Rabu, 18 November 2020

PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL TUNAGRAHITA KELAS II


Nama sekolah

:

 SLB Negeri 1 Padang

Mata Pelajaran

:

Pengembangan Diri

Jenis Kekhususan

:

Tunagrahita

Alokasi Waktu

:

4JP

Materi

:

Makan dan minum

 

1.Tujuan Pembelajaran

Melalui Vidio Animasi,tanyajawab,penugasan dan praktek siswa mampu makan  dan minum dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang benar

2.  Langkah Kegitan

1) Mengirimkan video animasi melalui whatsapp orang tua

2) Meminta orang tua mempelihatkan video pembelajaran yang dikirimkan

3)  Meminta orang tua mengarahkan siswa untyuk mengenal peralatan makan

4) Siswa menyebutkan nama alat untuk makan

5) Siswa menyebutkan nama alat untuk minum

6) Siswa menunjukan alat makan dan minum

7) Meminta orang tua mendokumentasikan  siswa mengambil piring dan gelas

8) Siswa menggunakan alat makan dan minum saat makan

9) Meminta orang tua mengirimkan kembali dokumentasi kepada guru

3.Refleksi dan konfirmasi

Refleksi pencapaian siswa /formatif asesmen,dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

4.Penilaian

1) Menunjukan alat makan dan minum

2)Menyebutkan nama alat untuk makan

3) Menyebutkan nama alat untuk minum

4) Mengambil gelas dan piring dari lemari

5) Mengunakan peralatan makan dan minum saat makan.

Padang,          Juli 2020

Mengetahui, Guru  Kelas

Kepala Sekolah

                                                      

Mul Mulyadi .S.Pd Dra. Lifya

NIP.197610172000121001  NIP.196604041994122002

 

 

 

 

Lampiran PPI Kelas II C  SDLB

 

Pertemuan

Kegiatan Pembelajaran

Asesemen

Minggu Pertama

1)Menyebutkan alat makan dan minum

2)Menggunakan alat makan dan minum

 

1) Memperhatikan video animasi

2) Menyebutkan nama alat untuk makan  yang diperlihatkan

3) Menyebutkan nama alat untuk  minum yang diperlihatkan

4) Menunjukan piring

5) Menunjukan gelas

6) Menggunakan piring dan gelas

1. Menyebutkan alat makan dan minum

2. Menggunakan alat makan dan minum

3. Makan  menggunakan tangan

4. Makan menggunakan alat (sendok, dan garpu)

 

5. Makan makanan berkuah

6. Makan makanan kemasan

7. Minum menggunakan gelas atau cangkir

8. Minum menggunakan sedotan

9. Minum minuman dalam kemasan

10. Melakukan tatacara makan dan minum dengan sopan

 


LAMPIRAN PPI KELAS II SDLB TUNAGRAHITA

 

Skenario Pembelajaran,Pertemuan 1

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan awal

Kegiatan di awali dengan menyampaikan tujuan pembelajaran

 Kegiatan Inti

1.Melihat peralatan makan dan minum yang ada  disekeliling  

2.Memperhatikan alat makan dan minum

3.Menunjukan peralatan makan dan minum

4.Menggunakan peralatan makan dan minum

Refleksi dan komfirmasi :

Formatif Asesmen :1. Apakah seluruh siswa /sebagian besar/sebagian kecil sudah mampu makan  dan minum dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang benar

2.Menggunakan alat makan dan minum

Rencana Tindak Lanjut:

Memberikan perbaikan dan pengayaan

Membuat vidio animasi  pembelajaran/atau materi bermain peran tentang makan dan minum

Menggali perasaan siswa untuk self refleksen :

Seberapa paham mereka tentang materi dengan metode yang di gunakan.

 

 

 

Asesmen

Menyebutkan alat makan dan minum

Menggunakan alat makan dan minum

Makan  menggunakan tangan

Makan menggunakan alat (sendok, dan garpu)

Makan makanan berkuah

Makan makanan kemasan

Minum menggunakan gelas atau cangkir

 minum menggunakan sedotan

 Minum minuman dalam kemasan

Melakukan tatacara makan dan minum dengan sopan

 

Rubrik

Kegiatan PBM  tentang menunjukan  alat makan dan minum ketahui dari video saat siswa diminta oleh orang tuanya mengambil piring dan gelas di lemari.

Menggunakan alat makan dan minum

Makan  menggunakan  alat diketahui berhasil tidaknya dari video yang dikirimkan oleh siswa.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar