-bi | bu-bu | bu-be | bu-bo |
be-ba | be-bi | be-bu | be-be | be-bo |
bo-ba | bo-bi | bo-bu | bo-be | bo-bo |
|
|
|
|
|
da-da | da-di | da-du | da-de | da-do |
di-da | di-di | di-du | di-de | di-do |
du-da | du-di | du-du | du-de | du-do |
de-da | de-di | de-du | de-de | de-do |
do-de | do-di | do-du | do-de | do-do |
|
|
|
|
|
pa- pa | pa-pi | pa-pu | pa-pe | pa-po |
pi-pa | pi-pi | Pi-pu | Pi-pe | Pi-po |
pu - pa | pu-pi | pu-pu | pu-pe | pu-po |
pe-pa | pe-pi | pe-pu | pe-pe | pe-po |
po-pa | po-pi | po-pu | po-pe | po-po |
Padang
Guru Kelas
Dra. Lifya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar