Rabu, 04 Februari 2015

Sambalado Tanak




          Tidak hanya randang yang sering dibawa oleh orang Minang pergi merantau sambalado tanak juga sering menjadi bekal orang Minang untuk pergi jauh . Ketanah suci misalnya banyak yang membawa sambalado tanak ini. Selain tahan sambalado tanak oke dimakan kapan saja dan penulis pernah memakannya bersama roti ditanah suci burger sambalado tanak he he. Nah bagi yang suka berpergian ini resepnya.
            Bahan : Ikan bada sejenis tri yang dikeringkan dengan matahari bukan melalui rebusan I Ons. Jengkol yang sudah direbus 20 buah, pete 5 papan. Telur puyuh rebus 20 butir, kelapa yang sedang besarnya diparut ambil santannya sekitar 5 gelas. Cabe halus 1 ons, kunyit halus 1 sendok teh, lengkuas 1 sendok makan, jahe satu sendok makan,  bawang putih 1 sendok makan, bawang merah 2 sendok makan, garam dan daun salam 3 lembar, daun kunyit 1 lembar, daun jeruk 5 lembar asam kandis 3 kelopak, sereh satu batang.
            Caranya santan dimasukan kewajan, masukan semua bumbu tunggu agak mengental sambil diaduk-aduk. Baru masukan jengkol, bada dan petenya .Boleh juga dimasukan terung tapi kalau untuk dikeringkan terungnya di keluarkan dulu. Kecilkan api aduk sampai berubah bentuk agak berminyak dan mengeluarkan aroma wangi. Hidang sudah siap untuk disantap. Untuk dibawa bepergian masak terus dengan api kecil sampai kering setelah dingin baru dimasukan kedalam plastik atau kaleng. Nah selamat bepergian. (Lifya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar