Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan
Pendidikan : SDLB
Kelas/Smt : D IITunagrahita/I
Tema :
Keluarga
Pelajaran : Matematika,
IPS
Alokasi Waktu :
2 x 30 menit
I.
Standar Kompetensi :
Matematika
Geometri
danpengukuran
2.
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat
dalam pemecahan masalah
IPS
4. Memahami sarana ibadah umum
II.
Kompetensi Dasar
·
Matematika
2.1
Mengenal alat ukur waktu dengan satuan jam
·
IPS
4.3 Mengenal sarana ibadah
III.
Indikator
1.
Membaca jam dengan tepat.
2.
Menjelaskan lama kegiatan
3.
Menyebutkan enam agama yang berkembang
di Indonesia
4.
Menyebutkan tempat beribadah umat
beragama
IV.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran
berakhir diharapkan siswa dapat :
1.
Membaca jam dengan tepat
2.
Menjelaskan lama kegiatan
3.
Menyebutkan enam agama yang berkembang
di Indonesia
4.
Menyebutkan tempat beribadah umat
beragama
V.
Materi Ajar
1.Membaca jam
Mari kita perhatikan waktu. Ketika
Ali bangun diwaktu subuh. Jarum panjang menunjukan angka 12. Jarum pendek
menunjuk angka 5. Jam tersebut menunjukan pukul lima ditulis pukul 5.00. Jam
seperti di atas disebut jam analog.
Perhatikan jam disamping. Jam
seperti disamping disebut jam digital.Jam digital hanya menunjukan angka
pokoknya saja.
Pada jam digital, dua angka didepan menunjukan jam, dua angka
dibelakang menunjukan menit. Jam digital di samping menunjukan jam berapa?
Bagaimana jika jarum panjang tidak
tepat diangka 12 ? Perhatikan gambar di
samping. Jarum panjang menunjuk angka 6.
Jarum pendek menunjuk antara angka 3 dan 4. Jam menunjukkan pukul tiga lewat
tiga pulah menit, atau setengah empat ,
ditulis pukul 4.30
2. Lama Kegiatan
Ali siswa dasar.
Ali pergi didikan subuh ke mesjid jan 5 pagi. Ia pulang didikan subuh pukul
tujuh pagi. Berapa lama ia didikan subuh dimesjid? Mari kita hitung dengan
jarum jam. Dari angka 5 ke angka 7. Jarum jam maju sebanyak dua kali atau ada
dua jam. Jadi Ali didikan subuh dimesjid dua jam
3. Agama dan tempat beribadah di Indonesia
pemerintah indonesia mengakui ada enam agama yang
berkembang di Indonesia agama itu adalah islam kristen katolik hindu buddha dan
konghucu umat islam beribadah dimesjid idul fitri dan idul adha adalah hari
raya umat islam umat kristen dan beribadah
di gereja natal dan paskah adalah hari raya umat Kristen dan katolik umat hindu
beribadah di pura nyepi dan galungan adalah hari raya umat hindu umat buddha
beribadah di wihara waisak adalah hari raya umat Buddha umat konghucu beribadat
di klenteng tahun baru imlek adalah hari raya umat konghucu.
VI.
Metoda dan Karakter yang diintegrasikan
No
|
Mata Pelajaran
|
Metode
|
KARAKTER YANG
DIINTEGRASIKAN
|
1.
|
Matematika
|
1.Ceramah
2.Tanya
jawab
4.
Pemberian tugas
5.Demontrasi
|
1. Teliti
2 Tekun
3. Kerja Keras
4. Pantang menyerah
|
|
IPS
|
1.Ceramah
2.Tanya
Jawab
3.Pemberian
tugas
|
1.
Peduli lingkungan
2.. Toleransi
3. Religius
4.
bersahabat
|
VII.
Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan Internalisasi Nilai
|
Nilai Yang
Ditanamkan
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
1.Guru membimbing siswa
Untuk berdoa
2.Guru mengajak anak untuk
Menabung
3.Guru mengkondisikan siswa untuk siap
menerima pelajaran
|
-Guru
membetulkan letak tangan siswa
dalam
berdoa
-Guru
memotifasi anak untuk menabung
-Guru
mengarahkan cara duduk yang baik
|
-Religius
-Hemat
-Disiplin
|
2.
|
Kegiatan Inti
I.Ekplorasi
A. Matematika
a.Menanyakan jam berapa Siswa
bangun pagi
b.Mencari informasi tentang benda yang
digunakan untuk mengetahui waktu
c.Mengadakan Tanya jawab tentang
bentuk jam yang ada dirumah
.IPS
a. Mengemukakan agama yang ditanyakan
guru
b.Memperhatikan gambar tempat ibadah
c. Mengemungkakan pendapat tentang
tempat ibadah
|
Guru
memancingsiswa untuk menjawab pertanyaan yang dikemukakan
Siswa
melakukan
Pengamatan
Guru
menyuruh siswa memperhatikan jam dinding
Siswa
mngemukakan agamanya
Guru
meragakan gambar
Guru meminta anak untuk mendiskusikan tentang
tempat ibadah
|
Rasa
ingin tahu
semangat
Saling menghargai
komunikatif
rasa
ingin tahu
Cermat
|
|
II, Elaborasi
Matematika
Memperhatikan cara melihat jam
Menentukan bentuk jam
Memperkirakan lama kegiatan
.IPS
Siswa secara bergantian menyebutkan macam-macam agama di Indonesia
Siswa menyebutkan tempat ibadah umat
beragama di Indonesia
|
Guru
bertanya jawab tentang bentuk jarum jam
Guru
memperlihatkan jam analog dan jam digital
Guru
mengemukan kegiatan yang dilakukan
Menentukan
Siswa
yang akan tampil dan mengoreksi jawaban siswa
Guru
memperlihatkan gambar tempat ibadah
|
Rasa
ingin tahu
Peduli
lingkungan
teliti
Cermat
Tertip
religius
|
|
III, Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
a.
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan dan tepuk tangan atas keberhasilan siswa
b.
Memberikan acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan
c.
Guru menjelaskan jawaban
Siswa
yang belum tepat
d.
Siswa
diperlihatan gambar-gambar sesuai dengan bahan ajar
e.
Guru memberikan penguatan kepada siswa
Atas
keberhasilan siswa dalam mencapai pembelajaran berupa tepuk tangan dan nilai
tertinggi.
|
Siswa
menerima penghargaan dari guru
Siswa
menerima dengan senang hati
|
Percaya
diri
kritis
Lapang
dada
|
3.
|
Kegiatan penutup
-Guru bersama siswa merangkum materi
-
- guru memberi tindak lanjut dengan
memberikan PR
|
Guru membuat kesimpulan tentang materi
pelajaran dan megajak siswa untuk rajin belajar dan mencari informasi
sebanyak-banyaknyanya.
|
semangat
|
VIII.
Sumber Belajar
1. Dunia Matematika. Untuk kelas 2. Platinum
3. Pkn Kelas 1Anis Kusumawardani
IX. Penilaian
Tes
A.Tertulis
Mengetahui
Kepsek
|
Padang, Juni 2013
Guru Kelas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar