Nama Sekolah | : | SLB Negeri 1 Padang |
Kelas/ Semester | : | II C/ I |
Alokasi Waktu | : | 22 Jam ( 5 x Pertemuan) |
Tema/ Sub Tema | : | Hidup Rukun/ Hidup rukun di rumah |
Kemampuan saat ini | : | 1. Mampu membilang 1-10 2. Motorik halus baik 3. Gerak lokomotor dan lokomotor baik 4. Mengenal anggota keluarga 5. Mengenal lambang Pancasila 6. Mampu membuat objek benda-benda dari media bahan lunak
|
Tujuan | Rencana Kegiatan | Penilaian |
Siswa tetap melakukan KBM di rumah walaupun dimasa pandemi dengan rukun. | Kegiatan Awal Ø Mengirimkan video animasi melalui whatsapp orang tua Ø Meminta orang tua mempelihatkan video animasi kepada anak Ø Meminta orang tua menyediakan benda-benda yang ada di sekitar rumah Ø Meminta orang tua menyediakan ruang untuk melakukan kegiatan Ø Meminta orang tua mendokumentasikan aktivitas hidup rukun siswa. Ø Meminta orang tua mengirimkan kembali dokumentasi kepada guru Ø Mendengarkan cerita animasi yang dikirimkan guru | Sikap · Religius · Mandiri · Kerjasama · Disiplin · Integritas |
1. Setelah memperhatiakan video pembelajaran diharapkan siswa dapat mengenal bilangan asli sampai 20 serta membilangnya. | Kegiatan Inti Pembelajaran 1 Ø Siswa mengenal bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
| Pengetahuan Menyebutkan nama bilangan asli sampai 10 |
2. Setelah mengamati vidio pembelajaran diharapkan siswa mengenal serta dapat membuat membentuk geometris dengan media atau bahan lunak (clay/tanahliat/tepung/plastisin) | Ø Menjelaskan arti montase dengan sederhana | Pengetahuan Sebutkanlah arti dari montase |
Ø Siswa membuat montase dari clay | Buatlah montase dari clay sesuai dengan pola | |
3.Setelah memperhatikan video animasi diharapkan siswa memahami teks deskriptif sederhana tentang anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah | Pembelajaran 2 Ø Siswa menyebutkan anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah
| Pengetahuan Sebutkanlah anggota keluargamu
|
| Ø Siswa menjawab pertanyaan tentang anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah | Jawablah pertanyaan tentang anggota keluargamu |
Ø Siswa menunjukan foto anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah | Keterampilan Tunjukanlah foto anggota keluargamu | |
Ø Siswa menyusun foto anggota keluarga dan menjelaskan dalam bahasa Indonesia secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah | Susunlah foto anggota keluargamu | |
4.Setelah menyaksikan vidio pembelajaran diharapkan siswa dapat mengenal montase | Ø Siswa menunjukan hasil montase yang terbuat dari tanah liat | Pengetahuan Tunjukanlah mana hasil montase yang terbuat dari tanah liat |
Ø Siswa menyebutkan bahan membuat montase dari tanah liat | Sebutkan bahan untuk membuat montase yang kamu lihat. | |
Ø Siswa memperhatikan cara membuat montase dari tanah liat
| Keterampilan Jelaskanlah cara membuat montase dari tanah liat
| |
Ø Siswa membuat montase dari tanah liat | Buatlah montase dari tanah liat sesuai dengan pola | |
5.Setelah mengamati video Animasi diharapkan siswa dapat menceritakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila | Pembelajaran 3 Ø Siswa memasangkan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
| Pengetahuan Cocokanlah gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
|
Ø Siswa mengurutkan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
| Urutkanlah gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
| |
Ø Siswa menceritakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
| Keterampilan Ceritakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
| |
Ø Siswa mewarnai gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila | Warnailah gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila | |
Setelah mengamati vidio pembelajaran diharapkan siswa mengenal serta dapat membuat membentuk geometris dengan media atau bahan lunak (clay/tanahliat/tepung/plastisin) | Ø Siswa menunjukan hasil montase yang terbuat dari tepung | Pengetahuan Tunjukan hasil montase yang terbuat dari tepung |
| Ø Siswa menyebutkan bahan membuat montase dari tepung | Sebutkanlah bahan membuat montase yang ada pada gambar |
| Ø Siswa memperhatikan cara membuat montase dari tepung
| Keterampilan Jelaskanlah cara membuat montase dari tepung
|
| Ø Siswa membuat montase dari tepung | Buatlah montase dari tepung sesuai pola |
6.Setelah memperhatikan video animasi diharapkan siswa mempraktekan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi | Pembelajaran 4 Ø Siswa menjelaskan variasi gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi
| Pengetahuan Jelaskanlah variasi gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi
|
| Ø Siswa menjelaskan variasi gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi
| Jelaskan variasi gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi |
| Ø Siswa mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi
| Keterampilan Praktikkan variasi gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi
|
| Siswa mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi | Praktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi |
Setelah mengamati vidio pembelajaran diharapkan siswa mengenal serta dapat membuat membentuk geometris dengan media atau bahan lunak (clay/tanahliat/tepung/plastisin) | Ø Siswa menunjukan hasil montase dari tepung | Pengetahuan tunjukanlah mana hasil montase yang terbuat dari tepung |
| Ø Siswa Menyebutkan bahan membuat montase dari tepung | Senyebutkan bahan untuk membuat montase sesuai gambar |
Ø Siswa memperhatikan cara membuat montase dari tepung
| Keterampilan Jelaskanlah cara membuat montase dari tepung
| |
Ø Siswa membuat montase dari tepung | Praktekanlah membuat montase dari tepung | |
Setelah mengamati vidio pembelajaran diharapkan siswa mengenalserta dapat membuat membentuk geometris dengan media atau bahan lunak (clay/tanahliat/tep\ung/plastisin) | Pembelajaran 5 Ø Siswa menunjukan hasil montase yang terrbuat dari platisin | Pengetahuan Tunjukan hasil montase yang terbuat dari platisin |
Ø Siswa Menyebutkan bahan membuat montase dari platisin | Senyebutkan bahan membuat montase yang kamu lihat | |
Ø Siswa memperhatikan cara membuat montase dari platisin
| Keterampilan Jelaskanlah cara membuat montase dari platisin
| |
Siswa membuat montase dari platisin | Buatlah montase dari bahan platisin | |
Mengetahui tentang materi yang telah dipelajari dan kesulitan yang dialami dari materi yang telah dipelajari, dengan harapan siswa memahami tentang semua materi yang telah disampaikan dan tidak memiliki kesulitan. | Kegiatan Penutup · Menceritakan materi yang telah dipelajari. · Membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari · Menjelaskan secara sederhana manfaat dari mempelajari materi untuk kehidupan sehari-hari. · Menanyakan tentang materi yang dianggap sulit oleh siswa. · Mendokumentasikan apa yang telah dipelajari di rumah. Oleh orang tua. · Meminta siswa untuk menjaga kebersihan tangan dan bersyukur.
Tindak Lanjut a. Remidial : Ditujukan kepada siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan. Remidial dilakukan dengan cara memberikan pembelajaran melalui penggunaan media dan metode yang lebih tepat, atau dengan memberikan tugas dan meminta siswa utuk terus mengulangnya dirumah. b. Pengayaan : dilakukan terhadap siswa yang telah mencapai KKM. Pengayaan dilakukan dengan memberikan tugas tambahan atau materi tambahan baik mencakup keluasan materi atau tingkat kesulitan yang lebih tinggi. | Sikap : · Disiplin dan bertanggung jawab
Keterampilan : · Berdoa setelah belajar Merapikan semua peralatan belajar |
Padang, Juli 2020
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala Sekolah
Mul Mulyadi .S.Pd Dra. Lifya
NIP.197610172000121001 NIP.196604041994122002
Lampiran
Pembagian Materi dan Waktu
Pertemuan | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | |
1 | 1 | Ø Mengenal bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain Ø Mengelompokan benda yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain Ø Membilang bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda- benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain Ø Menjodohkan bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda- benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
| Untuk semua Indikator Penilaian yang diberikan mencakup penilaian Pengetahuan dan Keterampilan Ø Nama bilangan asli sampai 10 Ø Menjodohkan bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda- benda disekitar |
Ø Menunjukan hasil montase Ø Menyebutkan bahan membuat montase Ø Memperhatikan cara membuat montase Ø Membuat montase | Mengenal bahan untuk membuat montase.
Membuat montase sesuai dengan bahan yang di berikan | ||
2. |
| Ø Menyebutkan anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah Ø Bertanya jawab tentang anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah Ø Menunjukan foto anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah Ø Menyusun foto anggota keluarga dan menjelaskan dalam bahasa Indonesia secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah | Menunjukan anggota keluarga
Mengadakan komunikasi dengan anggota keluarga
Menyebutkan panggilan anggota keluarga
Menyusun ranji anggota keluarga |
|
| Ø Menunjukan hasil montase Ø Menyebutkan bahan membuat montase Ø Memperhatikan cara membuat montase Membuat montase | Membuat montase sesuai dengan bahan yang diberikan |
3. |
|
Ø Memasangkan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila Ø Menceritakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila Ø Mengurutkan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila Ø Mewarnai gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila | Menjodohkan gambar pada lambang negara dengan sila Pancasila
Mewarnai gambar burung garuda |
Ø Menunjukan hasil montase Ø Menyebutkan bahan membuat montase Ø Memperhatikan cara membuat montaseMembuat montase | Mengenal bahan untuk membuat montase.
Membuat montase dengan bahan yang diberikan | ||
4. |
| Ø Menjelaskan variasi gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi Ø Menjelaskan variasi gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi Ø Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi Ø Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi | Melakukan variasi gerak lokomotor dan non lokomotor dalam bentuk permainan tradisional yang dimodifikasi
|
5. |
| Ø Menunjukan hasil montase Ø Menyebutkan bahan membuat montase Ø Memperhatikan cara membuat montase Membuat montase | Mengenal bahan untuk membuat montase. Membuat montase dari bahan yang diberikan. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar