Nama sekolah | : | SLB Negeri 1 Padang |
Mata Pelajaran | : | Pengembangan Diri |
Jenis Kekhususan | : | Tunagrahita |
Alokasi Waktu | : | 4JP |
Materi | : | Makan dan minum |
1.Tujuan Pembelajaran
Melalui Vidio Animasi,tanyajawab,penugasan dan praktek siswa mampu makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang benar
2. Langkah Kegitan
1) Mengirimkan video animasi melalui whatsapp orang tua
2) Meminta orang tua mempelihatkan video pembelajaran yang dikirimkan
3) Meminta orang tua mengarahkan siswa untyuk mengenal peralatan makan
4) Siswa menyebutkan nama alat untuk makan
5) Siswa menyebutkan nama alat untuk minum
6) Siswa menunjukan alat makan dan minum
7) Meminta orang tua mendokumentasikan siswa mengambil piring dan gelas
8) Siswa menggunakan alat makan dan minum saat makan
9) Meminta orang tua mengirimkan kembali dokumentasi kepada guru
3.Refleksi dan konfirmasi
Refleksi pencapaian siswa /formatif asesmen,dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
4.Penilaian
1) Menunjukan alat makan dan minum
2)Menyebutkan nama alat untuk makan
3) Menyebutkan nama alat untuk minum
4) Mengambil gelas dan piring dari lemari
5) Mengunakan peralatan makan dan minum saat makan.
Padang, Juli 2020
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala Sekolah
Mul Mulyadi .S.Pd Dra. Lifya
NIP.197610172000121001 NIP.196604041994122002
Lampiran PPI Kelas II C SDLB
Pertemuan | Kegiatan Pembelajaran | Asesemen |
Minggu Pertama 1)Menyebutkan alat makan dan minum 2)Menggunakan alat makan dan minum
| 1) Memperhatikan video animasi 2) Menyebutkan nama alat untuk makan yang diperlihatkan 3) Menyebutkan nama alat untuk minum yang diperlihatkan 4) Menunjukan piring 5) Menunjukan gelas 6) Menggunakan piring dan gelas | 1. Menyebutkan alat makan dan minum 2. Menggunakan alat makan dan minum 3. Makan menggunakan tangan 4. Makan menggunakan alat (sendok, dan garpu)
5. Makan makanan berkuah 6. Makan makanan kemasan 7. Minum menggunakan gelas atau cangkir 8. Minum menggunakan sedotan 9. Minum minuman dalam kemasan 10. Melakukan tatacara makan dan minum dengan sopan |
LAMPIRAN PPI KELAS II SDLB TUNAGRAHITA
Skenario Pembelajaran,Pertemuan 1
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan awal Kegiatan di awali dengan menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan Inti 1.Melihat peralatan makan dan minum yang ada disekeliling 2.Memperhatikan alat makan dan minum 3.Menunjukan peralatan makan dan minum 4.Menggunakan peralatan makan dan minum Refleksi dan komfirmasi : Formatif Asesmen :1. Apakah seluruh siswa /sebagian besar/sebagian kecil sudah mampu makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang benar 2.Menggunakan alat makan dan minum Rencana Tindak Lanjut: Memberikan perbaikan dan pengayaan Membuat vidio animasi pembelajaran/atau materi bermain peran tentang makan dan minum Menggali perasaan siswa untuk self refleksen : Seberapa paham mereka tentang materi dengan metode yang di gunakan.
|
Asesmen Menyebutkan alat makan dan minum Menggunakan alat makan dan minum Makan menggunakan tangan Makan menggunakan alat (sendok, dan garpu) Makan makanan berkuah Makan makanan kemasan Minum menggunakan gelas atau cangkir minum menggunakan sedotan Minum minuman dalam kemasan Melakukan tatacara makan dan minum dengan sopan
Rubrik Kegiatan PBM tentang menunjukan alat makan dan minum ketahui dari video saat siswa diminta oleh orang tuanya mengambil piring dan gelas di lemari. Menggunakan alat makan dan minum Makan menggunakan alat diketahui berhasil tidaknya dari video yang dikirimkan oleh siswa.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar