( By: Lifya)
Guru Pendidikan Khusus Berprestasi 2013 TK Nasional
Di
dalam Al-Quran dijelaskan kedudukan
orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan beberapa derajat baik di dunia
maupun di akhirat oleh Allah. Ilmu merupakan suatu fadilah dan kemuliaan yang
diberikan kepada siapa saja yang di kehendaki-Nya. Maka orang tersebut telah
mendapatkan suatu anugrah dan manfaat yang besar sekali dengan ilmu yang
diperolehnya yang merupakan jihad di jalan Allah swt . sehingga Allah meninggikan sederajat orang
yang berilmu itu .
Dengan ilmu seorang guru dapat meningkatkan dedikasi, prestasi kerja,
kemampuan professional dan mempertinggi harkat, martabatnya serta memperkuat rasa persatuan dan kesatuan nasional
melalui jalur pendidikan . Kepada guru yang telah melaksanakan tugas dengan penuh
pengabdian dan dedikasi yang tinggi sudah selayaknya mendapat penghargaan . Untuk mendapatkan
penghargaan tersebut maka guru diberi peluang untuk berkompetisi mulai dari
Kecamatan sampai tingkat Nasional.
Lomba
guru berprestasi sudah merupakan
kegiatan rutin setiap tahunnya jadi bukan merupakan kegiatan dadakan. Sehingga
apabila seorang guru diutus dari sekolahnya untuk mengikuti seleksi berarti
mereka sudah siap untuk berkompetensi.
Untuk
mencapai
tujuan tersebut diperlukan sebuah target baik target jangka pendek maupun
target jangka panjang. Target jangka panjang yang akan dicapai diharapkan bisa bermuara
sampai ketingkat Nasional dan meraih hasil yang
terbaik. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan diri demi
mencapai target ke Tingkat Nasional tersebut itu kembali kepada motifasi yang
datang dari guru tersebut. Sebaiknya terus berkarya dan jangan putus asa
apabila gagal ulangi terus jangan sampai berhenti apalagi mundur. Target jangka pendek dicapai dengan mempersiapkan
diri seiring dengan tugas yang diemban di sekolah . Tugas yang kian hari kian bertambah corak dan ragamnya akan menjadi
lebih berharga dengan cara mengemasnya menjadi bahan yang bernilai.
Hal
utama yang perlu dikatahui adalah mengenali
potensi diri sehingga bisa membuat guru tersebut lebih
unggul dari guru yang lainnya. Kelebihan itu bisa di portopolio , karya
inovatif bisa juga di saat persentasi. Dengan syarat semua yang dibuat disertai dengan bukti fisik yang sah dan pelaporan yang
benar.
Petunjuk pelaporan yang benar untuk pemilihan Guru Berprestasi setiap tahunnya
tidak jauh berbeda bisa didownload untuk dicermati agar mendapat gambaran bagaimana
mekanisme pemilihan guru berprestasi mulai dari tingkat Kecamatan sampai ketingkat
berikutnya. Setelah memperoleh petunjuk teknis untuk pemilihan Guru Berprestasi maka gambaran bagaimana cara dan mekanisme
pemilihan guru berprestasi baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat
berikutnya akan diketahui. Petunjuk teknis untuk kegiatan seleksi guru
berprestasi juga bisa didapatkan di
dinas pendidikan setiap akan dilaksanakan seleksi cuma sampai ke tangan guru sekitar satu bulan
bahkan kurang sebelum dilaksanakannya seleksi. Waktu satu bulan jelas tidak
akan menghasilkan hasil yang optimal. Sehingga saat pembekalan menuju ke Tingkat
Nasional banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari Portofolio, Penelitian
Tindakan Kelas, karya inovatif, presentasi PTK belum lagi mempelajari
teori-teori untuk menghadapi soal yang ratusan jumlahnya.
Berangkat
dari rasa yang diburu waktu tersebut penulis ingin berbagi pengalaman untuk
mempersiapkan segala sesuatunya. Sengaja pengalaman ini dituliskan agar bisa
menjangkau calon guru berprestasi dimana
saja. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sesuai dengan tahapan seleksi adalah
sebagai berikut:
1. Tes Tertulis
Tes ini dilalui mulai dari seleksi
dari kecamatan, kota sampai ke tingkat Nasional.Tes tertulis dilaksanakan untuk
penilaian unsur kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi
professional serta tes potensi akademik.
Kiat :
Kiat :
a. Agar nilai kompetensi pedagogik bisa
maksimal, maka kuasai semua unsur-unsur
kompetensi pedagogik.
b. Tes kompetensi pedagogik dapat pula
berupa soal uraian.
c. Tes kompetensi Kepribadian berupa
soal pilihan ganda (pilihan a,b,c,d dan e) sejumlah 150 butir soal dikerjakan
dalam waktu 60 menit. Jika waktu habis, petugas akan mengambil lembar jawaban
peserta walaupun soal belum dikerjakan. Untuk itu usahakan menjawab dengan
cepat dan akurat hindari mengulangi membaca soal karena akan buang-buang waktu
saja? Bertanya pada teman akan mengganggu
konsentrasi peserta lain. Jangan panik
menghadapi soal-soal karena ini akan memperburuk situasi.
d. Tes Profesional dapat berupa tes
number, atau tes numerik tergantung panitia. Bisa juga tes skolastic, psikotes,
menggambar dan sebagainya. Ini akan lebih mudah mengerjakannya dengan sering
melakukan latihan mengerjakan soal-soal yang bisa didapatkan ditoko buku.
e. Tes Potensi Akademik
Untuk bisa menangkap maksud dari soal dengan
cepat ini bisa melalui latihan membahas soal-soal yang
bisa didapatkan di toko buku.
2. Portofolio dan Piagam Penghargaan
Pembuatan portofolio pemilihan guru
berprestasi menurut penulis lebih baik
dibuat seperti pembuatan portofolio untuk
sertifikasi. Karena ini yang lebih
sistematis dan memudahkan penilai untuk menilainya. Boleh tidak sama, tetapi
secara garis besar harus memuat poin-poin tersebut. Prosedur dan cara pembuatan portofolio
biasanya terlampir dalam juknis pemilihan guru berprestasi ini bisa juga di
download. Jika tidak ada bisa meminjam berkas/arsip portofolio teman guru yang
sudah memasukan bahan sertifikasi secara
portopolio teman yang sudah pernah ikut
lomba yang isinya disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Pembuatan
portofolio usahakan dibuat sendiri agar datanya lebih akurat dan tidak
membingungkan saat wawancara di lakukan. Pengalaman ada peserta tidak tahu apa yang
dibuatnya dan tidak bisa menunjukan apa
yang diminta saat ujian wawancara dengan juri. Untuk penilaian portofolio ditingkat
Nasional bahan portofolio sudah diantarkan terlebih dahulu ke Jakarta oleh panitia di
Provinsi jadi tidak bersamaan dengan
peserta . Pengiriman ini sekitar dua minggu sebelum lomba ditingkat Nasional
dilaksanakan.. Dikarenakan tebalnya portofolio yang akan dinilai jilidlah
fortopolio itu menjadi beberapa bagian ada sepuluh kriteria dalam portofolio
itu yang bisa dipenggal menjadi empat atau tiga bagian.
Kiat :
Kiat :
a. Agar nilai portofolio bisa maksimal,
usahakan semua SK, ijazah, sertifikat, piagam dan tanda penghargaan dilampirkan
dan dilegalisir oleh kepala sekolah atau instansi yang bersangkutan.
b. Agar tidak didiskualifikasi, jangan
pernah mencoba menggunakan piagam atau sertifikat palsu biarlah sertifikat apa
adanya itu lebih sportif.
c. Susunlah portofolio itu dari tanggal
terbaru tidak dari tanggal terdahulu seperti dalam penyusunan portopolio untuk
serifikasi. Seandainya Tim penilai meminta 5 tahun terakhir atau delapan tahun
terakhir bahan yang dimasukan tinggal di garis oleh tim penilai.
d. Sertakan bukti fisik dan surat tugas
atau surat keterangan dari setiap
kegiatan yang dilakukan sebagai penguat piagam dan sertifikat akan lebih bagus
lagi disertai dengan foto.
e. Cantumkan dikulit pembatas setiap
bagian portofolio isi yang terkandung di dalam bagian itu misalnya. 1.
Ijazah, SK, dan sebagainya. Sehingga penilai dengan mudah mencantumkan nilai
dari portofolio per bab. Jadi tidak hanya lambang tutwurihandayani saja yang
dibuat pada halaman pembatas tersebut.
3. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
PTK dipersiapkan untuk seleksi guru
berprestasi mulai dari seleksi tingkat kecamatan
sampai tingkat Nasional. PTK yang akan dipresentasikan hanya satu. Tapi tidak
menutup kemungkinan untuk membuat PTK lebih dari satu yang dimasukana ke dalam
portopolio. Langkah yang paling tepat yang ditempuh adalah dengan membuat PTK
jauh sebelum seleksi diadakan. Hal ini agar PTK yang dibuat dapat
sempurna dan tidak menyita waktu saat mau seleksi, Karena tidak kunjung tuntas
atas perubahan dalam pelaporan . Pembuatan PTK semakin cepat akan semakin baik
tentunya. Langkah yang penulis tempuh dalam membuat PTK dengan cara meminta
tenaga ahli yang mengerti dengan tata cara membuat PTK untuk membimbing sehingga bisa sebagai tempat konsultasi dan membimbing dalam pembuatan PTK. Apabila susah untuk mendapatkan pembimbing
bisa mengikuti bimbingan KTI Online yang
diselenggarakan P4TKLB setiap tahunnya bimbingan dilakukan lewat email. PTK yang lebih dari satu bisa
dijadikan cadangan apabila terlalu banyak kekurangan yang ditemukan pada PTK
yang diajukan saat pembekalan. PTK yang disajikan hanya satu tapi yang lainnya bisa dimasukan kedalam laporan portofolio untuk
menambah nilai portofolio . Hasil penelitian yang telah dilakukan bisa juga dibuatkan
jurnalnya untuk penambah nilai. Jangan lupa PTK yang sudah selesai dibuat
disyahkan oleh Kepala Sekolah dan diketahui oleh Kepala UPT masing-masing. Bagaimana
cara pembuatan PTK yang sesuai prosedur, silakan pelajari Rambu-rambu Penulisan
PTK.
Masalah yang akan diangkat dalam
Penelitian Tindakan Kelas adalah berkaitan dengan kendala pada materi
pembelajaran di kelas dan apa solusi yang ditempuh, tingkat urgensinya tinggi,
bisa juga untuk mengetahui tingkat efektifitas suatu metode,
model atau media pembelajaran yang dibuat.
Kiat : Agar nilai pembuatan PTK dapat maksimal sebaiknya pelajari
dahulu cara, metode dan prosedur pembuatan PTK. Seorang guru bisa juga membeli
buku pembuatan PTK di toko, atau meminjam PTK peserta yang pernah maju lomba
tapi bukan untuk meniru/menjiplak hanya sekedar melihat kerangka, cara
penulisan dan pemilihan materi saja . Hal yang lebih disukai oleh tim penilai merupakan
penemuan baru bisa berupa alat peraga
atau karya inovatif lainnya sehingga akan mendapat dua poin satu berupa laporan
penelitian dan satu lagi nilai membuat alat peraga atau media pembelajaran.
4. Presentasi PTK/Karya Inovatif ( Tes Unjuk Kerja)
Setelah PTK selesai maka segera buatkan bahan presentasi. Biasanya menggunakan Microsoft
Powerpoint 2007 . Bahan presentasi tidak perlu terlalu panjang dan mendetail,
tetapi secara garis besar saja. Sajikan foto-foto yang dapat membantu untuk
memperjelas PTK yang dibuat karena
melalui foto-foto banyak pesan yang bisa disampaikan. Hal ini karena waktu
presentasi biasanya dibatasi hanya sekitar 10 sampai 15 menit saja. Bahan
presentasi ditampilkan yang pokok-pokok saja tetapi sudah bisa menggambarkan
isi dari keseluruhan PTK/Karya inovatif yang dibuat.
Kiat :
a. Langkah awal yang bijak adalah
segera mempelajari bagaimana menggunakan Microsoft Powerpoint . Semakin lama
memakai dan berlatih maka akan semakin mahir dan luwes. Supaya tidak canggung lakukan
latihan seperti layaknya di depan forum.
b. Saat lomba seluruh peserta
mempersiapkan seluruh materi presentasi beserta alat-alatnya secara mandiri tanpa
bantuan orang lain. Karena hal ini termasuk penilaian tentang “penggunaan media.”Jadi
ketika akan presentasi peserta wajib merangkai, membuat koneksi Laptop dan LCD
proyektor secara mandiri. Jika peserta gagal membuat koneksi dan LCD proyektor
sehingga tidak bisa menampilkan gambar/display, maka peserta mempresentasikan
PTK/Karya Inovasinya tanpa menggunakan LCD proyektor tetapi dilakukan secara
manual/ceramah biasa. Hal ini tentu saja mengurangi nilai dan mempersulit
dalam presentasi.
c. Masukan nuansa budaya daerah di
tempat berasal ke dalam pawerpoint yang di buat.
d. Susun presentasi yang runtut mulai
dari : Pendahuluan/latar belakang pemilihan judul.
Landasan Teori/pengajuan hipotesis.Metodologi Penelitian.Hasil Penelitian dan pembahasan. Penutup dan kesimpulan.
Landasan Teori/pengajuan hipotesis.Metodologi Penelitian.Hasil Penelitian dan pembahasan. Penutup dan kesimpulan.
e. Untuk berjaga-jaga pindahkan materi presentasi yang sudah jadi
dalam bentuk CD. Bisa juga membuat
salinan/copyannya ke flashdisc.
f. Usahakan saat presentasi sebisa
mungkin menjawab pertanyaan dewan juri secara cepat, tepat dan proporsional
sesuai dengan isi PTK dengan rendah
hati. Jawaban yang ragu-ragu akan
menimbulkan berbagai pertanyaan susulan dan ketidak percayaan dewan juri.
4. Tes
Wawancara dan Tes Apraisal
Tes wawancara meliputi kompetensi
sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi
profesional. Soal setiap juri berbeda-beda tergantung kemana jawaban digiring..
Juri mempunyai kewenangan seluas-luasnya untuk mengembangkan pertanyaan dan
tidak dapat diganggu gugat. Saat melakukan Tes Apraisal peserta diminta
memperlihatkan segala yang bersangkutan dengan tugas seorang guru. Kiat :
a. Agar nilai wawancara dapat maksimal
usahakan dapat menjawab semua pertanyaan juri dengan kalimat efektif secara
tepat akurat dan logis. Jawaban yang terlalu panjang dan bertele-tele pada
umumnya kurang disukai dan kadang malah menyulitkan diri sendiri.
b. Usahakan jawaban dalam wawancara apa
adanya dan pencerminan hati dari pemikiran yang murni . Seandainya juri
bertanya tentang keterampilan yang dilaporkan dan meraih juara, maka dewan juri
tidak segan-segan menyuruh mendemonstrasikan guru dalam melatih siswa tersebut membuat
keterampilan. Jika dirasa kurang pas, maka bisa diartikan melakukan rekayasa dan manipulasi. Sebaiknya
hindari itu. Guru berprestasi tidak diukur dari intelektualnya saja, namun
sikap dan kepribadian yang santun, jujur dan berbudipekerti luhurlah yang
menjadi acuannya.
c. Bawalah semua arsip yang ada mulai dari absen siswa
sampai buku sumber yang digunakan minimal arsip satu tahun saat tes Apraisal
ini dilakukan saat seleksi Tingkat kota dan Tingkat Provinsi.
5. Karya Tulis
Karya Tulis berkaitan dengan Artikel
Pendidikan , opini dan bisa juga Karya
Sastra yang dibuat dalam rentang waktu tertentu. Kiat :
a. Agar nilainya bisa maksimal kirimkan
artikel pendidikan di berbagai media
cetak dan tidak hanya sekali. Usahakan pula menulis di media cetak yang sudah
mempunyai ISSN. Atau ISBN Jika kesulitan maka bisa berlatih menulis dengan
membuat blog lewat internet. Cantumkan alamat web. yang memuat tulisan tadi
dikolom yang sudah tersedia.
b. Untuk Karya Sastra bisa berbentuk
cerpen, cermin atau puisi
c. Buku-buku pelajaran, diktat,
modul yang dibuat juga bisa diajukan
sebagai hasil tulisan asal sesuai dengan rambu-rambu penulisan yang berlaku.
d. Jangan lupa melampirkan karya
tersebut dengan mengkofinya sertakan
nama Majalah , Koran atau jurnal yang memuat tulis itu dan disahkan Kepala Sekolah.
6. Persiapan Alat
Pada saat hari “H” pemilihan guru
berprestasi kelengkapan alat sangat membantu kinerja peserta guru berprestasi.
Perlengkapan yang kurang akan mempengaruhi cara kerja, waktu dan tenaga.
Sehingga pemanfaatan waktu menjadi kurang efektif dan efisien. Perlengkapan apa
sajakah yang harus dipersiapkan?
a. Laptop dan flashdisc (penyimpan
data)
Dalam
pemilihan guru berprestasi pengadaan laptop mutlak diperlukan akan lebih serasi
apabila menggunakan laptop sendiri. Panitia biasanya hanya menyediakan In Focus, sediakan Flashdisc sebagai media
penyimpanan data cadangan untuk mengatasi masalah yang tak terduga. Kiat :
Bukan
berarti jadi Guru berprestasi harus membeli laptop bisa dengan meminjam punya
saudara. Tetapi di zaman sekarang laptop
bukan barang Lux lagi membeli sendiri merupakan suatu tindakan professional
yang bisa diperguanakan untuk mempersiapkan bahan ujian jauh – jauh hari.
b. Jangan lupa membawa alat tulis
menulis seperti ballpoint, pensil, penggaris, busur, penghapus/tipe ex, dan
sebagainya. Usahakan jangan sampai meminjam alat tulis peserta lain pada saat
tes karena akan mengganggu kinerja dan konsentrasi diri sendiri dan peserta
lain.
c. Untuk Lomba Tingkat Nasional yang
tak kalah penting yang harus dipersiapkan adalah pakaian. Walaupun peserta
mendapat stelan jas dan baju batik pakaian lain juga harus dipersiapkan
mengingat lama kegiatan sekitar sembilan hari. Pakaian yang utama yang harus dipersiapkan adalah beberapa
buah kemeja putih , kerudung putih bagi yang berkerudung dan peci untuk peserta
laki-laki. Karena selama seleksi
tidak diizinkan keluar dan susah
untuk mendapatkan kemeja putih dihotel kalaupun ada tentu akan mahal. Sepatu
cadangan yang tidak terlalu
tinggi juga diperlukan untuk berolah raga dan melakukan karya wisata.
d. Lain-lain yang dirasa perlu yaitu
untuk mengatur jadwal seefektif mungkin, Usahakan bangun pagi kondisikan diri
siap untuk keluar kamar dengan pakaian yang rapi karena kita sering secara
mendadak dipanggil ke sekretariat . Serta jangan lupa meminta nomor HP peserta lain dan memberikan nomor HP sendiri karena
ini sangat berguna sekali. Sekurang-kurangnya peserta mempunyai no HP ketua
Kelas.
.
Demikianlah selama usaha terbaik sudah dilakukan dan doa terkhusuk sudah dipanjatkan sisi sepenuhnya kepada Allah SWT saja keputusan “ terindah” kita serahkan bukan karena ingin menggurui tetapi ingin sedikit berbagi. Mudah-mudahan Tuhan melimpahkan Rahmat dan hidayahnya kepada kita semua dan terpilih menjadi juara sampai ketingkat nasional. Sehingga Rahmat yang berlimpah tercurah kepada kita semua.
Demikianlah selama usaha terbaik sudah dilakukan dan doa terkhusuk sudah dipanjatkan sisi sepenuhnya kepada Allah SWT saja keputusan “ terindah” kita serahkan bukan karena ingin menggurui tetapi ingin sedikit berbagi. Mudah-mudahan Tuhan melimpahkan Rahmat dan hidayahnya kepada kita semua dan terpilih menjadi juara sampai ketingkat nasional. Sehingga Rahmat yang berlimpah tercurah kepada kita semua.
Semoga kita termasuk orang-orang yang dikehendaki Allah
untuk mendapat hidayahnya. Amin.
Penulis bernama Lifya Aktif menulis di Website
: lifyasofyan.blogspot.com , aktif mengikuti event menulis di media cetak
maupun elektronik. Komunikasi bisa lewat Facebook atau email dralifya@ymail.com.
Tulisannya juga lolos event
Champion Teachers Competition 2015 dan
menjadi tulisan terbaik.
Selain
menjadi penulis, juga menjadi guru Anak Berkebutuhan Khusus dan pernah menjadi
guru berprestasi tingkat nasional tahun 2013. Pernah mendapat undangan di
Jepang serta pernah mendapat penghargaan untuk melaksanakan Umrah ke tanah
Suci. Mendapat Penghargaan Satyalancana Guru Berprestasi karena tetap eksis
berkarya th 2015
Penulis
juga mengikuti banyak forum kepenulisan, menjadi pegiat FAM yang mengantongi Nomor IDFAM 29800. Juga anggota.HIPSI
dengan no ID0097/HIPSI/2014.
dan ikut group
kepenulisan lainnya. Untuk memotifasi dan saling berbagi info tentang dunia
literasi.
Alamat
Penulis Jl. Koto Panjang No 31 RT 02 RW08 Pauh Padang Sumatera Barat, (Depan
Sanggar Randai Palito Nyalo Kampus UNAND) HP. 085263067417
Terus semangat bu lifya,,, bu lifya selalu berkarya, dan menginspirasi kami semua untuk terus berkarya, rendah hati da berjiwa mulia, Semoga Allah selalu memberikan kebahagian dan kemudahan dalam segala hal kepada b. Liya. Aamiin
BalasHapusThank's banget, sy mndapat bbrp msukan.
BalasHapusThank's banget, sy mndapat bbrp msukan.
BalasHapusTerima kasih. sangat inspiratif buat saya.
BalasHapusTerimakasih sekali Uni Lifya, motivator guru-guru.. Love you Ibu..
BalasHapusMakasih bu atas tulisannya. Dapat membuka wawasan untuk berbuat
BalasHapusterima kasih bunda, tulisannya menginspirasi. sukses buat bunda dan sehat selalu. Aamiin...
BalasHapus