Sabtu, 06 Mei 2017

Endorse Cara Istimewa Menghadapi Siswa Istimewa



Endorse




Seorang guru menulis, tentu tidak asing bagi kita saat ini. Karena semestinyalah seorang guru itu menulis. Sekurang-kurangnya menuliskan jurnal atau rekam jejak ‘anecdotal record’ keunikan para siswanya.  Tapi seorang guru yang mendidik anak-anak yang terlahir istimewa dengan beragam jenis keistimewaannya, berusaha menulis, dan terus menulis, menguatkan dirinya sebagai pendidik, berbagi pengalamannya dalam sebuah novel edukasi, tentulah ia seorang guru yang luar biasa. Saya ingat, 15 tahun lalu saya pernah berjumpa Torey Hayden, seorang penulis, guru hebat, kelahiran Montana Amerika yang buku-bukunya sangat menyentuh tentang anak didiknya yang istimewa. Ia bercerita dengan lugas, cerdas, tuntas, manusiawi, sangat amat menyentuh tentang Autism, Tourette syndrome, Sexual abuse, Fetal Alcohol Syndrome, dan Elective mutism/Selective mutism. Artinya pengetahuannya sebagai penulis dan guru amat luas karena dituntut tugas sebagai fasilitator edukasi anak-anak istimewa. Berbagai ilmu kedokteran ia kunyah lumat bercampur dalam tulisannya, menjadi penguat yang mencerdaskan pembacanya.
 Beruntunglah, saya juga memiliki adik bernama Lifya, yang berprofesi sebagai guru untuk anak-anak istimewa, juga memiliki kesukaan pada dunia literasi. Selalu berlatih menguatkan literasi dasar semenjak kecil, dan di saat memasuki dunia luar biasa ini, kepekaannya sebagai pembaca dan pemelajar telah menguatkan hobinya sebagai penulis.
Buku ‘Cara Istimewa Menghadapi Anak Istimewa’ yang ada dihadapan Anda ini, merupakan bagian istimewa seorang guru menyampaikan pengalaman istimewanya memberikan pendampingan edukasi orthopedagogi yang unik. Tentunya ini bagian dari eskalasi berpikir hati nurani yang memberi ruang ‘mereka yang istimewa itu hadir di antara kita’ di dunia ini untuk mencerdaskan kita semua.
Selamat untuk adindaku yang istimewa dengan memilih bidang pengabdian istimewa yang menjadi kendaraan mengabdikan diri untuk dunia Pendidikan Khusus dan Pelayanan Khusus yang istimewa. Semoga buku ini mampu menguatkan nurani para pendidik saling bersinergi.
Salam Literasi
Dewi Utama Faizah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar