Senin, 20 April 2015

Dra. Lifya Guru Anak Pendidikan Khusus Mendapat Penghargaan Umrah Tahun 2014





            Salah satu kegiatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2014 adalah pemberian penghargaan bagi Pendidik  Tenaga Kependidikan ( PTK) berprestasi yang berhasil meraih prestasi tingkat Nasional . Bentuk penghargaan yang diberikan dalam bentuk pemberian paket Umrah.  Pemberian penghargaan untuk tahun anggaran 2014 adalah kepada  Dra Lifya yang telah berhasil  meraih juara II guru berprestasi tingkat SLB  tahun 2013 di Jakarta.  Lifya sudah mengabdikan dirinya sebagai guru Anak Pendidikan Khusus sejak tahun 1994. Lifya termotifasi untuk berkompetisi sehingga mencapai prestasi tingkat Nasional.  .
Untuk sampai ketingkat Nasional seperti biasa terlebih dahulu  Lifya mengikuti seleksi yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Padang. Ada lima tahap yang harus dilalui  saat seleksi tersebut setelah berhasil melalui seleksi di tingkat kota Padang. Seleksi dilanjutkan ke tingkat Provinsi Sumatera Barat . Berbeda dengan seleksi yang di lakukan di tingkat Kota Padang seleksi ditingkat provinsi dilakukan dalam  jangka waktu yang lebih pendek .Pelaksanaan seleksi untuk guru yang mengajar di SLB  dilaksanakan  di  Hotel Hayam Wuruk  Padang. Semua peserta mengikuti seleksi  secara maraton. Lifya berhasil melalui seleksi tingkat Provinsi  dan mendapat peringkat I. Semua peserta dari semua jenjang yang berhasil mendapat peringkat I di beri pembekalan   untuk  melanjutkan seleksi ketingkat Nasional.
            Pembekalan dibuka oleh  Bapak  Drs. Syamsulrizal . MM. Selaku kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat.  Ada hal yang membuat Lifya terkesima saat itu yaitu sebuah  reward “bagi yang mendapat juara ditingkat Nasional akan di beri  penghargaan  untuk melaksanakan umrah ketanah suci”    Hal itu disimpan di dalam hati Lifya  dalam bentuk  sebuah pengharapan.
Ternyata reward itu benar –benar terealisasi . Lifya sebelumnya tidak percaya  mendapat penghargaan yang  sangat diimpikannya itu. Karena untuk sampai ke Jakarta saja rasanya sudah bersyukur sekali,  tidak mudah  menghadapi peserta dari provinsi  lain yang juga siap untuk berkompetisi .  Alhamdulillah  semua dapat dilalui dengan baik oleh Lifya  dan berhasil meraih  juara II. Sehubungan dengan rangkaian kegiatan itu Lifya  mendapat penghargaan untuk melaksanakan umrah ke tanah suci.  Umrah ke tanah Suci merupakan penghargaan  pertama yang diberikan kepada Guru  Anak Berkebutuhan Khusus yang menang di tingkat Nasional  dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi  Sumatera Barat. Mengingat  tahun anggaran kegiatan pemberian penghargaan ini tahun 2014 maka Lifya  didaftarkan sebagai peserta untuk mengikuti umrah  pada tanggal 8 Desember 2014.
Sebelum  mendapat penghargaan umrah ini Lifya juga mendapat penghargaan pergi ke Jepang dari  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penghargaan ini di berikan dalam rangka peningkatan mutu Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK) di semua jenjang. Salah satu kegiatan dari program pemberian penghargaan kepada PTK berprestasi/berdedikasi adalah menyelenggarakan pertukaran di Jepang yang telah dilaksanakan  pada tanggal 18 s.d 26 September 2014. Tujuan kegiatan dimaksud menitik beratkan pada menggali pengalaman terbaik mengenai Penilaian Kinerja Guru serta Program Induksi bagi Guru Pemula. Di samping itu,kegiatan itu  juga bertujuan untuk menggali pengalaman terbaik dalam menangani Guru dan pembelajaran siswa,
Penghargaan lain yang diterima dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat adalah Melaksanakan Study Komperatif ke Banten. Dalam rangka pengembangan UKS sebagai salah satu upaya yang bisa dilakukan  dengan cara studi komparatif, untuk  melihat sistem UKS di sekolah  yang pernah meraih juara TK Nasional  sehingga dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan dari masing-masing sistem yang pernah dilakukan oleh  sekolah di Banten . Untuk dapat menjadi pertimbangan dalam perbaikan system UKS yang ada di Sumatera Barat.  Kegiatan Study Komparatif ini berlangsung pada tanggal 4 Desember s.d. 8 Desember 2013 di Atria Hotel And Conference Jalan Boulepard Gading Serpong .Paramount Serpong- Tangerang .
            Tak lepas dari rasa syukur yang tak terhingga Lifya mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dengan  keberhasilan ini.  “Ini adalah kemenangan kita bersama demi Sumatera Barat tercinta “ .
            Semoga dengan pemberian penghargaan ini akan lebih memacu semangat  tenaga PTK yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Berkiprah  dengan karya untuk mengharumkan nama Sumatera Barat yang tercinta.

Tentang Lifya
 Lahir di Kota Padang Sumbar tanggal 4 April 1966.  Pegiat Forum Aktif Menulis Indonesia (FAM ) yang mengantongi Nomor IDFAM 29800. Juga anggota.Himpunan Penulis Sastra Indonesia (HIPSI) dengan no ID0097/HIPSI/2014. Lifya banyak menulis opini tentang aktifitas anak berkebutuhan khusus (ABK), Sering mengadakan penelitian tentang ABK. Menulis buku Indie secara kontributor dan tunggal Ber-ISBN  diantaranya:
1.      Langkah Guru Anak Tunagrahita Sampai ke Istana Merdeka
2.      Anak Kos Vs Tanggal Tua
3.      Dongeng Sebelum Tidur
4.      Cinta Diujung Pena
5.      Mimpi Yang sempurna
6.      Empati Demi Surgawi
7.      Aku dan Buku
8.      Kasih Mu Sepanjang Masa
9.      Hidup Terampil di SLB
10.  Walau Aku Berbeda
11.  Orang Ketiga
Prestasi yang sudah diraihnya adalah: Juara I Champion Teachers Competition 2015, Juara II Vidio Dokumenter Bagi Anak Disabilitas 2014, Juara II Membuat Alat Peraga 2014, Juara II Guru Berprestasi (Gupres) TK Nasional 2013, Juara I Gupres TK Provinsi 2013, Juara  I Gupres TK Kota 2013, Juara II Gupres TK Kota 2012, Juara III Gupres TK Kota  2011, Juara II Olah Raga Dan Seni Guru PLB  2010, Juara III Gupres TK Kota 2010
            Menurutnya kadang perjuanganlah yang kita perlukan dalam hidup. Jika Tuhan membiarkan kita hidup tanpa hambatan itu akan melumpuhkan kita. Kita menjadi tidak sekuat semestinya kita mampu. Kita mungkin tidak pernah terbang membawa nama kita membawa nama daerah kita..
Lifya bisa dikontak di E-mail dan  Facebook : dralifya@ymail.com Website : lifyasofyan.blogspot.com. Alamat Jl. Koto Panjang No 21 RT 02 RW 08 Pauh Padang Sumatera Barat, (Depan Sanggar Randai Palito Nyalo Kampus UNAND).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar