Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan
Pendidikan : SDLB
Kelas/Smt : D I Tunagrahita/II
Tema :
Lingkungan
Pelajaran : IPA
:
Matematika
Alokasi Waktu : Satu Kali Pertemuan
(2 x 35 menit)
I.
Standar Kompetensi :
·
IPA
2. Memahami
berbagai macam benda dan wujud benda
·
Matematika
4. Mengenal
bilangan dan lambang bilangan
II.
Kompetensi Dasar
·
IPA
2.1 Menyebutkan berbagai benda yang
ada disekitar
·
Matematika
1. Membilang
banyak benda sampai 10
III.
Indikator
1.
Menyebutkan benda yang ada di dalam
kelas
2.
Menyebutkan benda yang ada diluar kelas
3.
Membilang banyak benda sampai 10
4.
Mencocokan bilangan dengan lambang
bilangan
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran
berakhir diharapkan siswa dapat :
1. Memahami
macam benda yang ada didalam kelas dan luar kelas
2. Membilang
banyak benda sampai 10
3. Mencocokan
bilangan dengan lambang bilangan
V.
Materi
Ajar
1. Benda
yang ada didalam kelas
a. meja
b. kursi
c. papan
tulis
d. buku
e. tas
lemari
f. G
g. pensil
2. Benda
yang ada di luar kelas
a. bunga
b. tempat
sampah
c. kursi
panjang
d. Papan
pengumuman
e. Alas
kaki
f. Tempat
parkir
3.
Vi. Metoda dan
Karakter yang diintegrasikan
No
|
Mata
Pelajaran
|
Metode
|
KARAKTER
YANG
DIINTEGRASIKAN
|
1.
|
IPA
|
1.Ceramah
2.Tanya jawab
3.Pemberian
tugas
|
1. Objektif
2 Peduli Lingkungan
3. jujur
|
2.
|
Bahasa Indonesia
|
1.Ceramah
2.Tanya Jawab
3.Pemberian
tugas
|
1.
Rasa ingin tahu
2.. kreatif
3. Komunikatif
|
VII. Kegiatan
Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
Internalisasi Nilai
|
Nilai
Yang
Ditanamkan
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
1.Guru membimbing siswa
Untuk berdoa
2.Guru mengajak anak untuk
Menabung
3.Guru mengkondisikan siswa untuk siap
menerima pelajaran
|
-Guru
membetulkan letak tangan siswa
dalam
berdoa
-Guru
memotifasi anak untuk menabung
-Guru
mengarahkan cara duduk yang baik
|
-Religius
-Hemat
-Disiplin
|
2.
|
Kegiatan Inti
I.Ekplorasi
A. IPA
a.Melibatkan peserta didik mencari informasi tentang binatang
peliharaan.
b.Mencari informasi tentang nama-nama
binatang
c.Mengadakan Tanya jawab tentang
binatang yang pernah dilihatnya di kebun binatang
A..Bahasa Indonesia
1. Mengadakan
pengamatan pada gambar binatang
2.Menanyakan kepada siswa
Binatang yang ada disekitar anak
4.Memberi kesempatan kepada anak untuk
menceritakan binatang yang dilihatnya dikebun binatang
|
Guru
mempelihatkan gambar pada siswa
Siswa
melakukan pengamatan
Guru
mengarahkan
Pelajaran
dengan bertanya jawab
Guru meminta anak untuk mendiskusikan hasil
pengamatan
Siswa
mengajukan
Nama – nama binatang yang diketahuinya
Guru
menuliskan nama-nama binatang yang disebutkan siswa
|
Rasa
ingin tahu
teliti
komunikatif
Rasa
ingin
Tahu
sopan
Cermat
|
|
II. Elaborasi
Bahasa Indonesia
Meniru tulisan yang dituliskan guru
Menuliskan tulisan yang didiktekan
guru
A. IPA
- Siwa menerka nama binatang yang disebutkan
ciri-cirinya oleh guru
-Secara bergantian siswa menuliskan
nama bagian tubuh hewan di papan tulis
|
Guru
memeriksa tulisan masing-masing siswa
Guru
mendiktekan tulisan yang akan dibuat siswa
Guru
mendeskripsikan
Cirri-ciri
binatang
Membimbing
siswa
Menuliskan
bagian dari tubuh hewan
|
Cinta
lingkungan
Cermat
Tertip
Cermat
|
|
III, Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
a.
Guru menyiapkan alat peraga sesuai dengan
indikatotor yang telah dicantumkan sesuai dengan mata pelajaran
b.
c.
Guru meragakan hasil pekerjaan siswa satu persatu
d.
Guru menjelaskan jawaban
Siswa yang
belum tepat
e.
Guru memberikan penguatan kepada siswa
Atas
keberhasilan siswa dalam mencapai pembelajaran berupa tepuk tangan dan nilai
tertinggi.
|
Siswa
memperhatikan masing-masing alat peraga
Siswa
menerima dengan lapang dada
|
Cermat
Pantang
menyerah
Lapang
dada
|
3.
|
Kegiatan penutup
-Guru bersama siswa merangkum materi
-Siswa merefleksi proses pembelajaran
- guru memberi tindak lanjut dengan
memberikan PR
|
Guru membuat kesimpulan tentang materi
pelajaran dan megajak siswa untuk rajin belajar dan mencari informasi
sebanyak-banyaknyanya.
|
semangat
|
VIII. Sumber Belajar
1. Bahasa Indonesia . Untuk kelas
3. Bumi aksara.
2. IPA SDA
IX.
Penilaian
Tes
Tertulis
Mengetahui
Kepsek. Padang,
Juni 2013
Guru Kelas
Evaluasi I
I.
IPA
II.
Tuliskan
kata- kata yang didiktekan berikut!
1.
Kuda
2.
gajah
3.
babi
4.
sapi
5.
badak
A.
Tuliskan
nama binatang sesuai dengan gambar berikut !
1.
2.
3.
4.
5.
III.
Matematika
A.
Jawablah
pertanyaan dibawah ini !
1.
Apa
ciri-ciri badak.....................................................................
2.
Binatang
apa yang mempunyai belalai…………………….
3.
Binatang
apa yang mempunyai cula........................................
4.
Sebutkan
dua ciri-ciri cecak………………………………..
5.
Binatang
yang diminum susunya oleh manuasia adalah…..
B.
Tuliskan
nama bagian tubuh hewan pada kotak yang tersedia !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar