Kamis, 17 Mei 2012

Buku Pedoman Guru Pelajaran Matematika Kelas 5 Dasar Semester I Tunagrahita


TEMA 1
 PERISTIWA

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Karakter Yang diintegrasikan
1.
Melakukan perhitungan bilangan bulat dalam pemecahan masalah sampai 600
1.1 Membaca bilangan bulat
Teliti
Tekun
1.2 Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan
Rasa ingin tahu
Kerja keras
1.3 Melakukan penjumlahan  3 angka dengan 3 angka menggunakan tehnik menyimpan 2 kali
Pantang menyerah

Indikator :
1.      Membaca bilangan bulat
2.      Menulis lambang bilangan
3.      Menulis nama bilangan
4.      Mengenal nilai tempat ratusan, puluhan, satuan.
5.      Melakukan penjumlahan 3 angka dengan3 angka dengan tehnik menyimpan dua kali


Bilangan Bulat 100 sampai 600
1.1            Bilangan dan Lambangnya
Mengenal Bilangan 101 – 600
1.1.1       Membaca Bilangan Bulat

Contoh :
101  dibaca “ seratus satu”
125  dibaca “ seratus dua puluh lima”
373  dibaca “ tiga ratus tujuh puluh tiga”
Soal  I
1.      Bacalah setiap lambang bilangan berikut !
a.       dari kiri ke kanan
b.      dari atas ke bawah
c.       dari kanan ke kiri
d.      dari bawah ke atas

101
102
103
104
105
106
107
108
109
110
111
112
113
114
115
116
117
118
119
120
121
122
123
124
125
126
127
128
129
130
131
132
133
134
135
136
137
138
139
140
141
142
143
144
145
146
147
148
149
150
151
152
153
154
155
156
157
158
159
160
161
162
163
164
165
166
167
168
169
170
171
172
173
174
175
176
177
178
179
180
181
182
183
184
185
186
187
188
189
190
191
192
193
194
195
196
197
198
199
200

2.      Sebutkanlah bilangan mulai dari :

a.     101 sampai dengan 110                      
b.     111 sampai dengan 120                        
c.      121 sampai dengan 130                        
d.     131 sampai dengan 140
e.      141 sampai  150                           
f.       151 sampai dengan 160
g.     161 sampai dengan 170
h.     171 sampai dengan  180
i.       181 sampai dengan 190
j.        191 sampai dengan 200






  Soal II
1.      Sebutkanlah bilangan mulai dari :
a.     201 sampai dengan 210
b.    211 sampai dengan 220
c.     221 sampai dengan 230
d.    231 sampai dengan 240
e.  241 sampai   250           
f.      251 sampai dengan 260
g.     261 sampai dengan 270
h.    271 sampai dengan 280
i.       280 sampai dengan 290
j.       291 sampai dengan 300

2.      Bacalah setiap bilangan berikut ini !
a.       dari kiri ke kanan               
b.      dari atas ke bawah
c.       dari kanan ke kiri
d.      dari bawah ke atas

201
202
203
204
205
206
207
208
209
210
211
212
213
214
215
216
217
218
219
220
221
222
223
224
225
226
227
228
229
230
231
232
233
234
235
236
237
238
239
240
241
242
243
244
245
246
247
248
249
250
251
152
253
254
255
256
257
258
259
260
261
262
263
264
265
266
267
268
269
270
271
272
273
274
275
276
277
278
279
280
281
282
283
284
285
286
287
288
289
290
291
292
293
294
295
296
297
298
299
300





Soal III
1.      Sebutkan bilangan berikut :

a.     301 sampai dengan 310
b.    311 sampai dengan 320
c.     321 sampai dengan 330
d.    331 sampai dengan 340
e.     341 sampai dengan 350          
f.      351 sampai dengan 360
g.     361sampai dengan 370
h.    371sampai dengan 380
i.       381 sampai dengan 390
j.       391 sampai dengan 400

2.      Bacalah setiap bilangan berikut
a.       dari kiri ke kanan
b.      dari atas ke bawah
c.       dari kanan ke kiri
d.      dari bawah ke atas

301
302
303
304
305
306
307
308
309
310
311
312
313
314
315
316
317
318
319
320
321
322
323
325
325
326
327
328
329
330
331
332
333
334
335
336
337
338
339
340
341
342
343
344
345
346
347
348
349
350
351
352
353
354
355
356
357
358
359
360
361
362
363
364
365
366
367
368
369
370
371
372
373
374
375
376
377
378
379
380
381
382
383
384
385
386
387
388
389
390
391
392
393
394
395
396
397
398
399
400

3.      Lengkapilah tabel dibawah ini
301
302

304

306
307
308
309
310

312


315
316


319

321

323
325
325
326
327
328

330
331
332

334


337

339
340


343

345
346

348



352
353
354


357

359

361
362


365
366

368

370


373
374
375
376
377

379
380
381
382

384



388




393

395
396
397
398
399
400

Soal IV
1.      Sebutkan bilangan berikut :

a.     401 sampai dengan 410
b.     411 sampai dengan 420
c.      421 sampai dengan 430
d.     431 sampai dengan 440
e.    441 sampai dengan 450                        
f.       451 sampai dengan 460
g.     461 sampai dengan 470
h.     471 sampai dengan 480
i.       481 sampai dengan 490
j.       491 sampai dengan 500
2.      Bacalah setiap bilangan berikut :
a.       dari kiri ke kanan
b.      dari atas ke bawah
c.       dari kanan ke kiri
d.      dari bawah ke atas

401
402
403
404
405
406
407
408
409
410
411
412
413
414
415
416
417
418
419
420
421
422
423
425
425
426
427
428
429
430
431
432
433
434
435
436
437
438
439
440
441
442
443
444
445
446
447
448
449
450
451
452
453
454
455
456
457
458
459
460
461
462
463
464
465
466
467
468
469
470
471
472
473
474
475
476
477
478
479
480
481
482
483
484
485
486
487
488
489
490
491
492
493
494
495
496
497
498
499
500

3.      Salinlah bilangan berikut
a.     401 sampai dengan 410
b.    411 sampai dengan 420
c.     421 sampai dengan 430
d.    431 sampai dengan 440
e.     441 sampai dengan 450
f.      451 sampai dengan 460
g.     461 sampai dengan 470
h.    471 sampai dengan 480
i.       481 sampai dengan 490
j.       491 sampai dengan 500

Soal V
1.      Sebutkan bilangan berikut :

a.     501 sampai dengan 510
b.    511 sampai dengan 520  
c.     521 sampai dengan 530  
d.    531 sampai dengan 540
e.     541 sampai dengan 550
f.      551 sampai dengan 560
g.     561sampai dengan 570
h.    571sampai dengan 580
i.       581 sampai dengan 590
j.       591 sampai dengan 600

2.      Bacalah setiap bilangan berikut :
a.       dari kiri ke kanan
b.      dari atas ke bawah
c.       dari kanan ke kiri
d.      dari bawah ke atas      
501
502
503
504
505
506
507
508
509
510
511
512
513
514
515
516
517
518
519
520
521
522
523
525
525
526
527
528
529
530
531
532
533
534
535
536
537
538
539
540
541
542
543
544
545
546
547
548
549
550
551
552
553
554
555
556
557
558
559
560
561
562
563
564
565
566
567
568
569
570
571
572
573
574
575
576
577
578
579
580
581
582
583
584
585
586
587
588
589
590
591
592
593
594
595
596
597
598
599
600

3.      Salinlah bilangan berikut :

a.     501 sampai dengan 510
b.     511 sampai dengan 520  
c.      521 sampai dengan 530  
d.     531 sampai dengan 540
e.      541 sampai dengan 550
f.       551 sampai dengan 560
g.     561sampai dengan 570
h.     571sampai dengan 580
i.       581 sampai dengan 590
j.       591 sampai dengan 600

1.1.2 Menulis lambang Bilangan
    Contoh  : 100  dan 240






Soal  I
Tulislah bilangan-bilangan :
a.     Dari 101 sampai 110
b.     Dari 211 sampai 220
c.      Dari 241 sampai 250
d.     Dari 321sampai 330
e.      Dari 331 sampai 340
f.       Dari 261 sampai 270
g.     Dari 281 sampai 290
h.     Dari 121 sampai 130
i.       Dari 371 sampai 380
j.       Dari 401 sampai 410
Soal II
Tulislah bilangan-bilangan :
a.     Dari 421 sampai 430
b.     Dari 351 sampai 360
c.     Dari 271 sampai 280
d.     Dari 381 sampai 390 
e.      Dari 361 sampai 370          
f.       Dari 501 sampai 510
g.     Dari 521 sampai 530
h.     Dari 451 sampai 460
i.       Dari  471 sampai 480
j.       Dari 581 sampai 590
                                     
1.1.3 Menulis Nama Bilangan
Contoh : 381 nama bilangannya “ tiga ratus satu”
               284 nama bilangannya “ dua ratus delapan empat”

Soal I
Tulislah nama bilangan !
a.     287
b.     453
c.      387
d.     321
e.      586
f.       342
g.     457
h.     547
i.       536
j.       224

Soal b
 Tulislah nama bilangan !
a.     467  
b.     543  
c.      265
d.     579
e.      539
f.       344
g.     567
h.     453
i.       298
j.       452

 Soal III
Tulislah bilangan-bilangan yang namanya dibawah ini !
1.     Empat ratus dua
2.     Tiga ratus lima
3.     Lima ratus tujuh
4.     Lima ratus Sembilan puluh enam
5.     Tiga ratus dua puluh
6.     Seratus enam puluh tujuh
7.     Tiga ratus tujuh puluh dua
8.     Empat ratus delapan puluh Sembilan
9.     Dua ratus delapan puluh Satu
10.       Empat ratus satu
Soal IV
Tulislah bilangan-bilangan yang namanya dibawah ini :
1.     Seratus lima puluh delapan
2.     Dua ratus lima puluh enam
3.     Tiga ratus tujuh puluh enam
4.     Lima ratus dua puluh empat
5.     Empat ratus delapan sembilan
6.     Lima ratus tujuh puluh
7.     Empat ratus delapan puluh satu
8.     Tiga ratus sembilan puluh sembilan
9.     Empat ratus tiga puluh dua
10.                        Tiga ratus sembilan puluh sembilan.

1.2            Nilai Tempat
Mengenal Nilai Tempat : Ratusan, Puluhan, Satuan

Contoh:
325             satuan                         jadi bilangan 325
                   puluhan                      satuan 5 nilainya 5
                   ratusan                       puluhan 2 nilainya 20
                                                      ratusan 3  nilainya 300
Soal I
Kerjakanlah     !                                                
1.    Bilangan 234
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…….

2.    Bilangan 467
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…….

3.    Bilangan 334
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…….

4.    Bilangan 396
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…….

5.    Bilangan 450
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…

6.    Bilangan275
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…….
7.    Bilangan 439
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…….

8.    Bilangan 124
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…….

9.    Bilangan 324
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…….

10.     Bilangan 565
satuannya….., nilainya …….
puluhannya….., nilainya……
ratusannya….., nilainya…
Soal II
Isilah…!
No
Ratusan
Puluhan
Satuan
Bilangan
1.
3
8
6
386
2.
4
5
3
……
3.
…….
……
…..
554
4.
…….
……
…..
498
5.
2
7
5
……
6.
1
8
4
…..
7.
…..
…….
……
453
8.
…..
…….
…….
564
9.
5
4
4
…..
10.
4
9
0
…..
Soal III
Isilah…!
No
Ratusan
Puluhan
Satuan
Bilangan
1.
5
8
7
587
2.
3
4
3
……
3.
…….
……
…..
409
4.
…….
……
…..
329
5.
3
2
9
……
6.
5
3
2
…..
7.
…..
…….
……
534
8.
…..
…….
…….
490
9.
3
1
9
…..
10.
3
8
3
…..

1.3            Menjumlahkan dengan Dua kali Teknik Menyimpan
 1.3.1 Dua Bilangan Tiga Angka
Contoh
257 + 268 = 525

257                           satuan          : 7 + 8  = 5  simpan 1 puluhan
268 +                        puluhan       : 1 (simpanan) + 5 + 6 = 2
525                                                  simpan 1 ratusan
                                 ratusan        :  1(simpanan) + 2 + 2  = 5
                                 Hasil           :   525



Soal I
Jumlahkanlah!
1.    347 + 264 =                 347                          324                    369
                                   264  +                      297 +                243 +

2.    324 + 297 =

3.    369 + 243 =

4.    246 + 174 =                246                           379
                                  174 +                        153+

5.    379 + 153 =

Soal II
Jumlahkanlah!
1.    166 + 357 =               166                        239                     321
                                 357 +                    278 +                  186 +
2.    239 + 278 =

3.    321 + 186 =

4.    253 + 269 =              253                              178
                                          269 +                           367+
5.    178 + 367 =



Soal III
Jumlahkanlah!
1.    396 + 124 =                  396                            243                  368
                                    124 +                         269+                176+
2.    243 + 269 =

3.    368 + 176 =

4.    298 + 274 =                   298                            374
                                     274 +                         246+
5.    374 + 246 =

Soal IV
Jumlahkanlah!
1.    178 + 296 =               178                      267                  394
 296+                   279+                187+

2.    394 + 187 =

3.    385 + 234 =               385                            298
                                              234 +                         124+
4.    298  + 124 =





TEMA 2
TRANSPORTASI

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Karakter Yang diintegrasikan
1.
Melakukan perhitungan bilangan bulat dalam pemecahan masalah sampai 600
1-4 Melakukan pengurangan 3 angka dengan 3 angka 2 kali meminjam
Teliti
Tekun
1.5 mengalikan bilangan sampai 9 dengan hasil 90
Rasa ingin tahu
Kerja keras
1.6 Menyelesaikan masalah perhitungan sampai 200
Pantang menyerah

Indikator :
1.      Mengurangkan  dua bilangan tiga angka dengan dua kali teknik meminjam.
2.      Melakukan perkalian sebagai penjumlahan berulang.
3.      Menjelaskan sifat pertukaran pada perkalian.
4.      Mengerjakan perkalian dengan bilanagan nol dan mengenal sifatnya.
5.      Menggunakan Tabel Perkalian sampai  dengan 90.
6.      Menyelesaikan soal Cerita.






1.    Mengurangkan dua bilangan tiga  angka dengan dua kali teknik meminjam
Contoh :
325 – 249 = 76

325                      Satuan    :  5  -  9   =   6 pinjam 1 puluhan
249  –                  Puluhan  :  2 -   1  (dipinjam ) – 4 = 7
  76                                       pinjam 1 ratusan
                           Ratusan  :  3 – 1 ( dipinjam) -2     = 0
                           Hasil      :  76

600 – 324 = 27
600                      Satuan      :  0 – 4  =  6  pinjam 1 puluhan
324-                     Puluhan    :  0 -  1 ( dipinjam ) – 2  = 7
276                                           pinjam 1 ratusan
                            Ratusan     :  6-1 (dipinjam ) – 3 = 2
                            Hasil          : 276

  Soal I
    Kerjakanlah !
1.    532  - 254 =                532                     416                   600
                                  254 -                  138 -                  268
2.    416 – 138 =


3.    600 – 268 =                 594                     380
                                   375  -                  294  -

4.    594 – 375 =

5.    380 – 294 =
      Soal II
Kerjakanlah !
1.    518 -375 =                        518                   385                 472
                                         375 -                297-                285-
2.    385 – 297 =

3.    472 – 285 =                      362                     543
                                        285-                    376 -
4.    362 – 275 =

5.    543 – 376 =
      Soal III.
Kerjakanlah !
a.     374 – 287 =
b.     451 – 277 =
c.      362 – 289 =
d.     600 – 378 =
e.      574 – 396 =
f.       568 -  299 =
g.     423  - 265 =
h.     345  - 276 =
i.       426  - 378 =
j.       532 -  498 =
Soal IV.    
 Kerjakanlah !
a.     433 - 496 =
b.     323 – 278 =
c.      542 – 497 =
d.     560 – 482 =
e.      472 – 379 =
f.       353 – 289 =
g.     465 – 398 =
h.     434 -  387 =
i.       541  - 397 =
j.       432 – 377 =

2.    Perkalian ( Hasil sampai dengan 90 )
2.1   Perkalian sebagai Penjumlahan Berulang
Contoh :  3 x 6 = 6 + 6 + 6
                         = 18

Soal I.
Selesaikanlah seperti contoh diatas !
a.     1 x 4 =
b.     2 x 2 =
c.      3 x 5 =
d.     5 x 6 =
e.      6 x 3 =
f.       6 x 4 =
g.     5 x 2 =
h.     4 x 3 =
i.       7 x 4 =
j.       8 x 5 =


Soal II.
Selesaikanlah seperti contoh diatas !
a.     8 x 6 =
b.     4 x 4 =
c.      6 x 7 =
d.     7 x 2 =
e.      7 x 6 =
f.       6 x 6 =
g.     4 x 2 =
h.     3 x 8 =
i.       2 x 9 =
j.       4 x 9 =

2.2            Sifat Pertukaran pada Perkalian

Contoh:  6 x 7 = 42
               7 x  6 = 42
               Jadi 6 x 7 = 7 x 6 = 42

Soal III.
Selesaikanlah….!
a.     4 x 5 = …. x …. =
b.     7 x 3 = …. x …. =
c.      4 x 2  = …..x …. =
d.     7 x 5 = ….. x …. =
e.      4 x 6 = ….. x …. =
f.       6 x 8 = 8 x 6 =
g.     5 x 7 = 7 x 5 =
h.     6 x 3 = 3 x 6 =
i.       4 x 5 = 5 x 4 =
j.       7 x 4 = 4 x 7 =


2.3            Sifat perkalian dengan Bilangan 1
Contoh : 1 x 5 = 5
                5 x 1 = 1 x 1 x 1 x 1 x1
                         = 5
Jadi, 1 x 5 = 5 x 1 = 5
Setiap bilangan jika dikalikan dengan 1 hasilnya tetap

Soal IV.
Congaklah bergantian dengan temanmu !
a.     3 x 1 = …
b.     2 x 1 = …
c.      9 x 1 = …
d.     6 x 1 = …
e.      7 x 1 = …
f.       1  x   1 =
g.     5  x   1 =
h.     10 x  1 =
i.       4  x  1 =
j.       8  x   1=

2.4            Mengalikan dengan Bilanagan Nol dan Mengenal sifatnya
Contoh :  7 x 0  = 0 + 0 + 0
                          = 0
                4 x 3  =  4 + 4 + 4  =  12
                              1 x 8 = 8
                              0 x 4 = 0
Tampak bahwa 0 x 4 = 0, dan 4 x 0 =0
Perkalian dengan bilangan nol, hasilnya nol

Soal V.
Congaklah begantian dengan temanmu !
a.     0 x 0 =…
b.     0 x 9 =…
c.      0 x 2 =…
d.     0 x 5 = …
e.      0 x 4 = …
f.       0 x 6   = …
g.     0 x 10 = …
h.     0 x 3   = …
i.       0 x 8   = …
j.       0 x 9   = ....

Soal VI.
Kerjakanlah!
a.     1 x 0 =
b.     2 x 0 =
c.      3 x 0 =
d.     4 x 0 =
e.      5 x 0 =
f.       6 x 0 =
g.     7 x 0 =
h.     8 x 0 =
i.       9 x 0 =
j.       10 x 0 =

2.5            Menggunakan  Tabel Perkalian sampai  dengan 90
Perhatikanlah tabel perkalian berikut ini , kemudian teruskan mengisinya.
x
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
1
2


5

7

9

2

4

8

12

16

20
3
3

9

15

21

27

4

8


20

28



5


15


30

40


6

12

24


42

54

7
7

21


42



70
8

16


40


64


9
9

27


54

72

90

2.6            Menyelesaikan soal Cerita

Contoh :
Di toko ada 17 karung tepung di gudang  ada 49 karung tepung lagi, berapa tepung seluruhnya?
Jawab  1  7                 Jadi jumlah tepung seluruhnya = 66
            4  9 +
            6  6

Soal VII.
Kerjakanlah !
1.     Bapak Buyung mempunyai bebek sebanyak 89 ekor. Bapak Suli juga mempunyai 78 ekor bebek. Berapa ekor jumlah bebek mereka berdua ?
2.     Di SLB wacana Asih ada 25 buah kursi yang terdapat diluar kelas. Habib mengeluarkan 38 buah kursi lagi. Berapa banyak kursi diluar kelas.
3.     Pohon rambutan etek Nurma sedang berbuah. Buah rambutannya 75 karung. Rambutan dikebun mak Sani juga berbuah banyaknya 98 karung.  Mereka sepakat rambutannya mau dijual ke pasar Berapa karung rambutan yang akan dijual?
4.     Sekolah membeli 49 kodi buku tulis. Besoknya  dibeli  149 kodi lagi. Berapa kodi buku tulis yang tersedia di sekolah itu?
5.     Ibu membuat kue kembang goyang sebanyak 150 buah, kakak membeli lagi 50 butir. Berapa banyak kue kembang goyang yamg tersedia untuk lebaran?
6.     Manik – manik Fani 125 butir, dibelikan lagi oleh mama sebanyak 36 butir lagi.  Berapa banyak manik - manik Fani?
7.     Dikolam ada 83 ekor Nila . Bapak memasukan 120 ekor ikan lagi, berapak banyak ikan di dalam kolam sekarang?
8.     Di dalam lemari ada 78 helai kain batik. Ibu memasukan kain batik yang sudah dilipat kedalam lemari itu sebanyak 120 berapa banyak kain batik didalam lemari sekarang?
9.     Indra memelihara 60 ekor ayam . dibelikan lagi oleh ayah 98 ekor lagi berapa ekor ayam Indra sekarang?
10.                       Bebek Habib bertelur 128 ekor lalu besoknya bertelur lagi 38 ekor. Berapa bebek Habib yang bertelur?

Contoh”
Sebuah diturunkan truk membawa 143 buah kelapa. Disuatu tempat 79 buah. Berapa kelapa yang tinggal diatas truk?
Jawab:
145 – 79 = 66 jadi kelapa yang tinggal sebanyak 66 buah

Soal VIII
1.     Penonton sepak bola disuatu stadion sebanyak 187 orang ditengah pertandingan pulang 68 orang, berapa orang penonton yang tinggal?
2.     Di gedung bioskop sudah diatur 148 kursi. Karena rusak dikeluarkan 69 kursi. Berapa kursi yang tinggal?
3.     Gideon memelihara 187 ekor kambing kemudian dijual bapak 79 ekor untuk membeli sepeda dan keperluan lain. Berapa ekor kambing Gideon yang tinggal?
4.     Fani mempunyai pita rambut yang banyaknya 87 buah. Kemudian  Fani memberikan 58 pita rambutnya  pada Forensia. Berapa pita Fani yang tinggal.
5.     Hafis mempunyai tusuk sate  sebanyak 124 buah. Kepada Edo diberikan sebanyak 87 buah berapa  tusuk sate Edo tinggal?
6.     Ibu kantin menjual nasi goring 142 piring. Jam istirahat dibeli oleh siswa 139 piring. Berapa piring sisanya?
7.     Rian mempunyai 198 ekor sapi . Hari raya kurban dijual bapak sebanyak 73 ekor. Berapa ekor sapi Rian  yang tinggal?
8.     Pabrik kain membuat kain katun 197 bal. Diantarkan ketoko sebanyak 87 bal, berapa bal kain yang tinggal di pabrik.
9.     Pabrik tahu memproduksi  tahu tiap hari sebanyak 187 truk. Suatu hari toko tempat menjual tutup, tahu yang dipasarkan hanya 123 truk . berapa truk tahu yang tidak terjualkan?
10.                        Pak tukang membeli semen 109 sak. Di jalan semen kena hujan        ebanyak 57  sak. Berapa sak  semen yang tidak kena hujan.



Contoh :
Indra mempunyai 38 ekor burung. Kemudian dijual 18 ekor. Satu bulan kemudian burungnya menetas lagi 59 ekor berapa banyak burung Indra sekarang?
Jawab  (38 – 18 ) + 59 =
              20  + 59 =  79


Soal IX
1.     Dikolam Habib ada 98 ikan. Mama memasukan  lagi 89 ikan ke kolam, datang papa diambilnya 67 ekor ikan tersebut. Berapa ikan di kolam Habib sekarang ?
2.     Dikaleng Rian tersimpan 137 permen. Ibu Ani memasukan lagi 60 permen lalu adik meminta 87 permen. Berapa jumlah permen dikaleng Rian?
3.     Digedung sekolah Fani sudah tersedia 93 buah kursi. Karena rusak dikeluarkan sebanyak 36 buah. Dimasukan lagi yang baru sebanyak 38 buah. Berapa jumlah kursi di sekolah Fani.
4.     Dilapangan kantor lurah sudah ada 174 orang penonton. Karena cuaca mendung pulang 67 penonton. Namun datang lagi 49 penonton, berapa banyak penonton dila[angan sekarang?
5.     Diperpustakaan sekolah ada 149 buku cerita dipinjam siswa 87
Buah. Hari ini ibu Nora membeli lagi 98 buku cerita. Ada berapa buku diperpustakaan sekarang?
6.     Digudang sudah tersimpan 93 buah bola.  Disimpan lagi oleh guru olah raga 94 bola, dipakai anak SMP 63 bola, berapa bola yang tinggal di gudang?
7.     Sebuah toko membeli 59 buah pensil setelah beberapa hari pensil terjual 36 buah kemudian toko membeli lagi 120 pensil. Berapa banyak pensil di toko sekarang?
8.     Seorang pengusaha pembibitan mangga membeli 49 bibit mangga Golek dan 76 bibit mangga Mana mana lagi. Dalam 3 minggu jumlah bibit mangga tersebut telah terjual 57 batang berapa sisanya?
9.  Dalam suatu lomba balap sepeda diikuti 67 peserta putra dan 97 peserta putri, dari semua peserta 37 peserta tidak sampai ke garis finis. Berapa banyak peserta yang sampai kegaris finis?
10.Edo pergi ke Pantai, dipantai Edo mencari kerang banyak kerang yang terkumpul 176 buah. Gideon mencampurkan kerang yang dicarinya sebanyak 87 buah. Sampai di padang kerang diberikan pada Fani sebanyak 86 buah berapa jumlah kerang yang tinggal?
11.Ayam ayah 48 ekor, ayam Habib 63 ekor ditempatkan dalam satu kandang. Ibu mau arisan dipotongnya ayam tersebut sebanyak 35 ekor. Berapa ayam yang ada di dalam kandang/
12.Ibu membeli telur 24 buah, kakak membeli 137 butir telur, ternyata telur itu busuk 10 buah. Berapa telur yang bagus tinggal?
13.Penumpang bus Transpor membawa penumpang 79 orang di Indarung naik 15 orang lagi. Sampai di Solok penumpangnya turun 58 orang berapa penumpang yang ada di atas bus?
14. Tukang kayu menjual 94 ikat kayu bakar, besoknya tukang kayu mencari 65 ikat kayu bakar lagi. Kayu itu dijual sebanyak 50 ikat. Berapa kayu yang belum dijual.
15.Bapak membeli 300 buah bata , Abang juga telah memesan sebanyak 250 buah tapi baru diantar kerumah sebanyak 150 buah berapa banyak bata yang ada di rumah?

TEMA 3
BUDI PEKERTI

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Karakter Yang diintegrasikan
1.
Menggunakan pengukuran panjang dan berat  dalam pemecahan masalah
2.1 Menunjukan hubungan
      m dan cm
Teliti
Tekun
2.2 Melakukan pengukuran
      Berat dengan satuan kg
Rasa ingin tahu
Kerja keras
2.3 Melakukan pengukuran
       Volume dengan satuan
       Ukur tidak baku
Pantang menyerah

Indikator
1.     Menentukan Hubungan m dan cm
2.      Melakukan pengukuran  berat
3.      Melakukan pengukuran volume dengan satuan ukur tidak baku









GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Menggunakan pengukuran panjang dan berat dalam pemecahan masalah

1.     Menentukan Hubungan m dan cm
Beberapa satuan ukuran panjang diantaranya adalah meter dan senti meter. Ingatlah hubungan antara satuan panjang berikut ini:
1 meter = 100 senti meter disingkat
1 m      =  100 cm

Contoh
3 m = …… cm
Jawab
1 m = 100 cm
3 m = 3 x 100 cm = 300 cm
Jadi 3 meter = 300 cm

Soal I.
a.     2 m = …..cm
b.     5 m = …. cm
c.      7 m = …. cm
d.     6 m = …. cm
e.      3 m = …. cm
f.       9 m  = ….. cm
g.     10m = ….. cm
h.     1  m = ….. cm
i.       4  m =  ….. cm
j.       8  m =  ….. cm

2.     Melakukan Pengukuran Berat Kilo, Ons.
Pelajarilah hubungan antar satuan berat berikut ini !

1 Kilo = 10 ons disingkat  1 kg = 10 ons

Contoh :
5 kg  = …….ons
       Jawab :
                       5 kg  =  5 x 100 ons = 500 ons
        Jadi         5 kg  =  500 ons

Soal II.
a.     4   kg = …..ons
b.      7   kg = …..ons
c.      10 kg = …. Ons
d.     6   kg = …. ons
e.      9   kg = …. ons
f.       1 kg = …..ons
g.     2 kg =  ….ons
h.     5 kg = ….. ons
i.       3 kg = ….. ons
j.       8 kg = ….. ons

3.     Memantapkan  pengetahuan isi dalam kehidupan sehari-hari dalam satuan ukuran tidak baku
Soal III.
1.     Ibu Ani membeli sepuluh botol minyak goreng dipasar Besoknya ibu Ani membeli lagi 7 botol berapa botol minyak yang tersedia.
2.     Bak mandi isinya 150 gayung, Dipakai Edo setengah bak untuk mandi, berapa gayung air yang tinggal?
3.     Bapak menimba air 10 ember dipakai Roni 3 ember untuk mencuci motor berapa ember air yang ditimba bapak tinggal?
4.     Deon membeli 3 jerigen minyak goreng, mama juga membeli 6 jerigen berapa jerigen minyak yang tersedia?
5. Indra mempunyai air teh19 gelas. Wulan membuat lagi 30 gelas air teh. Berapa gelas air teh  yang tersedia?
6.     Fani memindahkan air dari ember besar ke ember kecil. 1 ember besar isinya 7 ember kecil, berapa ember kecil air yang tersedia apabila dipindahkan dari 3 ember besar?
7.     Habib mau membuat es batu. 1 ember akan mendapatkan es batu sebanyak 7 buah. Berapa buah es batu bisa dibuat Habib apabila air yang tersedia 9 ember?
8.     Rian membuat cendol 29 bungkus ibu membeli lagi 58 bungkus cendol  untuk tamu. Berapa bungkus cendol yang sudah tersedia?
9.     Bapak mempunyai 17 botol oli, kakak memakai oli itu 5 botol berapa botol oli bapak yang tinggal?
10.   Farfum mama ada 49 botol, farfum kakak ada 17 botol berapa   
 banyak farfum mereka bardua?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar