Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tematik
(Hewan dan Tumbuhan)
Kelas Dasar II SEMESTER II
Tunagrahita
Dra LIFYA
TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SDLB
Kelas/Smt : D II C
Tema : Hewan
dan Tumbuhan
Hari/
Tgl :
Pelajaran :
Bahasa Indonesia dan Matematika
I.
Standar Kompetensi :
·
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
6. Memahami pesan pendek dan dongeng yang
didengar.
·
Matematika
Bilangan
3. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 20
II. Kompetensi Dasar
·
Bahasa Indonesia
Menceritakan isi dongeng dengan
kalimat sendiri
·
Matematika
3.3 Mencongak penjumlahan dan pengurangan sampai 10
III.
Indikator
1. Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru.
2. Menceritakan isi dongeng sesuai dengan gambar
3. Menjawab pertanyaan tentang isi
dongeng
4. Menjawab soal penjumlahan dengan
mencongak
5. Menjawab soal pengurangan dengan
mencongak
IV.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran
berakhir diharapkan anak dapat mencapai :
1.
Mendengar ,
mnceritakan dan menjawab dongeng yang dibacakan guru
2. Menjawab soal penjumlahan dan
pengurangan dengan mencongak
V. Materi Ajar
Mendengarkan dongeng
Sang Raja Hutan
Di sebuah hutan
tinggallah seekor Singa
Singa malas bekerja
Setiap lapar Singa minta
makan kepada serigala.
Akhirnya, binatang
dihutan itu habis.
Tinggallah seekor kerbau
yang besar dan gagah.
Sang raja hutan ingin
makan daging kerbau.
Ternyata Kerbau sangat
pandai.
Singa yang tadi malas harus
bekerja
Mencari rumput untuk
kerbau.
Setelah tiga hari singa
itu kelelahan.
Badannya lemas dan tiodak
bisa bergerak
Singa mati dan kerbaupun
selamat.
Menjawab pertanyaan
1.
Bagaimana sifat raja hutan?
2.
Siapa yang disuruh singa mencari makan?
3.
Kerbau meminta singa untuk apa?
4.
Apakah singa menyanggupi permintaan kerbau
5.
Apakah kerbau selamat?
Menceritakan dongeng sesuai dengan gambar
Mencongak
soal penjumlahan
Contoh
soal
Raja
hutan menangkap 234 babi rusa. Siangnya dapat lagi 118 ekor babi rusa
Berapa
ekor babi rusa yang ditangkap si raja hutan.
Jawab
2
3 4
1
1 5 +
3
4 9
Jadi,
babi rusa yang ditangkap si raja hutan 3
4 9.
VI. Metoda dan Karakter yang diintegrasikan
No
|
Mata Pelajaran
|
Metode
|
KARAKTER YANG
DIINTEGRASIKAN
|
1.
|
Bahasa Indonesia
|
1.Ceramah
2. Demontrasi
3.Tanya jawab
|
1. Jujur
2 Kerja keras
3 Toleransi
4 Peduli Lingkungan
|
2.
|
Matematika
|
1.Ceramah
2.Tanya Jawab
3.Pemberian
tugas
|
1.
Teliti
2.. Tekun
3. Rasa
ingin tahu
4. Pantang Menyerah
|
VII. Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
Internalisasi Nilai
|
Nilai
Yang
Ditanamkan
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
1.Mengomandokan siswa untuk berdoa
2.Guru mengabsen siswa
3.Guru menanyakan apakah siswa siap
menerima pelajaran
|
-Guru
membimbing siswa berdoa
-Guru
menanyakan siswa yang tidak hadir
Memberi
arahan
|
-Religius
-Peduli
sosial
-Disiplin
|
2.
|
Kegiatan Inti
I.Ekplorasi
A. Bahasa Indonesia
a.Meminta siswa mencari informasi dongeng yang pernah ia
dengar
b.Mengemukakan pendapat tentang dongeng
yang dikemukakan siswa
c.Mengadakan Tanya jawab tentang
dongeng
A..matematika
1. Mengarahkan
cerita dongeng kepada pelajaran matematika
|
Guru
mengadakan tanya jawab
Siswa
melakukan diskusi
Guru
mengarahkan
Pelajaran
dengan bertanya jawab
Guru mengajukan pertanyaan
|
Rasa
ingin tahu
teliti
komunikatif
Rasa
ingin
Tahu
|
|
II. Elaborasi
Bahasa Indonesia
Mendengarkan dongeng yang didongengkan guru
Mengemukakan pendapat tentang dongeng
yang di bacakan
Meminta siswa untuk menceritakan kembali
dongeng yang dibacakan
A. matematika
- Siswa mencongak bersama – bersama soal
yang dikemukakan guru
-Siswa menjawab soal-soal dengan
mencongak
|
Guru
mendongeng
Menunjuk
siswa untuk mengemukakan pendapat
Guru
menunjuk siswa yang akan tampil
Guru
membimbing siswa mencongak soal
penjumlahan dan pengurangan
Guru
memberikan pertanyaan
|
Peduli
lingkungan
Cermat
Tertip
Cermat
Tekun
|
|
III, Konfirmasi
Guru meminta siswa
memperhatikan gambar yang diperagakan guru
a. Guru
meragakan hasil ujian siswa satu
persatu
b. Guru
menjelaskan jawaban
Siswa
yang belum tepat
c. Guru
memberikan motifasi kepada siswa untuk berani tampil dan tidak boleh
ragu-ragu untuk mendongeng
|
Siswa di beri kesempatan untuk
menanggapi gambar
Siswa menerima dengan lapang dada
Siswa yang belum berani di beri
penguatan
|
Cermat
Pantang menyerah
Mandiri
|
3.
|
Kegiatan penutup
-Guru bersama siswa
menyimpulkan pelajaran
-Siswa menanggapi hasil
pelajaran
- guru memberi
pengayaan dengan memberikan PR
|
Membberi pesan moral
pada siswa
|
|
VIII. Sumber Belajar
1. Bahasa
Indonesiaku Untuk kelas II Karsidi,
Platinum
2.Dunia matematik II Indriyastuti , Platinum
IX.
Penilaian
Tes
Lisan
Tes Tertulis
Mengetahui
Kepsek. Padang, Juni 2014
Guru Kelas
Evaluasi I
I.
Bahasa Indonesia
A. Ceritakanlah
dongeng yang dibacakan guru mu dengan bahasa sendiri
Sesuai dengan gambar
B.
Jawablah
soal dibawah ini
1.
Bagaimana sifat sang raja hutan ……………………………………………………….
2.
Siapa yang disuruh Singa mencari
makanan..…………………………………..............
3.
Kerbau meminta Singa untuk ap………………………………………………..............
4.
Apakah Singa menyanggupi permintaan
Kerbau ………………………………………
5.
Apakah Kerbau selamat ,,,,,,,,….. ………………………………………………...........
C.
Matematika
1. Singa
menangkap 124 kelinci, Srigala juga menangkap 144 kelinci berapa kelinci yang
ditangkap?
2. Kerbau
mnyuruh Singa mencari 25 keranjang rumput. Hari kedua 35 keranjang lagi berapa keranjang rumput yang
harus dicari
3. Kerbau
mempunyai 50 ekor anak . Kerbau betina melahirkan 15 ekor berapa ekor jumlah kerbau semua
Proses
penilaian berlangsung saat anak mendongeng
Test
lisan
No
|
Aspek
Yg
Dinilai
|
siswa a
|
|
siswa
b
|
Siswa c
|
|||||
Bisa
|
TB
|
Bisa
|
TB
|
Bisa
|
TB
|
Bisa
|
TB
|
|||
1.
2.
|
Bercerita
secara urut
Bercerita
dengan jelas
Berbicara
tersendat sendat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bisa
nilainya 2
TB (tidak bisa ) nilainya 0
Skor penilaian
Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar