Sabtu, 21 November 2020

PROGRAM PEMBELAJARAN INDIFIDUAL

 

I.  Identitas Siswa          :

  Nama Siswa                  : Indra

  Semester                              : I

       Mata  pelajaran                      :  Membaca ( Program Pembelajaran Akademik)

       Kelas                                      :  D4/ C1 

     II.  Kemampuan Siswa Saat ini

Bereaksi apabila dipanggil namanya

Menunjukkan benda/gambar yang diminta tester

Mengikuti perintah-perintah sederhana

Tertawa atau tersenyum apabila senang/gembira

Menunjuk benda/mainan yang diinginkannya

Bahasa ekspresif

Dapat mengucapkan  kata benda/gambar yang diminta

Dapat mengucapkan “terima kasih”

Menyebut namanya sendiri

Menjawab pertanyaan sederhana

Dapat mengucapkan kata : mama, papa, makan, minum

Bahasa Sosial

Belum dapat menyebut nama-nama keluarga terdekat

Dapat menyebut nama-nama benda yang ada dilingkungan rumah

Dapat menyebut nama-nama tetangga

Belum dapat menyebut alamat rumahnya sendiri

Belum dapat memperkenalkan diri kepada orang lain

Bahasa Serial

Dapat menyebut nama-nama hari dalam seminggu

Dapat mengucapkan bilangan dari 1 s.d 10

Dapat menyebut nama-nama anggota badan

Dapat menyebutkan nama-nama barang yang dipakainya

Dapat menyanyikan lagu sederhana

Bahasa Struktura

Belum dapat mengucapkan satu lambang kata untuk macam-macam makna/arti

Belum dapat mengucapkan beberapa kata untuk  beberapa makna/arti

Dapat mengucapkan kata-kata lebih dari satu suku kata

Dapat mengucapkan beberapa konsonan diantara  dua buah vokal

Dapat Mengucapkan beberapa konsonan dengan baik

Dapat menyusun kata-kata membentuk kalimat

Belum, dapat bicara dengan susunan kalimat yang baik

Artikulasi dalam pengucapan cukup baik (dimengerti)

Suara dalam bicara cukup baik (dimengerti)

 

III.  Uraian Program

 Kebutuhan Belajar Siswa

Dapat mengucapkan satu lambang kata untuk macam-macam makna/arti

 

IV.Tujuan Pembelajaran Umum

· Siswa mampu  membaca kata sederhana yang terdiri dari dua suku kata

 V.Tujuan Pembelajaran Khusus

· Siswa dapat menunjukan huruf vocal yang diminta

· Siswa dapat menyebutkan 5 huruf vocal ( a, I, u, e,o )

· Siswa dapat menunjukan 3 huruf konsonan ( b, d, p )

· Siswa dapat  membedakan huruf konsonan b,d,p.

· Siswa dapat membaca satu suku kata dari tiga huruf konsonan yang diketahui

· Siswa dapat merangkai suku dua suku kata menjadi kata.

 

VI. Materi Pembelajaran

· Huruf vokal

· Tiga huruf konsonan

· Suku kata

· Merangkai  suku kata menjadi kata

 

VII. Proses & Kegiatan Pembelajaran

1. Guru memperkenalkan Huruf vocal

2. Siswa melalui bimbingan guru Menyebutkan huruf vocal

3. Guru  mengenalkan tiga huruf konsonan

4. Siswa membedakan huruf konsonan

5. Siswa  membaca satu suku kata dari tiga huruf konsonan yang diketahui

6. Siswa  merangkai suku dua suku kata menjadi kata.

 

VIII. Langkah-langkah Kegiatan

1. Langkah langkah Guru memperkenalkan Huruf vocal

§ Meragakan lambang huruf vocal a, i, u,e,o

§ Menyebutkan bunyi huruf vocal a,i,u,e,o

§ Menunjukan huruf vocal a,i,,e,ou

§ Mengelompokan huruf vocal a,i,u,e,o

§ Mencari huruf vocal dalam kata

§ Melengkapi huruf vocal dalam satu kalimat

 

1. Langkah-langkah menyebutkan huruf vocal

 

§ Mengenalkan bunyi huruf vocal secara urut

§ Mengikuti menyebutkan nama huruf vocal secara urut

§ Menyebutkan bunyi huruf vocal secara acak

§ Membaca huruf vocal secara bergantian

 

2. Langkah-langkah  mengenalkan tiga huruf konsonan

§ Mengenalkan huruf  konsonan  b,d,p

§ Mengenalkan arah atas bawah , kiri dan kanan

§ Menunjukan arah kaki huruf b,d, p

§ Menjelaskan bunyi huruf konsonan b, d, p

§ Menunjukan huruf konsonan b,d,p

§ Mencari huruf konsonan b,d,p

§ Mengelompokan huruf konsonan b,d,p

 

3. Langkah-langkah membedakan huruf konsonan

· Mengenalkan arah

· Menjelaskan bentuk huruf  konsonan b,d,p

· Menjelaskan ciri huruf konsonan b,d,p

· Menunjukan huruf b,d,p

· Mengelompokan huruf konsonan b,d,p

4. Langkah-langkah membaca satu suku kata dari tiga huruf konsonan yang diketahui

· Meragakan satu huruf konsonan b  dengan kartu huruf

· Mengambil satu huruf vocal

· Memasangkan huruf konsonan dengan huruf vocal

· Menukar huruf vocal pertama dengan huruf vocal ke dua begitu seterusnya

· Melafalkan bunyi suku kata yang dirangkai

 

5.  Langkah-langkah   merangkai  dua suku kata menjadi kata.

· Meragakan gambar

· Membuat tulisan sesuai nama gambar

· Membagi  tulisan  kata menjadi suku kata

· Mengurai tulisan suku kata menjadi  huruf

· Kembali membuat suku kata dari kata yang diuraikan

· Menggabungkan suku kata menjadi kata sesuai dengan gambar

· Membaca suku kata yang dirangkai menjadi kata

 

 

VIII. Sumber dan alat pembelajaran

§ Sumber pelajaran :

§ Alat Pelajaran

Kartu huruf 

Kartu gambar

§ Saran

§ Analisis lebih dirinci

 

IX. Evaluasi

Jawablah pertanyaan dibawah ini

1. Sebutkan nama huruf vocal di bawah ini

 

a

i

u

e

o

 

2. Tunjukan huruf vocal   a,i,u,e,0

 

a

i

u

e

o

 

3. Tunjukan huruf vocal  a

a

i

u

e

o

 

 

4. Sebutkan 5  nama huruf vocal di bawah ini

a

i

u

e

o

 

 

5. Tunjukan  huruf konsonan  b, d, p

b

d

p

 

6. Mana huruf konsonan b

b

d

p

 

            8. Mana huruf konsonan d

b

d

p

 

 

 

 

                 Bacalah

ba

bi

bu

be

bo

da

di

du

de

do

pa

pi

pu

pe

po

 

 

ba-ba

Ba-bi

Ba-bu

Ba-be

ba-bo

bi-ba

bi-ba

bi-bu

bi-be

bi-bo

bu-ba

bu-bi

bu-bu

bu-be

bu-bo

be-ba

be-bi

be-bu

be-be

be-bo

bo-ba

bo-bi

bo-bu

bo-be

bo-bo

 

 

 

 

 

da-da

da-di

da-du

da-de

da-do

di-da

di-di

di-du

di-de

di-do

du-da

du-di

du-du

du-de

du-do

de-da

de-di

de-du

de-de

de-do

do-de

do-di

do-du

do-de

do-do

 

 

 

 

 

pa- pa

pa-pi

pa-pu

pa-pe

pa-po

pi-pa

pi-pi

Pi-pu

Pi-pe

Pi-po

pu - pa

pu-pi

pu-pu

pu-pe

pu-po

pe-pa

pe-pi

pe-pu

pe-pe

pe-po

po-pa

po-pi

po-pu

po-pe

po-po

 

 

                                                                                                               Padang

                                                                                                               Guru Kelas


                                                                                                               Dra. Lifya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar