Rabu, 18 November 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMA 1 SUB TEMA 1

 


Nama Sekolah

:

SLB Negeri 1 Padang

Kelas/ Semester

:

II C/ I

Alokasi Waktu

:

 22 Jam ( 5 x Pertemuan)

Tema/ Sub Tema

:

Hidup Rukun/ Hidup rukun di rumah

Kemampuan saat ini

:

1. Mampu membilang 1-10

2. Motorik halus baik

3. Gerak lokomotor dan lokomotor baik

4. Mengenal anggota keluarga

5. Mengenal lambang Pancasila

6. Mampu membuat objek benda-benda dari media bahan  lunak

 

 

 

Tujuan

Rencana Kegiatan

Penilaian

Siswa tetap melakukan KBM di rumah walaupun dimasa pandemi dengan rukun.

Kegiatan Awal

Ø Mengirimkan video animasi melalui whatsapp orang tua

Ø Meminta orang tua mempelihatkan video animasi kepada anak

Ø Meminta orang tua menyediakan benda-benda yang ada di sekitar rumah

Ø Meminta orang tua menyediakan ruang untuk melakukan kegiatan

Ø Meminta orang tua mendokumentasikan aktivitas hidup rukun siswa.

Ø Meminta orang tua mengirimkan kembali dokumentasi kepada guru

Ø Mendengarkan cerita animasi yang dikirimkan guru

Sikap

· Religius

· Mandiri

· Kerjasama

· Disiplin

· Integritas

1. Setelah memperhatiakan   video pembelajaran diharapkan siswa  dapat mengenal bilangan asli sampai 20 serta membilangnya.

Kegiatan Inti

Pembelajaran 1

Ø Siswa mengenal bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

 

Pengetahuan

Menyebutkan

nama bilangan asli sampai 10

2. Setelah mengamati vidio pembelajaran diharapkan siswa mengenal serta dapat membuat membentuk geometris dengan media atau bahan lunak (clay/tanahliat/tepung/plastisin)

Ø Menjelaskan arti  montase dengan sederhana

Pengetahuan

Sebutkanlah arti dari montase

Ø Siswa membuat montase dari clay

Buatlah montase dari clay sesuai dengan pola

3.Setelah memperhatikan video animasi diharapkan siswa memahami teks deskriptif sederhana tentang anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah

Pembelajaran 2

Ø Siswa menyebutkan anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah

 

Pengetahuan

Sebutkanlah anggota keluargamu 

 

 

Ø Siswa menjawab pertanyaan tentang anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah

Jawablah  pertanyaan tentang anggota keluargamu 

Ø Siswa menunjukan foto anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah

Keterampilan

Tunjukanlah foto anggota keluargamu

Ø Siswa menyusun foto anggota keluarga dan menjelaskan dalam bahasa Indonesia secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah

Susunlah foto anggota keluargamu

4.Setelah menyaksikan vidio pembelajaran diharapkan siswa dapat  mengenal montase

Ø Siswa menunjukan hasil montase yang terbuat dari tanah liat

Pengetahuan

Tunjukanlah mana  hasil montase yang terbuat dari tanah liat

Ø Siswa menyebutkan bahan membuat montase dari tanah liat

Sebutkan bahan untuk  membuat montase yang kamu lihat.

Ø Siswa memperhatikan cara membuat montase dari tanah liat

 

Keterampilan

Jelaskanlah cara membuat montase dari tanah liat

 

Ø Siswa membuat montase dari tanah liat

Buatlah montase dari tanah liat sesuai dengan pola

5.Setelah mengamati video Animasi diharapkan siswa dapat menceritakan hubungan gambar

pada lambang Negara dengan

sila-sila Pancasila

Pembelajaran 3

Ø Siswa memasangkan

gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

 

Pengetahuan

Cocokanlah

gambar pada lambang Negara

dengan sila-sila Pancasila

 

Ø Siswa mengurutkan

gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

 

Urutkanlah

gambar pada lambang Negara

dengan sila-sila Pancasila

 

Ø Siswa menceritakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

 

Keterampilan Ceritakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

 

Ø Siswa mewarnai gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

Warnailah gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

Setelah mengamati vidio pembelajaran diharapkan siswa mengenal serta dapat membuat membentuk geometris dengan media atau bahan lunak (clay/tanahliat/tepung/plastisin)

Ø Siswa menunjukan hasil montase yang terbuat dari tepung

Pengetahuan

Tunjukan hasil montase yang terbuat dari tepung

 

Ø Siswa menyebutkan bahan membuat montase dari tepung

 Sebutkanlah bahan membuat montase yang ada pada gambar

 

Ø Siswa memperhatikan cara membuat montase dari tepung

 

Keterampilan Jelaskanlah cara membuat montase dari tepung

 

 

Ø Siswa membuat montase dari tepung

Buatlah montase dari tepung sesuai pola

6.Setelah memperhatikan video animasi diharapkan siswa mempraktekan  variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau

permainan tradisional yang

dimodifikasi

Pembelajaran 4

Ø Siswa menjelaskan  variasi gerak dasar lokomotor  dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi

 

Pengetahuan

Jelaskanlah  variasi gerak dasar lokomotor  dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi

 

 

Ø Siswa menjelaskan variasi gerak dasar  non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi

 

Jelaskan variasi gerak dasar  non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi

 

Ø  Siswa mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor  dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi

 

Keterampilan

Praktikkan variasi gerak dasar lokomotor  dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi

 

 

Siswa mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan non

lokomotor dalam bentuk

permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang

dimodifikasi

Praktikkan variasi gerak

dasar lokomotor dan non

lokomotor dalam bentuk

permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang

dimodifikasi

Setelah mengamati vidio pembelajaran diharapkan siswa mengenal serta dapat membuat membentuk geometris dengan media atau bahan lunak (clay/tanahliat/tepung/plastisin)

Ø Siswa menunjukan hasil montase dari tepung

Pengetahuan tunjukanlah mana hasil montase yang terbuat dari tepung

 

 

Ø Siswa Menyebutkan bahan membuat montase dari tepung

Senyebutkan bahan untuk membuat montase sesuai gambar

Ø Siswa memperhatikan cara membuat montase dari tepung

 

Keterampilan

Jelaskanlah cara membuat montase dari tepung

 

Ø Siswa membuat montase dari tepung

Praktekanlah membuat montase dari tepung

Setelah mengamati vidio pembelajaran diharapkan siswa mengenalserta dapat membuat membentuk geometris dengan media atau bahan lunak (clay/tanahliat/tep\ung/plastisin)

Pembelajaran 5

Ø Siswa menunjukan hasil montase yang terrbuat dari platisin

Pengetahuan Tunjukan hasil montase yang terbuat dari platisin

Ø Siswa Menyebutkan bahan membuat montase dari platisin

Senyebutkan bahan membuat montase yang kamu lihat

Ø Siswa memperhatikan cara membuat montase dari platisin

 

Keterampilan

Jelaskanlah cara membuat montase dari platisin

 

Siswa membuat montase dari platisin

Buatlah montase dari bahan platisin

Mengetahui tentang materi yang telah dipelajari dan kesulitan yang dialami dari materi yang telah dipelajari, dengan harapan siswa memahami tentang semua materi yang telah disampaikan dan tidak memiliki kesulitan.

Kegiatan Penutup

· Menceritakan materi yang telah dipelajari.

· Membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari

· Menjelaskan secara sederhana manfaat dari mempelajari materi untuk kehidupan sehari-hari.

· Menanyakan tentang materi yang dianggap sulit oleh siswa.

· Mendokumentasikan apa yang telah dipelajari di rumah. Oleh orang tua.

· Meminta siswa untuk menjaga kebersihan tangan dan bersyukur.

 

Tindak Lanjut

a. Remidial :

   Ditujukan kepada siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan. Remidial dilakukan dengan cara memberikan pembelajaran melalui penggunaan media dan metode yang lebih tepat, atau dengan memberikan tugas dan meminta siswa utuk terus mengulangnya dirumah.

b. Pengayaan :

   dilakukan terhadap siswa yang telah mencapai KKM. Pengayaan dilakukan dengan memberikan tugas tambahan atau materi tambahan baik mencakup keluasan materi atau tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Sikap :

· Disiplin dan bertanggung jawab

 

Keterampilan :

· Berdoa setelah belajar

Merapikan semua peralatan belajar

 

Padang,          Juli 2020

Mengetahui,     Guru  Kelas

Kepala Sekolah

 

 

                                                                      

Mul Mulyadi .S.Pd Dra. Lifya

NIP.197610172000121001  NIP.196604041994122002

 

 

 

 

Lampiran

Pembagian Materi dan Waktu

Pertemuan

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

1

Ø Mengenal bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

Ø Mengelompokan benda yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain

Ø Membilang bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda- benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

Ø Menjodohkan bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda- benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

 

Untuk semua Indikator Penilaian yang diberikan mencakup penilaian Pengetahuan dan Keterampilan

Ø Nama bilangan asli sampai 10

Ø Menjodohkan bilangan asli sampai 10 dengan menggunakan benda- benda disekitar

Ø Menunjukan hasil montase

Ø Menyebutkan bahan membuat montase

Ø Memperhatikan cara membuat montase

Ø Membuat montase

Mengenal bahan untuk membuat montase.

 

Membuat montase sesuai dengan bahan yang di berikan

2.

 

Ø Menyebutkan anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah

Ø Bertanya jawab  tentang anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah

Ø Menunjukan foto anggota keluarga dalam bahasa Indonesia, secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah

Ø Menyusun foto anggota keluarga dan menjelaskan dalam bahasa Indonesia secara lisan dibantu dengan kosakata bahasa daerah

Menunjukan anggota keluarga

 

Mengadakan komunikasi dengan anggota keluarga

 

Menyebutkan panggilan anggota keluarga

 

Menyusun ranji anggota keluarga

 

 

Ø Menunjukan hasil montase

Ø Menyebutkan bahan membuat montase

Ø Memperhatikan cara membuat montase

Membuat montase

Membuat montase sesuai dengan bahan yang diberikan

3.

 

 

Ø Memasangkan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

Ø Menceritakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

Ø Mengurutkan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

Ø Mewarnai gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

Menjodohkan gambar pada lambang negara dengan sila Pancasila

 

Mewarnai gambar burung garuda

Ø Menunjukan hasil montase

Ø Menyebutkan bahan membuat montase

Ø Memperhatikan cara membuat montaseMembuat montase

Mengenal bahan untuk membuat montase.

 

Membuat montase dengan bahan yang diberikan

4.

 

Ø Menjelaskan  variasi gerak dasar lokomotor  dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi

Ø Menjelaskan variasi gerak dasar  non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi

Ø  Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor  dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang dimodifikasi

Ø Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional yang

dimodifikasi

Melakukan variasi gerak lokomotor dan non lokomotor dalam bentuk permainan tradisional yang dimodifikasi

 

 

5. 

 

Ø Menunjukan hasil montase

Ø Menyebutkan bahan membuat montase

Ø Memperhatikan cara membuat montase

Membuat montase

Mengenal bahan untuk membuat montase.

Membuat montase dari bahan yang diberikan.

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar